Mobile
for SEO
Mobile

Mulai Hari Ini, Pengguna di Bandung Sudah Bisa Menikmati Layanan Telkomsel 4G LTE

13 March 2015wiku

Pengguna layanan Telkomsel yang telah memiliki perangkat yang mendukung jaringan 4G LTE dari Telkomsel serta telah menukarkan kartunya dengan uSIM, sudah mulai bisa menikmati jaringan cepat generasi keempat ini.

Melanjutkan rilis komersil yang telah digelar di kota Jakarta dan Bali, Telkomsel menghadirkan layanan 4G LTE di kota selanjutnya, yaitu Bandung mulai hari ini tanggal 13 Maret 2015. Peluncuran ini dipercepat dari harusnya akhir Maret.

Berita sebelumnya menyebutkan bahwa akhir Maret Bandung baru bisa menikmati layanan ini. Alasan peluncuran komersil yang dipercepat ini, seperti disebutkan perwakilan Telkomsel yang dikontak oleh TRL, adalah dikarenakan animo masyarakat Bandung yang sudah ingin menikmati layanan 4G.

Layanan 4G LTE Telkomsel ini digelar di frekuensi 900MHz dengan pita sebesar 5MHz yang memiliki kecepatan data hingga 36 Mbps. Pengguna harus menggunakan kartu uSIM serta dukungan perangkat yang mendukung jaringan 4G LTE Telkomsel.

Info menarik: Varian Baru Sony Xperia E4g Sudah Dijejali 4G LTE dan Prosesor Lebih Bertenaga

Untuk cakupan sendiri, rilis yang diterima Trenologi menyebutkan bahwa cakupan layanan 4G LTE ini hampir mencakup 100% kotamadya Bandung. Wilayahnya termasuk yang strategis seperti mall, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah permikiman serta tempat wisata.

Ketika menukarkan kartu di GraPARI dekat kantor (saya berdomisili di Bandung) petugas yang saya tanya menyebutkan bahwa beberapa wilayah ‘ujung’ kota Bandung juga telah bisa mendapatkan layanan ini, seperti misalnya Gedebage. Dia juga menyebutkan bahwa tinggal 9 lokasi (wilayah) saja yang belum terlayani, hampir semua wilayah sudah bisa menikmati layanan 4G LTE Telkomsel.

Dalam mendukung komersialisasi jaringan teknologi selular generasi keempat ini, Telkomsel juga telah melakukan persiapan pendukung, seperti uSIM (kartu SIM 4G), ponsel 4G (Telkomsel menyediakan bundling paket dengan perangkat yang mendukung 4G), konten dan layanan GraPARI.

Telkomsel sendiri meluncurkan layanan 4G LTE pada bulan Desember 2014 lalu, saat ini telah digunakan oleh 150.000 pelanggan. Kota yang telah menikmati antara lain Jakarta, Bali dan sekarang Bandung. Dua kota menyusul adalah Surabaya dan Medan.

Sayang, ketika sudah menukar kartu menjadi uSIM dan mengaktifkan layanan 4G ternyata ponsel Lumia 925 saya tidak bisa mendapatkan layanan 4G LTE ini, padahal kalau dilihat dari spesifikasinya smartphone ini mendukung frekuensi yang dibutuhkan. Namun ketika melakukan cek ke situs Telkomsel dan melihat daftar perangkat yang mendukung, memang Lumia 925 tidak masuk di dalamnya.

Info menarik: ZenFlash dan LolliFlash, Dua Aksesoris Terbaru Asus untuk Kamera Smartphone

Anda tinggal di Bandung dan menggunakan layanan Telkomsel (KartuHalo dan Simpati)? Bisa mampir ke GraPARI terdekat untuk menukarkan kartu Anda dengan uSIM, jangan lupa sebelumnya cek atau tanyakan apakah perangkat Anda telah mendukung 4G LTE Telkomsel atau belum.

Kepastian dukungan perangkat ini cukup penting, karena ketika berbincang dengan petugas GraPARI, dijelaskan bahwa ada perangkat yang akan bisa otomatis ke 3G ketika tidak mendapatkan jaringan 4G (yang memang sudah seharusnya), tetapi ada juga yang langsung ‘no signal’ ketika tidak mendapatkan jaringan 4G bukan turun ke jaringan ‘di bawahnya’.

Anda sudah mencoba 4G LTE Telkomsel? Share pengalaman Anda di kolom komentar ya!

Play video

17 May 2022

Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Sajikan Pengalaman Premium Dengan Desain Lebih Kekinian

Bulan lalu, saya kedatangan Poco M4 Pro dan disusul Xiaomi Redmi Note 11 Pro. Dua smartphone ini mengusung spesifikasi ...

Others from #HybridTV