Apple Umumkan Metal 3 API Untuk Mendorong Performa Gaming Mac

Akhirnya Mac bisa buat gaming?

WWDC (Worldwide Developer Conference) merupakan acara tahunan dari Apple. Biasanya, acara ini membawakan informasi menarik tentang produk atau teknologi terbaru mereka. Dan di WWDC 2022 kali ini, Apple mengungkap suatu software yang lumayan menarik bagi para gamer. Pasalnya, software ini diklaim dapat meningkatkan performa gaming di MacBook.

Perangkat lunak itu bernama Metal 3 API (application programming interface) -- framework grafis terbaru dari Apple. Metal3 membawa fitur-fitur baru yang memungkinkan pengembang game untuk memanfaatkan potensi penuh dari chip Apple. Salah satunya adalah fitur upscaling yang dinamakan MetalFX.

Image Credit: Apple

Identik dengan teknologi upscaling lain, MetalFX bekerja dengan me-render grafis beresolusi rendah dengan cepat lalu mengaplikasikan upscaling spatial dan temporal anti-aliasing untuk meningkatkan kualitas grafisnya. Dengan ini, MetalFX diklaim dapat memberikan performa lebih cepat dan membuat game terasa lebih responsif, tanpa mengorbankan keindahan grafis. MetalFX ini nantinya akan bersaing dengan teknologi upscaling lain di pasaran seperti NVIDIA DLSS dan AMD FSR/RSR.

Selain MetalFX, Apple juga menyematkan Fast Resource Loading API yang dapat menyediakan jalur yang lebih cepat dari penyimpanan ke GPU. Ini memungkinkan pengaksesan tekstur dan geometri yang diperlukan oleh game menjadi lebih mudah dan cepat. Hasilnya, waktu loading yang diperlukan oleh game-game akan lebih sedikit. Bagi Anda yang ingin membaca fitur-fitur Metal 3 lebih lengkap, Anda dapat melihatnya di sini.

Image Credit: Apple
- Capcom

Untuk merasakan Metal 3 API secara langsung, Apple dan Capcom akan membawakan game Resident Evil Village ke Mac. Seri ke-8 dari Resident Evil ini juga akan menjadi game pertama yang memanfaatkan fitur-fitur dari Metal3. Setelah RE: Village, No Man's Sky juga akan hadir tahun ini di Mac dan ikut memakai fitur Metal3.

Sayangnya, sampai artikel ini dibuat, belum ada informasi tambahan mengenai tanggal rilis resmi kedua game tersebut di MacOS. Namun, Apple memastikan bahwa RE: Village dan No Man's Sky bakal dapat dimainkan di Mac pada akhir tahun 2022 ini.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)

Melengkapi esensi gaming di Mac, Game Center dikabarkan juga akan mendapat sedikit peningkatan. Nantinya, Anda dapat menggunakan profile Game Center Anda untuk mencari teman 'mabar' dan melihat aktivitas teman-teman Anda (kurang lebih identik dengan Steam). Selain itu, fitur Share Play baru di Game Center dapat memudahkan Anda untuk bermain bersama teman. Fitur Game Center baru ini akan hadir di iOS 16 dan MacOS pada akhir tahun 2022.

Berbicara tentang iOS 16, Apple juga mengungkap semua fitur-fitur yang akan hadir di OS mobile terbaru mereka itu. Bahkan, ada satu fitur yang memungkinkan Anda untuk berhutang ke Apple... Menarik bukan? Lebih lengkapnya, Anda dapat melihatnya di sini.