12 August 2016

by Glenn Kaonang

Nikmati Fitur Instagram Stories di Web dengan Bantuan Extension Ini

Extension malah menyimpan fitur untuk mengunduh foto dan video yang dikemas menjadi Story oleh sebuah akun

Minggu lalu, Instagram secara resmi memperkenalkan fitur bernama Stories. Dalam kurun waktu sebentar saja, fitur ini menjadi sangat populer di kalangan pengguna. Sayangnya, hingga kini fitur Stories hanya bisa dinikmati di aplikasi mobile Instagram saja, dan sepertinya Instagram belum punya rencana untuk menghadirkannya ke versi web.

Tapi tunggu dulu, jika Anda menggunakan browser Chrome, hal yang sebelumnya terdengar mustahil pun bisa terwujudkan berkat sebuah extension. Yup, tebakan Anda benar, sekarang ada extension Chrome untuk melihat Instagram Stories dalam versi web.

Extension bernama Chrome IG Story ini sangat mudah untuk digunakan. Cukup installextension-nya, lalu buka instagram.com dan Anda akan menjumpai deretan icon di paling atas yang bisa diklik untuk melihat kontennya, persis seperti di Android maupun iOS.

Anda bisa menekan tombol panah untuk menavigasikan Story, tapi Anda tidak bisa berpindah dari Story milik satu akun ke yang lain seperti di aplikasi mobile. Di sini Anda harus lebih dulu kembali ke halaman utama dan mengklik icon yang lain.

Terlepas dari itu, masih ada fitur lain yang ditawarkan Chrome IG Story, yaitu kemampuan untuk mengunduh semua foto dan video yang diunggah menjadi Stories. Cukup klik kanan sebuah icon, lalu klik "Download Story", maka foto dan video dari akun tersebut akan dikemas dalam format ZIP dan langsung diunduh.

Memang ini bisa dikatakan sebagai sebuah pelanggaran privasi. Namun di sisi lain juga bisa menjadi himbauan agar pengguna tidak asal mengunggah yang tidak-tidak hanya karena Instagram bakal menghapusnya dalam 24 jam ke depan.

Buat yang tertarik, Chrome IG Story saat ini sudah bisa diunduh dari Chrome Web Store secara cuma-cuma.

Sumber: Digital Trends.