Esports Ecosystem

EVOS Esports Raup Rp150 juta Lewat Penjualan Merchandise di M1 dan MPL ID S4

16 Nov 2019 | Yabes Elia
Merchandise tersebut meliputi produk apparel, seperti kaos, jaket, ataupun jersey.

M1 World Championship 2019 yang merupakan kejuaraan dunia untuk Mobile Legends: Bang Bang sedang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur Malaysia (11-17 November 2019).

Pada babak Playoffs yang terbuka untuk umum, di stadion yang mampu menampung sekitar 16000 orang ini, EVOS Esports pun menggelar booth untuk menjual berbagai merchandise mereka; mulai dari kaos, jaket, jersey, ataupun produk apparel lainnya. Sebelumnya, EVOS juga menggelar booth penjualan merchandise saat Playoffs MPL ID S4 (26-27 Oktober 2019) yang digelar di Tennis Indoor Stadium Gelora Bung Karno. Menurut penuturan Yansen Wijaya, Merchandise Manager EVOS, mereka berhasil meraup pendapatan Rp150 juta dari penjualan merchandise di kedua event besar tadi.

Menariknya lagi, angka pendapatan tersebut harusnya bisa lebih besar. “Item-nya sold out semua di 2 event tadi (MPL ID S4 dan M1). Kalau engga kehabisan, mungkin bisa sampai Rp200 juta.” Ujar Yansen saat kami berbicang di depan hotel PARKROYAL Kuala Lumpur.

Mungkin memang faktanya, EVOS adalah salah satu organisasi esports dengan jumlah fans terbanyak di Indonesia, apalagi tim MLBB-nya. Namun ternyata, selain jumlahnya yang besar, loyalitas fans mereka pun layak diacungi jempol. Hal ini juga menarik mengingat penonton esports kita masih sedikit enggan membayar jika ‘hanya’ menonton saja. Meski begitu, mereka malah mau membeli merchandise yang harganya lebih mahal dari tiket — mengingat harga tiket esports di Indonesia untuk turnamen MLBB memang belum ada yang seharga kaos.

Di sisi lainnya, pendapatan mereka yang juga besar di Malaysia bisa berarti 2 hal. Pertama, karena EVOS juga mengikuti MPL MY/SG, bisa saja para pembeli merchandise di sini juga memberikan dukungan ke tim tersebut. Namun demikian, ada kemungkinan bahwa tim EVOS Esports dari Indonesia, yang berisikan Oura, Donkey, Rekt, dan kawan-kawannya, punya fans yang tidak sedikit juga di Negeri Jiran.

Satu hal yang pasti, sumber pendapatan dari merchandise ternyata memang menarik untuk ditekuni oleh organisasi esports. EVOS sendiri memang bisa dibilang organisasi esports yang paling fokus menggarap lini merchandise mereka. Sebelumnya, 9 Agustus 2019, EVOS bahkan sudah membuka flagship store pertama mereka Mall One Belpark, Jakarta Selatan.