MPL ID Season 11 Jadi Turnamen Esports Terpopuler di Februari 2023

Setelah MPL ID Season 11, VCT 2023: LOCK//IN Sao Paulo jadi kompetisi esports yang paling banyak ditonton ke-2

Sama seperti di Januari 2023, turnamen esports yang menarik perhatian paling banyak penonton di Februari 2023 merupakan kompetisi Mobile Legends. Namun, kali ini, MPL ID Season 11 menjadi satu-satunya kompetisi yang mengadu game mobile.

Empat turnamen lain dalam daftar turnamen esports terpopuler pada Februari 2023 merupakan kompetisi untuk game PC, seperti League of Legends, Counter-Strike: Global Offensive, dan VALORANT.

Berikut daftar turnamen esports terpopuler di Februari 2023, menurut Esports Charts.

5. LEC Winter 2023

Peringkat lima dalam daftar turnamen esports terpopuler di Februari 2023 diduduki oleh League of Legends European Champion (LEC) Winter 2023, yang digelar pada 21 Januari - 26 Februari 2023. Pertandingan antara G2 Esports dengan MAD Lions di babal Finals menjadi pertandingan yang paling banyak ditonton. Pada puncaknya, ada 572,3 ribu orang yang menonton pertandingan tersebut.

Viewership dari LEC Winter 2023. | Sumber: Esports Charts

Total durasi siaran dari LEC Winter 2023 adalah 94 jam 20 menit. Dari sana, liga tersebut mendapatkan 42,8 juta views dan 26,4 juta jam hours watched. Sementara jumlah penonton rata-rata dari kompetisi itu adalah 280,2 ribu orang.

Pada akhirnya, G2 keluar sebagai juara setelah mengalahkan MAD Lions dengan skor 3-0. Meskipun begitu, dari segi hours watched, MAD Lions lebih unggul dari G2. Sepanjang LEC Winter 2023, MAD Lions berhasil mendapatkan 7,2 juta jam hours watched, sementara G2 hanya 7,4 juta jam. Namun, dari segi average viewers, G2 jauh lebih unggul. G2 memiliki average viewers sebanyak 350,2 ribu orang, sementara MAD Lions 285,8 ribu orang.

Lima tim terpopuler sepanjang LEC Winter 2023. | Sumber: Esports Charts

LEC Winter 2023 hanya disiarkan di dua platform streaming game, yaitu Twitch dan YouTube. Di Twitch, liga League of Legends ini ditayangkan di 20 channels dan mendapatkan 33 juta views, 50,3 ribu follows, dengan peak viewers sebanyak 451,3 ribu orang. Sementara di YouTube, LEC Winter 2023 mendapatkan 9,8 juta views, 5,1 ribu likes, dengan peak viewers sebanyak 120,9 ribu orang.

4. LCK Spring 2023

Turun satu peringkat dari bulan Januari, League of Legends Champions Korea (LCK) Spring 2023 menempati peringkat empat dalam daftar turnamen esports terpopuler di Februari 2023. Bulan lalu, pertandingan LCK Spring 2023 yang menarik perhatian paling banyak penonton adalah pertandingan antara T1 dengan Gen.G. Pertandingan itu ditonton oleh 715,5 ribu orang pada puncaknya. Hanya saja, peak viewers dari LCK Spring 2023 di Februari sedikit lebih kecil jika dibandingkan pada Januari 2023, yang mencapai 720,7 ribu orang.

Sekarang, total airtime dari LCK Spring 2023 telah mencapai 181 jam 30 menit. Sementara jumlah views dari liga nasional tersebut menembus 39,2 juta views, dengan hours watched sebanyak 36,8 juta jam. Rata-rata, jumlah penonton dari LCK Spring 2023 adalah 203 ribu orang. Sama seperti di Januari 2023, T1 masih menjadi tim paling populer sepanjang LCK Spring 2023, diikuti oleh Gen.G.

Viewership dari LCK Spring 2023. | Sumber: Esports Charts

Siaran dalam Bahasa Korea menjadi siaran paling populer untuk LCK Spring 2023, dengan peak viewers sebanyak 330,6 ribu orang. Mendapatkan peak viewers sebanyak 291,3 ribu, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran terpopuler ke-2, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Vietnam, yang memiliki peak viewers sebanyak 163 ribu orang.

YouTube merupakan platform favorit fans untuk menonton LCK Spring 2023. Kompetisi itu mendapatkan 17,5 juta views dan 4,1 ribu likes di platform milik Google tersebut. Pada puncaknya, peak viewers di YouTube mencapai 226,9 ribu orang. Setelah YouTube, platform terpopuler ke-2 adalah Naver Esports, yang mencapai peak viewers pada 171,4 ribu orang.

3. IEM Katowice 2023

Intel Extreme Masters (IEM) Katowice 2023 digelar pada 1 Januari 2023 sampai 12 Februari 2023. Di babak Finals, pertandingan antara G2 Esports dan Heroic berhasil menarik perhatian 726,7 ribu orang. Dengan begitu, IEM Katowice 2023 duduk di peringkat tiga dalam daftar turnamen esports paling populer di bulan lalu.

Selain membawa pulang trofi IEM Katowice 2023, G2 juga berhasil mendapatkan gelar tim paling populer sepanjang turnamen tersebut. Di kompetisi itu, G2  dapat mengumpulkan 6,1 juta jam hours watched, dengan average viewers sebanyak 359,5 ribu orang.

Viewership dari IEM Katowice 2023. | Sumber: Esports Charts

Dari tiga platform streaming game yang menyiarkan IEM Katowice 2023, Twitch merupakan platform paling populer, dengan peak viewers sebanyak 566,4 ribu orang. Di Twitch, kompetisi CS:GO itu ditayangkan di 49 channels dan mendapatkan 71,6 ribu views serta 149,6 ribu follows. Setelah Twitch, YouTube menjadi platform favorit para fans ke-2, dengan peak viewers sebanyak 166,6 ribu orang. YouTube juga menyumbangkan 12,5 juta views untuk IEM Katowice 2023.

Dengan peak viewers sebanyak 443,1 ribu orang, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran IEM Katowice 2023 paling populer. Setelah itu, siaran dalam Bahasa Rusia menjadi siaran yang menarik perhatian paling banyak penonton, dengan peak viewers mencapai 127,1 ribu orang.

Pada akhirnya, total airtime IEM Katowice mencapai 99 jam 45 menit. Dari sana, kompetisi tersebut mendapatkan 23,5 juta jam hours watched dan 84,2 juta views. Jumlah penonton rata-rata dari turnamen esports ini adalah 235,6 ribu orang.

2. VCT 2023: LOCK//IN São Paulo

Walaupun VALORANT baru diluncurkan pada 2020, game ini telah memiliki skena esports yang cukup matang. Kompetisi dari game FPS itu juga cukup populer. Buktinya, VCT 2023: LOCK//IN São Paulo berhasil mendapatkan peak viewers sebanyak 886,4 ribu orang pada Februari 2023. Satu hal yang harus diingat, LOCK//IN baru selesai digelar pada awal Maret 2023. Dan pertandingan babak Finals dari kompetisi itu bahkan memiliki peak viewers yang lebih tinggi.

Viewership dari VCT 2023: LOCK//IN Sao Paulo. | Sumber: Esports Charts

Total durasi siaran LOCK//IN adalah 102 jam 10 menit. Kompetisi itu mendapatkan 133,2 juta views dan 44,2 juta jam hours watched. Sementara jumlah penonton rata-rata dari turnamen tersebut adalah 432,6 ribu orang. Siaran dalam Bahasa Portugis menjadi siaran paling populer, dengan peak viewers sebanyak 543,2 ribu orang. Sementara siaran dalam Bahasa Inggris ada di posisi ke-2, dengan peak viewers sebanyak 494,3 ribu orang.

LOCK//IN disiarkan di empat platform streaming game. Di Twitch, kompetisi VALORANT ini disiarkan di 159 channels dan mendapatkan 106,4 juta views, serta 617,8 ribu follows. Pada puncaknya, ada 1,2 juta orang yang menonton LOCK//IN di Twitch. Sementara di YouTube, LOCK//IN mendapatkan 26,3 juta views, dengan peak viewers sebanyak 273 ribu orang.

1. MPL Indonesia Season 11

Dengan peak viewers sebanyak 1,9 juta orang, Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 11 menjadi turnamen esports paling populer di Februari 2023. Pertandingan yang berhasil menarik hampir 2 juta penonton itu adalah El Clasico, yang mempertemukan EVOS Legends dengan RRQ di Minggu ke-2, hari ke-3.

Memang, dari segi hours watched maupun average viewers, EVOS Legends dan RRQ merupakan tim esports paling populer di MPL ID Season 11. Dari segi hours watched, EVOS Legends unggul, dengan 10,6 juta jam hours watched. Sementara RRQ hanya memiliki 8,7 juta jam hours watched. Namun, dari segi average viewers, RRQ masih lebih unggul. RRQ memiliki 652,8 ribu average viewers, sementara jumlah penonton rata-rata dari EVOS Legends hanyalah 574,9 ribu orang.

Viewership dari MPL ID Season 11. | Sumber: Esports Charts

Saat ini, total airtime dari MPL ID Season 11 telah mencapai 80 jam 45 menit. Dari sana, kompetisi tersebut mendapatkan 137,7 juta views dan 26,4 juta jam hours watched. Sementara jumlah penonton rata-rata dari liga nasional itu adalah 327,5 ribu orang. Mengingat MPL ID Season 11 merupakan liga nasional di Indonesia, siaran dalam Bahasa Indonesia tentunya menjadi siaran paling banyak ditonton.

MPL ID Season 11 disiarkan di tiga platform streaming game. YouTube menjadi platform favorit pada fans. Platform milik Google ini memberikan kontribusi sebanyak 129,3 ribu views, dengan peak viewers sebanyak 1,77 juta orang. Facebook menjadi platform favorit fans ke-2 dan mendapatkan peak viewers sebanyak 112,2 ribu orang.

Sumber header: AFK Gaming