9 December 2021

by Sean Edbert

Mulai Event Snowsgiving, Discord Luncurkan Keyboard Mechanical Edisi Terbatas

Di event Snowsgiving 2021 ini, Discord juga menjual sejumlah bundle sweater dan hoodie.

Dalam rangka menyambut musim dingin dan hari natal, Discord mengadakan kembali sebuah event tahunan bernama "Snowsgiving". Event Snowsgiving ini biasanya berisikan giveaway, kontes, serta penjualan merchandise resmi Discord yang seluruh hasilnya bakal didonasikan ke badan amal.

Tahun 2020 kemarin, Discord berhasil mengumpulkan US$156,000 atau sekitar Rp2,23 miliar yang seluruhnya disumbangkan ke organisasi "Doctors without Borders" dalam rangka membantu daerah-daerah terpencil yang terpapar COVID-19. Di tahun 2020, mereka hanya menjual sweater, hoodie, topi serta pernak-pernik kecil lainnya.

Image Credit: Discord

Menariknya, di tahun 2021 ini, Discord menambahkan keyboard mechanical ke daftar merchandise yang dapat dibeli. Dibanderol dengan harga US$190 atau sekitar Rp2.7 juta, keyboard mechanical besutan Discord ini merupakan hasil kerja sama dengan pabrikan keyboard ternama, Kono.

Keyboard mechanical dari Discord ini mengusung layout TKL (tanpa numpad) serta memiliki dua pilihan warna case yang identik dengan kedua tema aplikasi Discord, yaitu Dark Theme (hitam) dan Light Theme (putih). Discord TKL Mechanical Keyboard ini juga menghadirkan dua pilihan switch besutan Gateron berwarna Red (linear) atau Brown (tactile).

Dark Theme vs Light Theme (Image Credit: Discord)

Berbahan ABS double-shot, keycaps yang dipasangkan pada Discord TKL Mechanical Keyboard ini memiliki tema warna biru terang khas Discord. Keyboard mechanical Discord ini juga memiliki fitur wireless menggunakan Bluetooth 5.0, socket hotswap universal, built-in sound absorbing foam, serta adjustable feet. 

Di paket pembelian, pembeli juga akan mendapatkan bonus keycaps custom berlogo unik, kabel USB-C to USB-A braided berwarna khas Discord, tas custom untuk menyimpan atau membawa keyboard, serta switch puller dan keycaps puller.

Image Credit: Discord

Discord telah membuka tahap pre-order untuk keyboard mechanical mereka itu. Kabarnya, keyboard mechanical ini akan mulai dikirim ke calon pemiliknya pada awal kuartal ke-2 tahun 2022 mendatang. Selain keyboard mechanical, Discord juga menyediakan bundle hoodie dan sweater pada daftar merchandise mereka.

Seluruh hasil penjualan dari Discord TKL Mechanical Keyboard ini akan disumbangkan ke organisasi bernama "To Write Love on Her Arms". Organisasi ini bertujuan untuk menghadirkan bantuan dan harapan bagi orang-orang yang berjuang melawan depresi, kecanduan, melukai diri sendiri, dan keinginan bunuh diri.

Sampai artikel ini dibuat, Discord telah berhasil mengumpulkan US$405,820 atau sekitar Rp5,82 miliar untuk disumbangkan. Jika Anda tertarik untuk membeli merchandise dari Discord, Anda dapat melihatnya langsung di website resmi mereka.

Di sisi lain, beberapa bulan lalu, Discord juga dikabarkan telah mencoba integrasi YouTube di aplikasi mereka dengan fitur bernama "Watch Together". Fitur ini disebut masih dalam tahap uji coba. Anda dapat membaca tentang ini lebih lengkap di sini.

Feat image credit: Discord