18 November 2015

by Yoga Wisesa

MixRadio Luncurkan Stiker Bersuara Isyana di Line Messenger

Bundel 'Play the Music with Isyana Sarasvati' berisi 16 stiker ekspresi wajah berbeda ditambah suara sang musisi.

Perjalanan MixRadio bersama Line dimulai di ujung tahun 2014. Awalnya layanan streaming musik ini dikembangkan oleh Nokia dan menjadi bagian lini bisnis mobile Microsoft setelah sang raksasa Redmond itu mengakuisinya. Tapi karena sudah mempunyai Xbox Music, Microsoft memutuskan mengangkatnya sebagai servis spin-off, hingga akhirnya MixRadio dibeli oleh Line Corporation.

Lalu apa hubungannya MixRadio, Line dan stiker Isyana? Pada tanggal 17 November silam, MixRadio mengumumkan perilisan stiker bersuara perdana mereka di app instant messaging itu dengan menggadeng seorang penyanyi lokal yang sedang naik daun, Isyana Sarasvati. Bundel paket mengusung judul 'Play the Music with Isyana Sarasvati', berisi 16 stiker ekspresi wajah Isyana plus suara.

Kolaborasi antara Isyana dan Line Corporation terlihat sejak hadirnya talenta muda ini di ajang Line Creative Day. Namanya melesat cepat setelah melepas lagu Tetap Dalam Jiwa. Isyana sempat berkarier sebagai penyanyi opera di Singapura, dan merupakan alumnus Nanyang Academy of Fine Arts. Menurut MixRadio, Isyana bisa menjadi wajah yang mewakili musisi pendatang baru Indonesia di layanan mereka.

Membahas MixRadio lebih jauh, ia resmi jadi anak perusahaan Line setelah proses transaksi rampung pada bulan Maret lalu. Saat itu, app versi beta telah diluncurkan untuk iOS dan Android, dibarengi kampanye ber-hashtag#HappySoundsLike bersama PBB demi merayakan International Day of Happiness. Developer juga turut berpartisipasi mensponsori festival musik South by Southwest.

Namun MixRadio baru mulai tersedia secara komersial di dua platform mobile besar itu pada tanggal 19 Mei 2015, ditandai dengan acara launching yang diadakan secara berbarengan di New York dan Singapura. Servis ini belum lama memperluas sayapnya ke Apple Watch, Amazon Appstore serta Tizen. Ekspansi MixRadio tidak berhenti sampai di sana, di minggu pertama November 2015, developer merilis client web browser buat sistem operasi Windows dan OS X.

MixRadio menjanjikan komposisi playlist pintar, dengan susunan lagu yang menyesuikan pada genre favorit Anda. Pengguna dapat mengoptimalkan daftar via menekan tombol like atau dislike. Keunikan MixRadio ialah fitur download, memungkinkan kita untuk tetap mendengarkan lagu meski tidak ada koneksi internet. Tercatat di pertengahan tahun ini, MixRadio menyimpan koleksi 36 juta lagu.

Set stiker MixRadio 'Play the Music with Isyana Sarasvati' sendiri bisa Anda unduh gratis hingga tanggal 16 Desember nanti melalui handsetAndroid dan iOS.

Info tambahan: Wikipedia.