19 April 2022

by Adi Nawan

Microsoft Dikabarkan Ingin Bawa Iklan ke Game Free-to-play Mereka

Iklan yang dimunculkan disebut tidak akan mengganggu permainan.

Tahun 2022 kelihatannya menjadi tahun yang sangat sibuk bagi Microsoft dan Xbox. Mulai dari akuisisi terhadap Activision-Blizzard, pengembangan 'paket keluarga' untuk Xbox Games Pass, hingga terus meningkatkan produksi konsol Xbox Series X dan Series S.

Kini, Microsoft dikabarkan tengah membuat program baru yang mungkin agak kontroversial bagi sebagian gamer. Karena program yang ingin dikembangkan adalah tampilan iklan untuk game-game Xbox. Namun khusus hanya untuk game-game free-to-play-nya saja.

Kabar tersebut pertama kali diberitakan oleh Business Insider yang menyebut bahwa ada spekulasi Microsoft akan mulai memasang iklan untuk memberikan kesempatan developer game-game free-to-play mendapatkan lebih banyak uang.

Microsoft menyadari bahwa keputusan tersebut kemungkinan akan mendapat reaksi negatif dari banyak gamer. Terutama karena adanya stigma negatif bahwa game free-to-play memfokuskan pendapatannya pada microtransaction.

Image Credit: Microsoft

Maka dari itu Microsoft menyebut bahwa mereka tidak akan mengambil keuntungan sepeser-pun dari iklan di dalam game tersebut. Namun akan memberikan seluruh pandapatan iklan tersebut kepada para developer.

Ada kemungkinan bahwa langkah Microsoft ini dilakukan untuk menarik lebih banyak developer game free-to-play untuk mau masuk ke dalam platform game milik mereka.

Hal penting lain yang mungkin jarang dibicarakan adalah keamanan data pelanggan. Mengingat banyak game dan aplikasi menghimpun data pelanggan untuk nantinya dapat memberikan iklan yang lebih relevan kepada setiap pengguna.

Namun Microsoft berjanji tidak akan mengambil data para penggunanya dari Bing maupun layanan lainnya untuk dapat membuat iklan bertarget pada platform Xbox.

Image Credit: Microsoft

"Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman bagi para pemain dan juga developer namun kami tidak memiliki hal apapun untuk dibagikan," ungkap juru bicara Microsoft kepada Insider.

Untuk prakteknya Microsoft juga tidak menjelaskan secara jelas bagaimana sistem iklan ini akan diaplikasikan. Namun kabarnya rencana awal untuk hal tersebut adalah menempatkan iklan pada billboard-billboard yang ada di dalam game balap mobil dan olah raga.

Implementasi tersebut memang dianggap paling aman karena tidak akan mengganggu permainan. Mengingat banyak iklan di dalam game terutama game mobile yang bahkan muncul dan mengganggu jalannya permainan dan membuat para pemainnya menjadi jengkel.