Microsoft Tertarik untuk Beli WB Interactive?

WB Games merupakan publisher dari seri Batman: Arkham dan banyak game Harry Potter serta Lego

Microsoft dikabarkan tertarik untuk membeli divisi gaming dari Warner Bros., menurut laporan The Information, mengutip 2 orang yang mengaku tahu tentang hal ini. Warner Bros. Interactive Entertainment alias WB Interactive, yang saat ini ada di bawah naungan perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat AT&T, merupakan publisher dari seri Batman: Arkham, Middle-Earth: Shadow of Mordor, Mortal Kombat, The Witcher 3: Wild Hunt, dan banyak game Lego serta Harry Potter.

Dikabarkan, alasan Microsoft tertarik untuk membeli WB Interactive adalah karena mereka hendak meluncurkan Xbox versi yang lebih murah sebagai alternatif dari Xbox Series X, menurut laporan Yahoo Finance. Pada akhir Juni 2020, dokumen Microsoft bocor ke internet. Dokumen itu berisi rencana Microsoft untuk merilis konsol Xbox dengan harga lebih murah yang dinamai Xbox Series S.

Saat ini, AT&T memang tengah mencoba untuk menjual aset-aset mereka demi membayar utang sebesar SU$154 miliar. Selain Microsoft, ada beberapa perusahaan lain yang dikabarkan tertarik untuk membeli WB Interactive, seperti Take Two Interactive, Electronic Arts, dan Activision Blizzard. Bulan lalu, AT&T disebutkan akan menjual WB Interactive senilai US$4 miliar.

IP Mortal Kombat akan menjadi bagian dari akuisisi NetherRealm Studios . | Sumber: Steam

Perusahaan manapun yang akhirnya mengakuisisi WB Interactive juga akan mendapatkan beberapa studio game di bawah naungan divisi tersebut, seperti Avalanche Software, Monolith Production, NetherRealm Studios, Rocksteady Studios, TT Games, dan berbagai studio WB Games lainnya. Dan akuisisi NetherRealm juga mencakup pembelian IP Mortal Kombat.

Namun, membeli WB Interactive bukan berarti sebuah perusahaan akan mendapatkan hak atas karakter seperti Batman atau Harry Potter. Nantinya, jika mereka ingin menggunakan karakter-karakter tersebut dalam game mereka, mereka tetap harus mendapatkan izin lisensi dari pemilik IP tersebut.

Satu hal yang pasti, jika Mcirosoft memang membeli WB Interactive, maka hal ini akan membuat jumlah developer Xbox Game Studios meroket, menurut laporan IGN. Sebelum ini, Microsoft juga telah mengakuisisi beberapa developer ternama seperti Ninja THeory, Obsidian, Double Fine, dan lain sebagainya.

Tahun ini, persaingan antara Sony dan Microsoft kembali memanas. Pasalnya, keduanya akan meluncurkan konsol next-gen pada tahun ini. Selain berlomba-lomba dalam membuat konsol berperforma tinggi, baik Sony dan Microsoft juga akan bersaing dalam menyediakan game eksklusif untuk konsol mereka. Faktanya, Microsoft akan memamerkan beberapa game untuk Xbox Series X pada akhir Juli mendatang. Jadi, tidak heran jika Microsoft tertarik untuk membeli WB Interactive.

Sumber header: Steam