3 Fakta di MPL ID Season 11 Week 6, Musim Perdana Geek Slate di Fase Playoff!

Setelah memulai sengitnya babak regular season, akhirnya MPL ID Season 11 menuju playoff

Setelah memakan waktu yang cukup lama, akhirnya skena esportsMPL Indonesia mulai memasuki babak playoff, benar saja setelah menyelesaikan MPL ID Season 11 Week 5, kini sudah ada 6 tim yang berhak melaju ke babak playoff!

Untuk dapat melaju ke babak playoff, setidaknya 8 tim franchise dari MPL harus bermain ekstra keras untuk mengamankan posisi 6 besar. Ada 2 nama yang bermain dari upper bracket, sedangkan 4 lainnya akan bermain di fase Play-In.

Sebenarnya sebelum menyelesaikan minggu ke-6, sudah ada tim yang sudah memastikan nasibnya, yaitu ONIC Esports di upper bracket dan AURA Fire yang gagal lolos ke playoff MPL ID Season 11.

Meskipun demikian, kini ada tim lain yang memastikan absen di playoff yaitu Rebellion Zion. Tim tersebut sebenarnya tidak bermain begitu buruk, namun sengitnya persaingan di klasemen 4-7 menjadi faktor utama.

Di sisi lain, Alter Ego yang hampir gagal ke playoff menunjukkan kualitasnya di akhir-akhir fase regular season.

AURA Fire dan Rebellion Zion Absen di Playoff

Bukan perkara mudah untuk AURA Fire, tim yang sempat menyita perhatian karena mencuri kemenangan sekaligus bermain apik di MPL ID Season 9 dan 10. Tim tersebut juga menjadi juara di Piala Presiden Esports 2021 di cabang Mobile Legends.

Namun siapa sangka, tim satu ini bermain sangat buruk di musim ini, bahkan menempati posisi buncit. Selama 6 minggu bermain, AURA Fire hanya mampu mengemas 1 kemenangan saja.

Sumber: MPL Indonesia

Sedangkan Rebellion Zion, gagal ke babak playoff meski di musim sebelumnya mampu berpartisipasi setelah mengirim tim EVOS Legends ke klasemen peringkat tujuh.

Selama 6 minggu fase regular season, tim dengan maskot banteng biru tersebut berhasil meraih 4 kemenangan dan mencatatkan 10 kekalahan.

Geek Slate Kunci Tiket Playoff Perdana

Sumber: MPL Indonesia

Tidak ada kata lain selain kejutan, benar Geek Slate menjadi tim penuh kejutan di MPL ID Season 11. Bagaimana tidak, tim tersebut mampu menorehkan hasil sempurna melawan RRQ, catatan 2 kemenangan lewat skor 2-1.

Selain itu, Geek Slate berhasil membawa 8 kemenangan dan 6 kekalahan di fase regular season, nyaman di peringkat 4 di atas EVOS Legends dan Alter Ego.

Raihan ini juga menjadi catatan apik karena Geek Slate resmi mengamankan slot playoff perdananya di MPL Indonesia setelah 3 musim sebelumnya penuh hasil negatif.

ONIC Esports Juara Regular Season

Sumber: ONIC Esports

Nama ONIC menjadi favorit, karena tim tersebut siap mengamankan gelarnya sejak menjuarai MPL ID Season 10. Tim yang dinahkodai Kairi tersebut berhasil menjadi juara di fase regular season dengan hasil nyaris sempurna yaitu 13 kemenangan dan 1 kekalahan.

Torehan 1 kekalahan tersebut didapat melawan RRQ dengan hasil pertandingan sengit yaitu 2-1 bagi Lemon dkk. Meskipun demikian, ONIC bisa dibilang tidak terkalahkan hingga selesainya fase regular season.

Dengan selesainya minggu ini, berikut hasil lengkap turnamen MPL ID Season 11 Week 6:

Sumber: MPL Indonesia

MPL ID Season 11 sendiri akan memasuki babak playoff, tepatnya pada 5 April sampai 9 April 2023, digelar di JIExpo Kemayoran Hall D2 dengan format baru yaitu hybrid elimination.

Selain tersedia offline, Anda juga bisa menyaksikan babak playoff secara langsung dan gratis di kanal YouTube MPL Indonesia.