Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

MPL PH Adoposi Sistem Franchise, Inilah 8 Tim Pesertanya

16 July 2021Roni Istianto

Dengan diterapkannya sistem franchise ini maka sistem promosi dan degradasi akan dihapuskan dalam turnamen MPL PH.

Kompetisi tertinggi Mobile Legends di Filipina, MPL PH, akhirnya mengadopsi sistem franchise pada musim kedelapan. MPL PH mengikuti jejak MPL ID yang sudah menggunakan sistem franchise lebih dahulu dari musim keempat di tahun 2019 kemarin.

MPL PH Season 8 nantinya akan digelar mulai 13 Agustus hingga 3 Oktober 2021 mendatang. Turnamen ini direncanakan akan diikuti oleh 8 tim Mobile Legends terbaik di FIlipina. Kedelapan tim tersebut adalah Blacklist International, BREN Esports, Echo, Nexplay EVOS, Omega Esports, ONIC PH, RSG PH dan TNC Pro Team.

Nantinya, di MPL PH Season 8, akan ada 7 pertandingan dengan format best of 3 yang berlangsung di setiap minggunya. Total akan ada 56 pertandingan dalam satu musim sebelum babak playoff dimulai. 6 tim dari 8 tim peserta MPL PH Season 8 akan lolos ke babak playoff.

Perubahan utama yang terjadi dengan diterapkannya sistem franchise ini adalah setiap tim dapat mempunyai jumlah pemain hingga 10 pemain. Jumlah ini bertambah 4 pemain dari sebelumnya. Selanjutnya, tidak akan ada lagi sistem degradasi dan promosi dalam turnamen. Hal ini menjadikan setiap tim masih dapat mengikuti turnamen MPL PH musim selanjutnya apapun yang terjadi.

Dengan diterapkannya sistem franchise dalam MPL PH ini, diharapkan terciptanya ekosistem esports Mobile Legends yang lebih stabil lagi. Setiap pemain dan tim yang berlaga dalam MPL PH tidak perlu khawatir akan nasibnya jika performa mereka sedang tidak baik.

Moonton selaku pihak developer juga telah merencanakan turnamen Mobile Legends Development League (MDL) untuk menampung tim-tim esports Mobile Legends lainnya. Turnamen ini akan menjadi wadah komunitas Mobile Legends di Filipina untuk mengembangkan sayapnya.

Kita lihat saja nantinya bagaimana perkembangan esports Mobile Legends dengan sistem franchise di Filipina ini. MPL PH Season 8 sendiri akan memperebutkan total hadiah sebesar US$150.000 atau sekitar Rp2,1 miliar. Moonton juga memperkirakan akan ada pendapatan bersama hingga US$8 juta atau sekitar Rp115 miliar untuk dibagikan kepada tim peserta MPL PH dalam 2 tahun ke depan.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV