9 December 2021

by Galih

MOBA Pokémon Unite Berhasil Tembus 50 Juta Download

Para pemain akan mendapatkan hadiah atas pencapaian ini.

Hingga sekarang, hampir semua game yang masuk dalam franchisePokémon selalu berhasil. Fans setia selalu menyambut apapun jenis game yang ditawarkan oleh The Pokémon Company, termasuk game MOBA pertama mereka, Pokémon Unite.

Pokémon Unite dirilis secara resmi pada 21 Juli 2021 lalu. Hanya dalam waktu sekitar empat bulan saja, MOBA yang dirilis untuk platform mobile dan Nintendo Switch ini berhasil menembus angka 50 juta kali unduhan.

Akun Twitter resmi Pokémon Unite bahkan mengeluarkan cuitan yang mengungkapkan rasa terima kasih mereka terhadap para fans. Tidak hanya itu, untuk merayakan pencapaian tersebut, Pokémon Unite juga akan memberikan hadiah berupa 2.000 Aeos Ticket bagi para pemain yang memainkan game-nya pada tanggal 9 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022 mendatang.

Pencapaian ini bisa dibilang menjadi hadiah kedua bagi Pokémon Unite karena sebelumnya game ini juga telah memenangkan Google Play Best Game of 2021 Award. Game yang dikembangkan oleh TiMi Studio ini memang mendapat respon yang cukup mengejutkan dari para gamer mobile.

Produser Pokémon Unite, Masaaki Hoshino bahkan sempet memberikan pernyataannya bahwa dirinya harus mengakui bahwa ia tidak yakin apakah game tersebut akan diterima oleh para gamer di seluruh dunia. Namun kekhawatiran tersebut juga bukan tanpa alasan karena genre MOBA bukanlah genre baru bagi para gamer.

MOBA mobile lainnya juga terbilang sukses mendominasi platform mobile seperti Honor of Kings (AOV), Mobile Legends, dan bahkan League of Legends: Wild Rift yang memiliki basis fans fanatik. Sedangkan Pokémon Unite merupakan konsep yang cukup nyeleneh dengan membawa para monster dari semesta Pokémon untuk saling bertarung dengan mekanisme MOBA.

Namun dengan penghargaan tertinggi dari Google Play serta jumlah unduhan yang fantastis tersebut kelihatannya sudah tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh Masaaki dan The Pokémon Company. Dengan beragam potensi yang terbuka lebar bagi Pokémon Unite termasuk skema esport, game ini berpotensi untuk terus berkembang dan memiliki umur yang panjang.

Sayangnya pihak The Pokémon Company masih belum memberikan fokus kepada pengembangan skema esport untuk game ini. Meskipun mereka mengatakan bila para fans memang menghendaki maka skema esport tersebut akan direalisasikan.