Dark
Light

Microsoft Paint 3D Sudah Bisa Dijajal Oleh Peserta Windows Insider

1 min read
November 4, 2016

Setelah dikabarkan berniat untuk memodernisasi app gambar tertua mereka, Microsft akhirnya resmi menyingkap inkarnasi Paint di era Windows 10 bulan Oktober silam. Kesederhaan tetap jadi perhatian sang developer, namun MS Paint new-gen ini menyajikan sedikit twist: Anda dipersilakan mengubah gambar dan foto dua dimensi jadi objek tiga dimensi.

Sang raksasa asal Redmond itu memang tidak ingin membuat user menanti kehadiran Microsoft Paint 3D terlalu lama. Lewat preview build 14959 yang digulirkan pada hari Kamis, para peserta program Windows Insiders sudah diperkenankan menjajal aplikasi olah grafis tersebut, bisa diperoleh di Windows Store. Dan bersamaan dengan itu, Microsoft turut membuka akses ke situs Remix3D.

Paint 3D 2

Sedikit membahas mengenai MS Paint 3D Preview, Microsoft mengklaim bahwa aplikasi ini tetap mudah digunakan seperti pendahulunya, tapi penampilannya jauh lebih menarik dan dibekali beragam fitur baru. Ia memungkinkan user menciptakan objek 3D secara simpel, atau sekedar memindai via smartphone. Anda dapat mengombinasikan gambar 3D dengan latar dua dimensi, fungsinya bisa diibaratkan seperti PhotoShop atau Cinema 4D kelas entry-level. Selanjutnya, pengguna dipersilakan mencetak kreasi mereka di 3D printer atau mengunggahnya ke Facebook.

Microsoft Remix3D berfungsi sebagai platform download dan upload model-model 3D. Setelah mendaftarkan diri via Microsoft, pengunjung segera disambut dua tab di menu, yaitu Discover dan My Stuff. Discover terbagi dalam empat komponen, antara lain pilihan para staf, 3D essentials, starter kits dan Community. Khusus di segmen staff picks, Anda bisa menemukan beragam kreasi menarik dari mulai robot Imperial AT-AT sampai alien lucu.

Paint 3D 1

Starter kit sendiri menyediakan pilihan gambar 3D untuk segera Anda gunakan, contohnya grup Ocean Creatures, koleksi Home Décor, hingga grup Xbox.

Salah satu aspek istimewa dari Remix3D adalah Anda bisa memeriksa dan mengakses tampilan preview 3D sebelum mengunduhnya ke PC. Cukup dengan menekan tombol thumbnail, user segera dibawa ke tampilan stand-alone. Untuk memutar-mutar objek, kita tinggal mengklik dan menggeser mouse.

Bagaimana dengan integrasi antara Paint 3D dan Remix3D? Saat app selesai Anda instal, akan ada pilihan untuk menciptakan emoji kustom berisi opsi Get Started. Ia akan mengarahkan user ke board Emoji di website Remix3D. Di sana, Anda disuguhkan gambar-gambar familier.

Paint 3D 3

Ingin segera mengutak-atik Remix3D? Sayang sekali kita harus bersabar karena website baru dapat digunakan user di kawasan Amerika, Inggris, Kanada dan Selandia Baru.

Via The Verge, Digital Trends & Windows Central.

Previous Story

Cuma Berbekal Garam dan Baterai, MSR SE200 Siap Sediakan Air Bersih

Next Story

Akhiri Rumor, Samsung Resmikan W2017 Ponsel Lipat Premiumnya

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft Perkenalkan Copilot Plus PC, Siap Saingi Prosesor M3 MacBook Air

Copilot Plus PC Menjadi tonggak di era baru laptop Windows.

Dampak AI Pada Transformasi Bisnis di Indonesia: TELKOM, BUMA, dan DANA Berbagi Pengalaman

Sadar akan potensi besar yang ada pada teknologi AI ini,