Dark
Light

Microsoft Hadirkan 3 Aplikasi Baru untuk Smartwatch Android Wear dan Apple Watch

1 min read
August 10, 2015

Microsoft sampai saat ini masih belum mempunyai smartwatch-nya sendiri, terkecuali Microsoft Band yang sejatinya lebih pantas dikategorikan sebagai activity tracker. Pun demikian, hal itu tidak menghentikan Microsoft dari mengembangkan aplikasi untuk smartwatch Android Wear maupun Apple Watch.

Ada tiga aplikasi smartwatch baru yang diluncurkan; satu untuk Android Wear, satu untuk Apple Watch, dan satu lagi untuk keduanya. Bonus: sebagai pemilik Wunderlist, Microsoft turut menghadirkan aplikasi to-do-list tersebut untuk Apple Watch.

Aplikasi yang pertama adalah OneNote untuk Android Wear. Menggunakan OneNote, pengguna smartwatch Android Wear bisa membuat catatan via perintah suara. Untuk mengaktifkan fitur dictation ini, pengguna hanya perlu menyebutkan “Ok Google, take a note,” seperti ketika hendak mengakses fungsi lain dari smartwatch Android Wear. Tidak cuma membuat, pengguna juga bisa melihat sejumlah catatan terbaru yang mereka tulis di perangkat lain.

Info menarik: Bikin Presentasi Cantik dengan Sway, “Mainan” Baru Microsoft

Yang kedua adalah Outlook untuk Apple Watch. Salah satu kelebihannya adalah notifikasi berdasarkan fitur Focused Inbox yang dimiliki Outlook. Artinya, notifikasi yang Anda terima kemungkinan besar hanya seputar emailemail yang penting saja, sehingga konsentrasi Anda tidak mudah teralihkan. Lebih lanjut, Anda juga bisa menjadwalkan suatu email agar notifikasinya muncul nanti di saat Anda sudah bisa mengecek smartphone sembari bersantai.

microsoft-outlook-apple-watch

Aplikasi yang terakhir adalah Microsoft Translator. Microsoft Translator sendiri baru saja dirilis untuk perangkat Android dan iOS beberapa hari yang lalu. Sesuai dugaan, aplikasi ini memang bertujuan untuk menyaingi Google Translate.

microsoft-translator-apple-watch

Namun ketimbang merilis Microsoft Translator untuk smartphone saja, Microsoft juga telah menyiapkan versi smartwatch-nya. Secara total ada 50 bahasa yang bisa diterjemahkan. Tentu saja, karena didesain untuk pengguna smartwatch, aplikasi ini turut mendukung fitur dictation sehingga Anda tidak perlu repot mengetik, melainkan menggunakan perintah suara.

Selain tiga aplikasi smartwatch baru di atas, Microsoft sebenarnya juga menghadirkan update terhadap sejumlah aplikasi yang sudah tersedia. Intinya, hal ini bisa menjadi bukti bahwa Microsoft semakin ‘tidak pandang bulu’ dalam mengembangkan software berkualitas untuk kebutuhan pengguna. Apple senang, Google senang, Microsoft senang, dan yang terpenting, konsumen pun senang.

Sumber: Office Blog.

Previous Story

Game Android Terbaru 1 – 10 Agustus 2015

Next Story

Membangun Jembatan Antara Pengembang dan Pemerintah

Latest from Blog

Don't Miss

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Microsoft dan LinkedIn merilis laporan Work Trend Index 2024. Di

Hadirnya Bot AI Microsoft Copilot di Telegram dan Isu Privasi di Baliknya

Aplikasi Telegram yang dikenal dengan fitur privasi dan keamanannya telah