Esports Ecosystem

NASCAR Luncurkan Liga Esports Balap Mobil, eNASCAR Heat Pro League

07 Dec 2018 | Ayyub Mustofa
16 tim NASCAR akan memilih 2 driver untuk mewakili tim masing-masing sepanjang tahun 2019

Organisasi balap mobil Amerika Serikat NASCAR baru saja mengumumkan peluncuran liga esports NASCAR pertama di dunia. Mengusung game NASCAR terbaru terbitan 704Games yang berjudul NASCAR Heat 3, liga esports ini dinamai eNASCAR Heat Pro League. Kompetisi dibuka untuk console PS4 serta Xbox One dan akan berlangsung pada awal tahun 2016 nanti.

Mirip seperti lige esports sepak bola ePremier League, dalam eNASCAR Heat Pro League para kontestan akan tampil mewakili tim-tim balap resmi NASCAR seperti Germain Racing, Hendrick Motorsports, dan lain-lain. Tentunya agar bisa direkrut sebagai wakil tim-tim tersebut perlu ada seleksi lebih dulu. Seleksi itu dimulai sejak bulan ini, dengan beberapa tahapan di dalamnya.

Setiap pemain PS4 atau Xbox One yang sudah membeli game NASCAR Heat 3 bisa mendaftarkan diri untuk kualifikasi di situs nascarheat.com. Terhitung mulai tanggal 6 Desember 2018, kontestan memiliki waktu 5 minggu untuk bermain sebanyak-banyaknya. Tim-tim NASCAR akan mencatat data-data pembalap selama 5 minggu tersebut, kemudian mencari para pembalap terbaik untuk direkrut.

eNASCAR Heat Pro League - Drivers
Tim-tim NASCAR akan mencatat data kontestan secara online | Sumber: NASCAR

Pencatatan data kualifikasi ditutup pada 15 Januari 2019, sementara penentuan driver akan dilakukan pada bulan Februari. Ada 16 tim yang berpartisipasi dalam liga esports ini, masing-masing dengan dua slot driver sebagai perwakilannya. Mereka akan bertanding dalam eNASCAR Heat Pro League Draft, yaitu musim kompetisi balap virtual yang terdiri dari 16 kali balapan.

Pembukaan eNASCAR Heat Pro League Draft dilaksanakan bersamaan dengan acara NASCAR All-Star Race Weekend di Charlotte Motor Speedway, Amerika Serikat. Balap eNASCAR perdana di live event tersebut juga ditayangkan secara global dengan format seperti tayangan balap NASCAR sungguhan. Kemudian liga ini akan terus berlanjut hingga pertengahan 2019, dan diakhiri dengan ajang pada NASCAR Playoffs 2019.

eNASCAR Heat Pro League
NASCAR mendapat investasi dari Motorsport Network untuk liga ini | Sumber: NASCAR

“Seluruh tim berpartisipasi dalam liga baru ini dengan sangat serius dan akan mencari kompetitor-kompetitor terbaik di seluruh negeri untuk mewakili tim masing-masing. Kami harap tingkat kompetisinya akan tinggi, dan kami menantang para driver esports baru ini untuk menjadi yang terbaik,” demikian kata Jonathan S. Marshall, Executive Director Race Team Alliance, dilansir dari Variety Gaming.

eNASCAR Heat Pro League memang merupakan hasil kerja sama antara tiga pihak, yaitu NASCAR, 704Games, dan organisasi Race Team Alliance. NASCAR juga didukung dengan investasi dari Motorsport Network untuk menyelenggarakan liga esports terbaru ini. Bisakah NASCAR membuat jejak yang bermakna di dunia esports balap mobil, menyaingi Gran Turismo dan Forza?

Sumber: NASCAR, Variety Gaming