Dark
Light

Mig33 Dapat Investor Baru, Salah Satunya Dari Indonesia

2 mins read
November 9, 2010

Mig33 mendapatkan dana investasi Series C sebesar $8.9 juta, dari dua investor dan salah satunya berasal dari Indonesia. Mig33 merupakan sebuah layanan untuk berjejaring sosial lewat perangkat bergerak dan merupakan the world’s largest mobile-first community.

Investasi seri C ini dilakukan oleh dua investor baru Mig33 yaitu Bapak Sugiono Wiyono dari Indonesia, serta GREE, Inc dari Jepang. Sugiono Wiyono merupakan pengusaha di bidang telekomunikasi yang memiliki jaringan toko telepon selular OkeShop yang berada di bawah bendera PT. Trikomsel Oke Tbk. Sedangkan GREE merupakan pemimpin layanan social networking di Jepang serta pengembang social game dengan pengalaman lebih dari 3 tahun dan menjadi salah satu pemimpin di pangsa pasar social game untuk perangkat bergerak.

Seperti yang dituliskan dalam press release mereka, funding yang mereka dapatkan adalah untuk mendukung pertumbuhan Mig33 sebagai pemimpin di pangsa pasar layanan mobile social entertaintment di negara berkembang atau negara dengan karakterisasi pengguna yang termasuk mobile-first, di mana mereka menggunakan ponsel sebagai akes utama internet secara mobile. Investasi yang didapatkan juga akan digunakan untuk mengembangkan strategi monetisasi pada layanan mereka. Investasi ini juga melengkapi investasi yang pernah mereka dapatkan dari Accel Partners, Redpoint Ventures serta DCM.

Mig33 memberikan berbagai layanan, pada awalnya mereka memberikan layanan chat yang bisa diakses oleh pengguna ponsel menengah ke bawah atau non-ponsel pintar, saat ini Mig33 tidak hanya memberikan layanan chat yang bisa menghubungkan relasi dari MSN, Yahoo!, Facebook, GTalk, serta AIM, Mig33 telah memiliki layanan untuk mendukung komunitas yang menggunakan perangkat bergerak dalam melakukan interaksi sosial, termasuk bertukar emotikon, mengirimkan hadiah virtual, sampai bermain game. Fasilitas messenger mereka juga bisa diakses melalui web.

Mig33 juga menyasar pangsa pasar Indonesia, India dan Afrika Selatan, dengan kemampuannya untuk bisa diakses oleh hampir disemua ponsel, terutama yang beredar dipangsa pasar yang mereka sasar, investasi ini memang menjadi sangat masuk akal, Indonesia sendiri, yang pertumbuhan ponsel menengah-bawah sangat pesat, serta perilaku pengguna internet yang menggunakan ponsel sebagai alat utama dalam mengakses internet, merupakan pangsa pasar yang sangat besar.

Meski penetrasi ponsel telah jauh meluas dari beberapa tahun yang lalu, namun pengguna internet kita masih bertumbuh pesat, dan salah satu konstribusi terbesar adalah dari akses ponsel, terutama ponsel menengah-bawah yang harganya semakin terjangkau. Para pengguna awal internet ini adalah salat satu pangsa pasar yang akan disasar oleh Mig33, ponsel mereka adalah akses utama untuk masuk ke jaringan sosial yang ada di internet.

GREE bisa memberikan kontribusi dari pangsa pasar di Jepang serta elemen permainan yang juga menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Mig33, mobile game adalah salah satu fasilitas yang bisa membuat pengguna ponsel bertahan lama dan mengakses layanan mereka, sedangkan OkeShop yang dimiliki oleh pak Sugiono Wiyono bisa memberikan kontribusi yang cukup luas dengan penyebaran toko mereka yang tersebar di 153 kota dengan sekitar 800 outlet, toko mereka yang juga terletak di berbagai pusat perbelanjaan bisa menjangkau berbagai segmen pasar, terutama pengguna awal mobile internet, minimal pengenalan atas produk Mig33 bisa secara langsung sampai pada konsumen.

Kita lihat perkembangan apa yang akan dilakukan Mig33 terutama untuk melayani pengguna serta pangsa pasar Indonesia lewat OkeShop. Di sisi lain, meski investasi oleh investor lokal dilakukan atas perusahaan yang bermarkas di Singapura, tetapi, mungkin saja, ini akan membuka ‘pintu’ investasi untuk para perusahaan berbasis internet yang datang dari investor lokal lain, terutama investasi untuk para startup lokal.

Untuk membaca rilis lengkap dari investasi atas Mig33, bisa dilihat para tautan ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Koprol akan segera rilis API

Next Story

Jobs @DailySocial: Web Application Developer & 3D Environment/Character Artist

Latest from Blog

Don't Miss

Game Lokal Lokapala Ekspansi ke Asia Tenggara

Anda tentu sudah mengetahui tentang game mobile bernama Lokapala, bukan? Game dengan
garena FF sea

Turnamen Free Fire di 2023 Bakal Gunakan Format Baru

Game mobile yang terkenal di Indonesia keluaran Garena, yaitu Free