26 February 2023

by Daniel Hamiaz

Mortal Kombat 12 Dipastikan Rilis Tahun Ini

Tidak seperti game lain, Warner Bros. malah mengumumkannya di dalam sebuah konferensi keuangan

Biasanya, pengumuman dari sebuah game baru akan dipersiapkan sebaik mungkin demi menarik perhatian pemain. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk menciptakan momentum, misalnya seperti mengunggah video singkat, membuat teaser, atau menunggu event yang besar seperti E3 atau konferensi video game lainnya. Apalagi, jika game tersebut memiliki sejarah yang panjang dengan basis pemain yang kuat, biasanya persiapan yang dilakukan akan semakin baik.

Namun terdapat sebuah berita yang cukup tiba-tiba mengenai seri terbaru dari Mortal Kombat yang — entah sengaja atau tidak — mengkonfirmasi bahwa Mortal Kombat 12 bakal dirilis di tahun ini. Warner Bros. mengumumkannya melalui konferensi keuangan untuk tahun fiskal kuartal keempat mereka.

"Nantinya akan ada banyak game yang akan datang, dan salah satu yang paling ditunggu-tunggu ialah Mortal Kombat 12 dan Suicide Squad: Kill the Justice League, yang akan dirilis tahun ini dengan proyeksi peluncuran yang ambisius," ujar Andrew Slabin selaku wakil presiden untuk strategi investor global Warner Bros. Discovery dalam penggalan klip yang tersebar.

Pengumuman ini bisa dikatakan cukup berani atau mungkin ingin mengejar hype. Pasalnya, setidaknya ada 2 fighting game besar lain yang juga akan dirilis di dalam waktu yang berdekatan, yaitu Tekken 8 dan Street Fighter 6, sehingga tahun 2023/2024 akan menjadi persaingan sengit di ranah fighting game.

Game yang mengusung tema gory ini memiliki rekam jejak yang baik di dalam pengembangannya. Hal tersebut bisa dilihat dari Mortal Kombat 11 yang menuai pujian dari para kritikus dan penggemarnya, mulai dari gameplay yang lebih dipoles, grafik yang lebih realistis, mekanik-mekanik baru, dan tentunya cutscene-cutscene penghabisan yang cukup memuaskan.

Belum lagi Mortal Kombat 11 menyuguhkan berbagai macam karakter unik, yang memiliki karakteristik, ciri khas, dan juga cara bermain yang unik. Apalagi, Mortal Kombat 11 juga berani memasukkan karakter-karakter dari franchise lain yang terkesan nyeleneh, namun tetap disambut baik oleh komunitas, seperti Rambo, Robocop, Terminator, atau Joker.

Sebenarnya rentang waktu sejak Mortal Kombat 11 dirilis (April 2019), tergolong cukup panjang, sehingga penantian terhadap seri terbaru Mortal Kombat merupakan hal yang wajar. Dengan begitu, pemain bisa memantau tanggal resmi kapan Mortal Kombat 12 akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Jika Anda suka dengan game seperti Mortal Kombat, Anda bisa cek rekomendasi fighting game versi Hybrid di sini.