Dark
Light

New Search dan Beberapa Fitur baru di YouTube

2 mins read
February 1, 2010

youtubeYouTube merubah tampilan situs mereka, setidaknya ada beberapa perubahan seperti cara dan tampilan search yang baru, hilangnya elemen bintang, sugesstion search di query serta pengaturan resolusi.

Sebelum ini YouTube meluncurkan fitur berbayar mereka yang bekerjasama dengan Sundance Film Festival, lalu HTML 5 support dan YouTube Music Discovery Project, tanggal 21 Januari kemarin mereka meluncurkan tampilan baru lagi. Versi ini masih tahap opt-in, saya mencoba membuka situs YouTube secara normal, tampilan ini belum tersedia tapi jika anda mencoba mencari video dengan kata kunci tertentu, dan meng-klik-nya maka tampilan baru ini akan muncul.

Jadi, apa sebenarnya yang baru dari YouTube ini, kalau anda mencobanya, mungkin anda akan teringat YouTube versi feather yang menghilangkan beberapa elemen utuk mendapatkan tampilan yang lebih bersih, sederhana, dan cocok ketika jaringan internet sedang tidak bagus. Berikut beberapa hal baru yang dari YouTube.

Fokus para menonton
Tampilan YouTube yang baru berfokus pada kenyamanan anda dalam menikmati video, pertama anda tidak akan melihat logo bintang, atau sistem rating dengan bintang, YouTube menggantinya dengan sistem mirip StumbleUpon, tapi di YouTube, yang satu logo hati untuk menyatakan like dan logo jempol mengarah kebawah untuk menyatakan yang sebaliknya.

Resolusi dan logo yang berubah
Lalu jika anda melihat kotak dimana video diputar, dibagian bawahnya, ada tambahan tab baru yang berfungsi untuk mengatur resolusi, ketika anda meng-drag mouse anda ke tab yang berisi angka, contohnya 360p, maka akan ditampilkan resolusi tambahan yang akan menambah pilihan user untuk menentukan resolusi gambar seperti apa yang ingin dipilih. Selain itu logo pun berubah, jika biasanya ada kalimat broadcast yourself di bagian bawah logo YouTube, di tampilan baru ini, anda hanya akan mendapatkan logo YouTube saja, tanpa jargon apapun.

youtube

Fungsi search
Perubahan lain, yang bagi saya sangat bagus dan memang saya tunggu adalah fungsi search. Versi baru YouTube ini memungkinkan anda untuk  tetap menonton video yang sedang anda tonton sambil men-search konten video lain. Misalkan anda sedang menonton trailer film Sherlock Holmes, lalu anda ingin melakukan pencarian video klip band The Temper Trap, maka ketika anda mengklik tab search, hasil pencarian akan muncul di bagian kanan halaman YouTube anda, sedangkan video yang anda putar akan tetap rolling di bagian kiri, tapi dengan bentuk yang lebih kecil. Jika anda ingin kembali ke video yang sedang anda tonton maka klik teks back to video di bagian bawah video yang sedang anda tonton.

Fungsi search ini juga memberikan bantuan query mirip yang dilakukan Google search. Misalkan anda mengetikkan kata Sherlock Holmes , untuk mencari trailer filmnya, maka akan ditampilkan juga beberapa pilihan lain yang berhubungan dengan kata kunci Sherlock Holmes secara otomatis.

Terus terang saya terkesan dengan fungsi search yang baru ini, seperti yang pernah saya singgung di tulisan tentang YouTube terdahulu, setidaknya ada dua jenis pengguna YouTube, ada creator dan ada penonton, dan bagi penonton kenyamanan menonton video adalah yang utama, tapi YouTube bukan tv, yang membuat kita fokus pada hal menonton saja, YouTube adalah apikasi internet yang memugkikan anda menonton video sambil melakukan hal lain, seperti search konten, dan saya sendiri sangat tidak nyaman jika harus membuka tab baru untuk mencari konten lain dan harus meninggalkan video yang saya putar di tab lain. Fitur baru ini menjawab itu semua.

Kita tunggu saja, kapan versi ini akan roll out ke publik,  karena sebagai feature opt-in, fungsi ini memang belum menjadi fungsi default resmi, atau YouTube akan meluncurkannya secara diam-diam? Mari kita tunggu perkembangan selanjutnya, sambil menunggu bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru YouTube ini, share pengalaman anda pada kolom komentar.

Sumber : TechCrunch, ReadWriteWeb

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

5 Comments

  1. haduuuuh ada tugas youtube pake berubah…. bikin bingung gimana cara dwnld videonya?????????

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Berkunjung ke desaVIRTUAL

Next Story

Google Berhenti Support IE6

Latest from Blog

Don't Miss

Google pakai AI untuk hasilkan deskripsi YouTube Shorts

Google Pakai AI untuk Hasilkan Deskripsi YouTube Shorts Secara Otomatis

April lalu, Google melebur dua divisi artificial intelligence-nya, DeepMind dan
YouTube mulai cegah ad blocker

YouTube Mulai Cegah Penggunaan Ad Blocker di Platformnya

YouTube baru-baru ini diketahui sedang melakukan eksperimen terkait penggunaan ad