5 October 2022

by Galih

Netflix Kini Dirikan Studio Game Internalnya Sendiri

Studio game ini akan mengembangkan game

Rencana besar Netflix untuk memasuki industri video game kini memasuki babak baru. Karena kini Netflix baru saja mengumumkan bahwa mereka tengah mendirikan studio game internal mereka di Helsinki, Finalndia.

Studio game ini nanti akan dipimpin oleh Marko Lastikka yang merupakan co-founder dan General Manager studio pengembangan game dari Zynga Helsinki. Studio internal ini sendiri akan menjadi studio keempat yang dimiliki oleh Netflix.

Sebagai pimpinan studio, Marko memang memiliki pengalaman yang cukup mengesankan. Karena dirinya telah bekerja di Zynga sejak 2017 dan sebelumnya dirinya telah menjabat sebagai General Manager dan juga Executive Producer di Electronic Arts.

Sebelumnya, Netflix telah mengakuisisi 3 studio game mobile yaitu Next Games, Night School Studio dan Boss Fight Entertainment. Setiap studio game tersebut ditugaskan untuk mengembangkan game yang akan memenuhi berbagai macam selera gamer.

Image Credit: Netflix

Wakil Presiden Studio Game Netflix, Amir Rahimi menyebut bahwa pendirian studio game internal mereka sebagai langkah baru untuk membangun studio game berkelas dunia. Dengan misi untuk dapat membuat berbagai game orisinal yang menarik dan menyenangkan untuk dimainkan.

Amir juga menjelaskan bahwa Kota Helsinki dipilih sebagai lokasi studio game mereka karena Helsinki merupakan rumah dari banyak talenta terbaik dalam industri video game. Salah satunya adalah Next Games yang juga merupakan bagian dari divisi video game Netflix.

Di akhir pengumumannya, Amir juga menyebutkan bahwa mereka masih berada di tahap awal dengan banyak tugas yang harus dipenuhi untuk dapat memberikan pengalaman game terbaik di dalam Netflix. Dirinya juga berjanji akan segera memberikan update terkait proyek-proyek mereka di masa depan.

Image Credit: Netflix

Netflix memang telah meluncurkan fitur video game mereka secara resmi sejak November tahun lalu. Sama seperti film dan serialnya, Netflix juga berusaha untuk menghadirkan game-game original yang diadaptasi langsung dari judul-judul populer mereka.

Untuk meningkatkan minat para pelanggannya untuk bermain game, Netflix juga telah berkolaborasi dengan banyak developer game terkenal. Seperti Devolver Digital hingga Ubisoft yang ikut serta mengembangkan game-game baru untuk beberapa tahun ke depan.

Pendirian studio game baru ini tentu merupakan pembuktian keseriusan mereka dalam menggarap pasar video game. Dan meskipun Netflix masih belum mengumumkan apa proyek dari studio baru ini, namun semoga saja mereka bisa menghasilkan karya video game yang ikonik.