Gadget News
for SEO
Gadget News

Menyasar 3 segmen berbeda, Lenovo Hadirkan Legion 5i dan Legion 5i Pro yang Sudah Menggunakan Intel Core generasi 12 

29 April 2022Wiku Baskoro

Selain Legion 5i dan Legion 5i Pro diperkenalkan pula IdeaPad Gaming 3i, dan Desktop PC Legion Tower 7i dan Tower 5i

Lenovo menghadirkan jajaran laptop terbaru mereka di Indonesia yang diarahkan untuk 3 segmen berbeda yaitu gaming,content creator, dan para profesional. Laptop gaming yang dihadirkan Lenovo antara lain Legion 5i dan Legion 5i Pro. Tidak hanya itu tersedia pula IdeaPad Gaming 3i, dan Desktop PC Legion Tower 7i dan Tower 5i. Semua jajaran laptop ini dihadirkan dengan prosesor Intel generasi 12.

Sudah jadi rahasia umum jika sebuah laptop diperkenalkan sebagai laptop gaming maka ada keharusan tidak tertulis kalau spesifikasi dan kemampuannya harus tinggi. Demikian juga dengan seri Legion terbaru Lenovo ini, ghadir dengan embel-embel laptop gaming dengan spesifikasi dan fitur yang tinggi.

Sebagai laptop gaming, perangkat ini juga akan lebih mudah untuk masuk segmen lain, karena performa dan spesifikasinya dibuat cukup tinggi maka segmen content creator yang membutuhkan perangkat untuk berkreasi termasuk edit video bisa dijalankan. Untuk para profesional termasuk misalnya artist atau art creator, juga bisa menggunakan latop gaming dalam berkarya.

Beberapa keunggulan yang dibawa jajaran laptop Lenovo secara general antara lain adalah, yang pertama tentu saja yang pertama adalah penggunaan prosesor Core generasi 12 seri H dari Intel yang punya inti hingga 14 Core (6 P-Core dan 8 E-Core) serta 20 Thread dengan frekuensi hingga 5GHz.

Adanya dukungan DDR5, Thunderbolt 4, dan Wi-Fi 6, chipset terbaru generasi terbaru menghadirkan konektivitas paling mutakhir. Legion 5i Pro dan Legion 5i juga support memori DDR5 4800MHz dengan bandwidth lebih tinggi serta penyimpanan data SSD PCIe Gen 4 yang baru.

Dalam keterangannya Lenovo juga menjelaskan tentang design prosesor hybrid yang memungkinkan kombinasi Performance Core (P-Core) dan Efficient Core (E-Core) untuk performa PC yang lebih baik. Ada peningkatan kecepatan single thread workload 10- 20% versus generasi sebelumnya dan kolaborasi kinerja P-Core dan E-Core akan memberikan peningkatan kinerja untuk multithread workload 30-40% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Fitur lain adalah yang berhubungan dengan sistem panas, laptop Legion terbaru terintegrasi Coldfront 4.0 yang telah diperbaharui untuk menghasilkan distribusi panas yang lebih baik serta juga mendukung TDP sistem yang lebih tinggi. Fitur ini memungkinkan laptop digunakan dalam waktu berjam-jam untuk komputasi kerja berat.

Fitur AI juga disertakan dengan  Lenovo Legion AI Engine yang lebih baru kombinasi antara  hardware, software, firmware, dan driver terbaik di kelasnya. Kombinasi ini dihadirkan untuk  membantu overclock kinerja PC dengan berbagi Thermal Design Power (TDP) antara CPU dan GPU untuk kegiatan komputasi berat.

Untuk fitur lainnya yang sudah ada di seri sebelumnya namun ditingkatkan antara lain adalah Rapid Charge yang memungkinkan pengisian super cepat 30 menit sampai 80% dari 0 serta dilengkapi perlindungan masa pakai baterai yang lebih baik.

Lalu ada E-Shutter untuk privasi kamera, Legion TruStrike yang berhubungan dengan kenyamanan dan fungsi keyboard sperti akutasi tombol baik, 100% anti-ghosting, numpad penuh dan 4 zona lampu latar RGB.

Kemudian ada pula fitur terkait gaming seperti Lenovo Vantage untuk frame rate tinggi dan mengurangi lag serta Intelegent Mode untuk deteksi mode game agar bisa diterapkan pengaturan yang paling ideal.

Lenovo juga tidak lupa menyertakan Legion Ultimate Support selama 3 tahun untuk pelanggan yang bisa memberikan rasa aman dalam penggunaan.

Untuk fitur unggulan masing-masing perangkat berikut rangkumannya seperti yang dikutip dari rilis:

Legion 5i Pro

Layar 16-inci pertama dengan layar WQHD+ lalu refresh rate 165Hz untuk para gamers dan akurasi warna 100% sRGB serta X-Rite Pantone untuk para content creator.

Laptop ini juga mendapatkan “Gold Label” untuk TÜV Rheinland High Gaming Performance (mengurangi efek negatif pancaran sinar biru dari peningkatan waktu penggunaan layar).

Dolby Vision untuk kualitas gambar yang baik saat bermain game atau menikmati konten. Untuk para gamers ada NVIDIA G-SYNC yang mengurangi screen tearing.

Spesifikasi yang berhubungan dengan prosesor dan perfoma antara lain tersedia pilihan sampai dengan Intel Core™ i7-12900H Gen-12 lalu GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 3070Ti.

Legion Coldfront 4.0 dan webcam E-Shutter tersedia pula di laptop ini dan untuk pengguna yang mencari fitur audio ada Nahimic Audio untuk pengaturan dan efek suara kelas-profesional lewat 10-band equalizer yang presisi.

Legion 5i Pro tesedia dengan harga mulai dari Rp29.999.000 lengkap dengan Microsoft Office Home & Student 2019, 3 tahun garansi Legion Ultimate Support, dan Accidental Damage Protection. Untuk warna ada Storm Grey dan Glacier White dari Legion 5i Pro dengan corak Stingray White.

Legion 5i Pro

Legion 5i

Prosesor Intel Core i7-12700H Gen 12. GPU laptop tersedia hingga NVIDIA GeForce RTX 3070Ti, dan TGP hingga 150W dan Boost Clock hingga 1485Mhz.

Layar 15,6” resolusi hingga WQHD dan refresh rate hingga 165Hz serta response time 3ms. Legion Coldfront 4.0 yang telah ditingkatkan dan visual spektrum penuh dengan Dolby Vision.

Untuk keyboard ada Legion TrueStrike Keyboard dan yang berhubungan dengan audio ada 2 x 2W speaker stereo dari Nahimic 3d Audio. Warna Lenovo Legion 5i di Indonesia adalah warna Storm Grey dan Cloud Grey.

Legion 5i dijual denga harga mulai dari Rp 20.999.000,00, akan tersedia Juni 2022. Fasilitas lain adalah Microsoft Office Home & Student 2019, 3 tahun garansi Legion Ultimate Support, dan Accidental Damage Protection.

Legion 5i

IdePad Gaming 3i

Laptop adalal laptop gaming yang menyasar segmen lebih bawah (murah) dari Legion 5i. Meski beberapa spesifikasi mirip atau sama dengan laptop kelas atas namun ada yang berbeda, salah satunya adalah GPU.

Refresh rate IdeaPad Gaming 3i tersedia hingga 165Hz dengan layar 15.6 inci dengan gamut warna sRGB 100 persen dan 300 nits kecerahan. Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 Prosesor i7 H-series dan grafis yang tersedia hingga RTX3050Ti dengan TGP 85 Watt atau tersedia juga pilihan Intel Arc™ Graphics tergantung varian.

Untuk memori DDR4 3200Mhz serta storage SSD PCIE Gen 4. Sedangkan untuk konektifitas hadir Intel WIFI 6 AX dan Intel Thunder bolt 4.0. Warna desain sasis laptop ini, termasuk Onyx Grey dan Glacier White.

Salah satu permasalah dari laptop gaming adalah panas, IdeaPad Gaming 3i menghadirkan teknologi termal quad vent yang cerdas untuk kinerja pendinginan yang lebih tenang dan efisien. Sedangkan untuk ventilasi ditingkatkan sampai 15% persen lebih baik dari generasi sebelumnya. Warna desain sasis laptop ini, termasuk Onyx Grey dan Glacier White.

IdeaPad Gaming 3i akan hadir mulai Juni 2022. Laptop ini sudah lengkap dengan Microsoft Office Home & Student 2019, 2 tahun garansi Premium Care, dan 2 tahun Accidental Damage Protection.


Legion Tower 5i dan Legion Tower 7i

Prosesor desktop untuk Lenovo Legion Tower 5i adalah Intel Core Generasi ke-12 Prosesor i7 H-series sedangkan Intel Core Generasi ke-12 Prosesor i9 Legion Tower 7i. Dipasangkan dengan hingga NVIDIA GeForce RTX 3070 untuk Lenovo Legion Tower 5i dan hingga NVIDIA GeForce RTX 3080Ti untuk Legion Tower 7i dengan framerate pada resolusi lebih dari 4K.

Konektivitas Wi-Fi 6 dengan penyimpanan 512GB PCIe SSD serta memori 2×8 GB untuk Legion Tower 5i dan 2TB PCIe SSD dan memori hingga 2×16 GB untuk Legion Tower 7i.

Legion Tower 5i sudah dijual mulai dari Rp 29.999.000 sedangkan Legion Tower 7i akan hadir kuartal depan dengan harga mulai dari Rp 42.999.000, keduanya yang sudah lengkap dengan Microsoft Office Home dan Student 2019 + 3 tahun garansi Legion Ultimate Support.

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV