Esports Ecosystem

NAVI Kerja Sama Dengan Esports Charts, Bantu Analisis Data Penggemar

03 Apr 2020 | Akbar Priono
NAVI umumkan kerja sama dengan Esports Charts. Kerja sama ini akan membantu Natus Vincere untuk menganalisa data para penggemar untuk pengambilan keputusan.

Salah satu organisasi esports besar di dunia, Natus Vincere, mengumumkan kerja sama dengan perusahaan analitik data ternama untuk esports, yaitu Esports Charts. Kerja sama ini akan memberikan Natus Vincere analisis dan statistik dari roster, competitor, dan event milik NAVI.

Belakangan, data memang sedang menjadi salah satu komoditas penting di dalam ekosistem esports. Maka dari itu, kini banyak esports company yang bekerja sama dengan perusahaan penyedia data, untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dalam mengarungi bisnis di ekosistem esports.

Beberapa esportscompany sudah melakukan kerja sama serupa, seperti Twitch yang kerja sama dengan Comscore yang akan mengumpulkan data perbandingan durasi konten dan iklan di video Twitch. Atau selain itu ada juga ESL dan DreamHack yang kerja sama dengan Nielsen, untuk mendapatkan nilai valuasi sponsorship.

Mengutip dari Esports Insider, kerja sama NAVI dengan Esports Charts ini juga berarti akan memberikan tim asal Ukraina tersebut data statistik streaming yang up-to-date, preferensi penonton, dan dinamika data dari tayangan streaming para pemain tim tersebut.

Terkait kerja sama ini, Aleksey Kucherov (xaoc) COO Natus Vincere mengatakan. “Memahami penonton esports dan keinginan mereka adalah salah satu bagian kerja terpenting bagi kami. Esports Charts akan membantu kami berkembang ke arah tersebut. Kami berharap ini bisa menjadi kerja sama yang produktif, dan tentunya kami berharap kerja sama ini akan memberi benefit terhadap para penggemar dan sponsor kami.”

Xaoc, mantan CEO Hellraisers yang kini bergabung dengan tim Natus Vincere. Sumber: Hellraisers.gg
Xaoc, mantan CEO Hellraisers yang kini menjadi CEO Natus Vincere. Sumber: Hellraisers.pro

Lebih lanjut Artyom Odinstov, CEO Esports Charts juga memberikan komentarnya. “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Natus Vincere, tim dengan basis penggemar yang besar dan berdedikasi. Tim kami telah mengikuti fenomena popularitas tim ini selama beberapa tahun belakangan. Kami akan membantu NAVI untuk memahami siapa penonton mereka dan apa yang ingin mereka tonton. Kami juga akan memberikan pandangan yang kompleks terhadap esports events, untuk membantu organisasi ini mempertahankan posisinya sebagai tim papan atas.”

Ini bukan pertama kalinya Esports Charts bekerja sama dengan esportscompany. Esports Charts sebelumnya juga sempat bekerja sama dengan Team Liquid untuk dapatkan data tentang penonton, juga dengan StarLadder untuk memberikan laporan tren industri esports kepada esportsorganizer ternama asal Ukraina.

Kerja sama ini tentu akan menjadi sesuatu yang berdampak baik jika NAVI bisa menginterpretasi data yang mereka dapatkan. Dari sisi Esports Charts, kerja sama dengan organisasi esports papan atas seperit NAVI juga memberikan portfolio data yang baik bagi mereka, yang akan membuat data Esports Charts jadi semakin akurat.