Gadget News
for SEO
Gadget News

Mencoba Tab S8 Ultra 5G untuk Kegiatan Gaming

12 May 2022Wiku Baskoro

Kualitas layar dan spesifikasi paling mumpuni, Tab S8 Ultra 5G jadi perangkat menyenangkan untuk bermain game

Salah satu tablet dengan spesifikasi tertinggi dari Samsung telah tersedia di pasaran. Galaxy Tab S8 Ultra 5G adalah versi Tab S8 dari Samsung yang paling atas. Baik dari sisi spesifikasi, ukuran layar maupun harga.

Samsung Tab S8 Ultra 5G

Tidak hanya nyaman untuk penggunaan produktivitas atau hiburan seperti menonton video tetapi Tab S8 Ultra 5G juga menyenangkan untuk bermain game. Layarnya yang lebar dengan kualitas tinggi, speaker 4 buah yang memberikan pengalaman lengkap ketika bermain tanpa Galaxy Buds, sampai dengan dukungan kemampuan prosesor sebagai tenaga utama di perangkat tablet ini.

Beberapa spesifikasi unggulan yang melekat pada perangkat ini yang berguna untuk mendukung performa dalam bermain game antara lain: 

Prosesor di tablet ini adalah kelas atas yaitu Snapdragon 8 gen 1. Prosesor flagship premium ini menjadi pilihan beberapa perangkat flagship kelas atas. Ini merupakan chipset 4nm pertama dari Qualcomm dan menggunakan arsitektur ARMv9 terbaru dari ARM. Prosesor ini diklaim punya kinerja hingga 20% lebih cepat dan efisiensi daya 30% lebih baik daripada yang ada di Snapdragon 888. BPU Adreno baru pada Snapdragon 8 Gen 1 menjanjikan peningkatan kinerja hingga 30% dan efisiensi daya 25% lebih baik. 

Di sektor layar, perangkat ini menghadirkan spesifikasi yang memanjakan mata. Mulai dari ukuran layar 14,6 inci yang adalah paling besar dari dua versi Galaxy Tab S8 lainnya. Lalu resolusi yang dihadirkan 2960 x 1848 (WQXGA+) dengan teknologi Super AMOLED dan kedalaman warna 16M. Dan fitur yang tidak boleh ketinggalan untuk perangkat flasghip adalah refresh rate 120Hz. 

Spesifikasi lain yang bisa mendukung kegiatan gaming adalah ukuran RAM 12GB dan ROM 256GB, dukungan eksternal MicroSD sampai 1 TB. Dukungan 5G untuk kecepatan internet baik untuk download atau bermain game online. Baterai 11.200mAh yang telah mendukung pengisian daya cepat sampai 45W. 

Dukungan lain yang menambah nyaman bermain game adalah hadirnya quad stereo speaker dengan sound by AKG dan Dolby Atmos. Untuk keamanan perangkat, casing armor aluminum bisa menjaga tablet ini dari benturan dan kondisi jatuh tidak sengaja. Semua ini hadir dengan ketipisan dan beban perangkat yang tetap bisa dijaga tetap ringan dan tipis. 

Dengan ukuran yang cukup lebar, memang perangkat ini tidak cocok untuk beberapa game karena akan cukup kesulitan untuk menahannya dengan kedua tangan. Tetapi dengan beban perangkat yang cukup ringan untuk ukuran tablet 14 inci, Tab S8 Ultra 5G ini tetap bisa cukup nyaman digunakan bermain game seperti FPS. Tinggal diatur saja button aksi agak ke pinggir agar bisa terjangkau (meski bisa jadi ada beberapa tombol aksi yang tetap cukup jauh untuk dijangkau). Atau bisa juga dengan meletakkan tablet di meja dan Anda bernavigasi menggunakan jari tanpa menggenggam tablet. 

Namun bukan berarti perangkat ini tidak seru jika digunakan untuk bermain game. Game balap mobil cukup menarik untuk menggunakan tablet karena pandangan ketika balap akan lebih luas. Atau Anda juga bisa mengatur kemudi tanpa button jadi seolah-olah sedang memegang kemudi betulan. 

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Game lain seperti strategi, card game, atau game-game story based akan cukup nyaman dimainkan dengan tablet ini. Kualitas layar yang menakjubkan serta dukungan refresh rate tinggi adalah beberapa kenyamanan yang bisa dinikmati. Belum lagi dari sisi suara, jika Anda tidak menggunakan earphone, akan bisa menikmati suara yang seru karena speaker hadir dari 4 sisi yang berbeda. 

Beberapa game yang saya coba seperti game balap Formula 1, game story based karya developer game Indonesia seperti When the Past Around atau bahkan Apex Legend bisa dimainkan dengan seru. Khusus untuk Apex Legends tablet ini sebenarnya sangat menyenangkan untuk memainkannya, minus kesulitan dalam menggenggam karena bentuknya tablet ukuran besar. Namun kualitas layar yang ada benar-benar memanjakan mata karena Apex Legends juga menghadirkan warna-warna yang seru dalam permainan mereka. 

Skenario lain tentu saja menggunakan stick yang bisa terkoneksi bluetooth dan memainkan game yang memang mendukung penggunaan stick console atau third party game stick

Tablet memang biasanya ditujukan untuk produktivitas, tetapi dengan spesifikasi tinggi yang dibawa Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G, menjadikan tabet ini juga akan mumpuni untuk bermain game. Mulai dari dukungan layar sampai dengan sound dan tentu saja prosesor yang powerfull akan memberikan pengalaman game yang menyenangkan. 

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G telah bisa didapatkan konsumen tanah air lewat situs resmi atau toko retail Samsung terdekat. 

Disclosure: Artikel ini didukung oleh Samsung. 

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV