Mengenal OPPO A55, Perangkat Entry Level dengan Fitur dan Desain Menarik

Isi kotak OPPO A55 serta bahasan tentang desain yang stylish, baterai 5000mAh, serta kamera AI 50MP

OPPO A55 hadir melengkapi jajaran seri A terbaru OPPO di tahun 2022. Setelah sebelumnya ada OPPO A76 serta OPPO A16e yang telah diperkenalkan untuk konsumen umum. OPPO A55 adalah perangkat entry level untuk kelas menengah di kisaran 2.7 juta yang membawa fitur-fitur menarik. Apa saja, yuk kita simak openbox OPPO A55 berikut ini. 

Isi dalam kotak OPPO A55

Untuk awal, kita bahas dulu tentang openbox dan isi kotak apa aja yang akan didapatkan oleh konsumen ketika membeli OPPO A55. Cukup lengkap yang didapatkan oleh konsumen dari kotak pembelian A55. Ada kepala charger dan kabel, casing standar, perangkat itu sendiri, sim card ejector dan tentu saja manual ‘book’. Tidak ada earphone dalam kotak pembelian perangkat OPPO A55. 

Kehadiran casing standar dalam kotak cukup memberikan fasilitas tersendiri karena layout kamera A16e ini agak cukup unik. Jadi casing bawaannya ada layout yang tidak sama dengan berapa casing OPPO seri A lainnya. Anda tidak perlu membeli casing tambahan karena OPPO telah menyediakannya langsung dari boks. 

Kepala charger beserta kabel usb type C juga disediakan, ini juga penting karena OPPO menghadirkan pengisian daya cepat 18W langsung dalam kotak. Anda bisa langsung menikmati pengisian daya cepat untuk baterai perangkat yang sudah cukup besar. 

Desain dan kelengkapan fitur 

Untuk desain yang dihadirkan perangkat ini cukup sederhana tetapi elegan. Tampilan rounded memberikan kesan tipis padahal sejatinya perangkat ini cukup tebal karena membawa baterai cukup besar, yaitu 5000mAh. 

Sebagai perangkat entry level untuk kelas menengah, pilihan warnanya juga cukup aman tetapi tetap menarik. Unit yang saya pakai berwarna Biru Pelangi, yaitu warna biru yang hadir dengan gradasi serta efek polish yang jika terkena cahaya memberikan efek warna seperti pelangi. 

Desain yang paling menarik bagi saya adalah di layout kamera. OPPO A55 hadir dengan layout kamera yang cukup modern dan kekinian. Kotak persegi panjang, dengan layout kamera berjajar ke bawah di sisi satu dan sisi lain ada lampu flash serta teks keterangan 50MP triple camera. Dengan tampilan ini, memberikan kesan kamera yang cukup tangguh untuk kelasnya. 

Untuk pengalaman genggam, perangkat ini memang cukup berat karena baterainya yang besar serta bahan metal di bagian pinggir perangkat, namun seperti yang saya katakan di atas, rounded desain dari pinggiran dan bagian belakang perangkat memberikan kesan tipis yang menambah nyaman ketika menggenggam perangkat ini. 

Untuk finger print hadir di bagian kanan dengan button khusus alias bukan di layar. Bagian bawah terdapat jack atau fasilitas colokan yang cukup lengkap. Colokan usb type c untuk mengisi daya dan colokan jack audio. Bagian bawah lainnya adalah speaker yang kualitasnya cukup untuk segmennya. 

Berpindah ke tampilan layar depan, perangkat ini hadir dengan layar 6.51 inci dengan kamera depan desain punch hole. Jadi area layar cukup lebar dan bisa lebih nyaman dalam menjelajah konten baik media sosial, video, hiburan atau untuk menunjang pekerjaan. Kualitas gambar kualitas gambar 1600 x 720 HD+ dan 60Hz refresh rate dengan fitur khas OPPO agar lebih nyaman dalam menikmati konten seperti Eye Comfort atau Dark Mode. 

OPPO A55 juga telah dilengkapi sertifikat IPX4 yang tahan akan percikan air. Perangkat ini juga telah melalui serangkaian uji untuk ketahanan perangkat seperti tes jatuh, ketahanan suhu, sinyal dan berbagai uji lainnya. 

OPPO A55  hadir dengan prosesor MediaTek Helio G35 dan dilengkapi RAM 4GB serta 64GB ROM, yang bisa diperluas sampai dengan 256GB dengan microSD. 

Nah untuk sisi kamera, perangkat ini cukup mumpuni di kelasnya. Ada kamera pintar 50MP yang hadir di perangkat ini. OPPO menggunakan AI untuk memperoleh angka ini, karena perangkat ini sebenarnya membawa hasil kamera utama secara deafult adalah 12.5MP tetapi dengan teknologi yang ada OPPO menggunakan teknologi pixel binning (menggabungkan 4 piksel menjadi satu). 

Dalam aplikasi kamera di perangkat, pengguna juga bisa mengubah pengaturan kamera default menjadi kamera dengan hasil foto 50MP.

Sedangkan spesifikasi lengkap kamera antara lain, kamera utama AI 50MP, 2MP bokeh camera dan 2MP macro camera, sedangkan bagian depan ada 16MP selfie camera

Spesifikasi lengkap OPPO A55

Untuk spesifikasi lengkap sendiri adalah sebagai berikut:

Prosesor MediaTek Helio G35

Kamera Depan 16MP AI Selfie Camera

Kamera Utama True 50MP AI Camera 2MP Bokeh Camera 2MP Macro Camera

Pilihan Warna Rainbow Blue, Starry Black

Ketebalan Sekitar 8.4 mm

Berat Sekitar 193 gram

Material Penutup Belakang OPPO Glow (Starry Black)

Layar 6.51“LCD Screen 60 Hz Refresh Rate, 1600 x 720 HD+, 89.2% Screen- to-body ratio

Sidik Jari Side Fingerprint Unlock

Baterai 5000mAh, 18Watt Flash Charging

RAM & ROM Penyimpanan 4GB RAM 64GB ROM Expandable Up To 256GB

Sertifikasi IPX4 Splash - Waterproof

Sistem Operasi ColorOS 11.1

Harga Rp. 2.699.000

Fitur foto dan fitur tambahan lain 

Sebagai fitur tambahan untuk foto selain yang disebutkan di atas adalah Fitur Night Plus yang menyediakan berbagai filter untuk hasil foto malam yang lebih seru. Lalu ada Kamera bokeh yang merupakan gabungan antara perangkat keras dan perangkat lunak OPPO. Untuk selfie ada kamera 16MP yang telah dilengkapi AI. Dan terakhir ada pencahayaan 360 derajat untuk foto selfie. 

Lalu untuk fitur menarik lain seperti adanya 3 slot kartu (dual SIM dan MicroSD). Kemudian OPPO A55 juga memiliki system booster untuk membantu performa serta ada pula Link Boost yang memungkinkan pengguna untuk menjelajah internet dengan latensi rendah sehingga bisa lebih cepat. 

Untuk antarmuka ada terjemahan tiga jari dengan Google Lens, Flex Drop untuk menyimpan aplikasi Anda di jendela kecil saat multitasking. 

Demikian artikel openbox atas perangkat OPPO A55. Dengan harga jual Rp2.699.000 serta berbagai fitur yang telah disebutkan di atas, OPPO A55 menjadi pelengkap jajaran perangkat OPPO di seri A. Ada entry level dengan OPPO A16e, lalu ada entry level untuk kelas menengah di OPPO A55 dan untuk kelas menengah ada OPPO A76. Dengan pilihan yang cukup luas ini konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan mereka.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.