29 May 2020

by Glenn Kaonang

Makin Mirip Chrome, Microsoft Edge Kini Juga Dilengkapi Mini Game Endless Runner

Jauh lebih advanced ketimbang Chrome Dino, dan boleh dianggap sebagai penerus spiritual SkiFree

Salah satu game PC pertama yang saya mainkan adalah SkiFree. Game tersebut dirilis di tahun 1991. Versi Windows terbaru kala itu adalah Windows 3.0, dan Internet Explorer pun juga belum eksis.

Sekarang, Internet Explorer pada dasarnya bisa dibilang sudah punah, digantikan oleh Microsoft Edge yang jauh lebih modern sekaligus lebih mirip dengan browser nomor satu di dunia, yakni Google Chrome. Saking miripnya, Edge sekarang juga dibekali mini game ala Chrome Dino.

Bagi yang tidak tahu, Chrome Dino adalah mini game tersembunyi yang bisa diakses ketika perangkat sedang tidak tersambung ke internet, atau dengan mengetikkan "chrome://dino" di kotak URL. Sekarang, game endless runner serupa juga hadir di Edge.

Untuk memainkannya, cukup ketikkan "edge://surf" di kotak URL versi terbaru Microsoft Edge, atau dengan mengklik tombol "Launch game" saat offline. Meski terinspirasi Chrome Dino, mini game di Edge ini ternyata jauh lebih advanced, dan bisa dibilang merupakan penerus spiritual dari SkiFree itu tadi.

Tipe permainannya tetap endless runner, akan tetapi Microsoft juga menyediakan dua mode lain supaya kita tidak mudah bosan. Seperti SkiFree, game ini dapat dimainkan menggunakan keyboard atau mouse, tapi di saat yang sama juga mendukung beragam input lain mulai dari controller Xbox, PlayStation, Switch Pro, sampai Xbox Adaptive Controller.

Permainan ini awalnya bermula dari easter egg yang Microsoft siapkan untuk para beta tester Edge di bulan November 2019. Setelahnya, banyak dari mereka berharap Microsoft bisa mengubahnya menjadi game permanen yang dapat dimainkan secara offline di Microsoft Edge. Beberapa bulan berselang, permintaan mereka pun akhirnya terkabulkan.

Sumber: Microsoft.