5 Fitur Utama Galaxy Tab S8 Ultra 5G, Tablet Premium Terbaik Samsung Saat Ini

Galaxy Tab S8 Ultra 5G menjadi tablet terbesar yang pernah dibuat oleh Samsung dan dapat digunakan sebagai pengganti laptop

Seperti halnya Samsung Galaxy S22 Series, tablet flagship terbaru Samsung yakni Galaxy Tab S8 Series 5G juga tersedia dalam tiga model. Mencakup Galaxy Tab S8 dengan layar 11 inci, Tab S8+ berlayar 12,4 inci, dan tahun ini untuk pertama kalinya Samsung menghadirkan Galaxy Tab S8 Ultra 5G yang menyuguhkan layar mencapai 14,6 inci.

Ya, ukuran layar Galaxy Tab S8 5G versi Ultra ini sangat lapang menyamai laptop 14 inci. Walau begitu, sebagai tablet, dimensi perangkat ini jauh lebih ringkas yaitu 326,4x208,6 mm dengan ketebalan hanya 5,5 mm, dan bobot di angka 728 gram saja. Dijual dengan harga Rp19.999.000, berikut lima fitur unggulan utama Galaxy Tab S8 Ultra, tablet premium terbaik dari Samsung saat ini:

1. Galaxy Tab S Berlayar Terbesar Hingga Saat Ini

Galaxy Tab S8 Ultra 5G merupakan tablet Galaxy Tab S dengan layar terbesar yang pernah dibuat oleh Samsung. Tablet ini mengusung panel Super AMOLED dengan refresh rate 120 Hz, membentang luas 14,6 inci ditopang resolusi 2960×1848 piksel dalam aspek rasio 16:10.

Rasio layar tersebut juga kerap dipakai pada laptop kekinian dan memberikan kenyamanan penggunaan yang lebih baik dalam posisi landscape. Layarnya sedikit lebih tinggi daripada rasio 16:9 sehingga dapat memuat lebih banyak konten, sangat baik untuk menunjang produktivitas dan sekaligus menikmati hiburan.

2. Pengalaman Layaknya PC

Dengan aksesoris Book Cover Keyboard, Anda dapat menggunakan tablet ini sebagai pengganti laptop. Hadir dengan trackpad berukuran lebih besar dan backlit yang bisa disesuaikan membuat aktivitas mengetik dan mengerjakan banyak project di Galaxy Tab S8 Ultra 5G menjadi lebih nyaman.

Tentu saja, pengalaman layaknya menggunakan laptop didapat berkat dukungan Samsung DeX yang telah ditingkatkan untuk mengubah mode tablet di Galaxy Tab S8 Ultra 5G menjadi mode desktop. Anda dapat menampilkan window aplikasi secara transparan dan membuka hingga empat aplikasi secara bersamaan, melakukan mirroring DeX ketika ingin membagikan layar tablet ke layar eksternal, hingga mengubah tablet menjadi monitor portable kedua.

3. Pengalaman Video Conference dengan Auto-framing

Galaxy Tab S8 Ultra 5G menawarkan pengalaman video conference yang ditingkatkan. Samsung membekali tablet ini dengan dua unit kamera depan, 12 MP f/2.2 dengan lensa wide 26 mm dan 12 MP f/2.4 dengan ultrawide 120 derajat, yang mendukung hingga kualitas 4K dan teknologi auto-framing yang cerdas yang secara otomatis membuat Anda tetap ada di tengah fokus kamera selama video call berlangsung.

Agar komunikasi selama panggilan video efektif, Samsung menyematkan tiga mikrofon dengan teknologi advanced noise reduction untuk mengurangi kebisingan di latar belakang. Sementara, quad stereo speaker dengan sound by AKG dan Dolby Atmos memastikan obrolan lawan bicara terdengar jelas.

4. S Pen dengan Latensi Rendah

Dalam paket penjualannya, Galaxy Tab S8 Ultra 5G juga sudah dibekali S Pen yang memperkaya pengalaman pengguna dan membuat aktivitas bekerja maupun pembuatan konten semakin produktif. S Pen bisa ditempelkan di bingkai atas saat tablet diposisikan horizontal.

Khusus Galaxy Tab S8 Ultra 5G, Samsung membekali S Pen baru dengan latensi serendah 2.8 ms, yang menghadirkan pengalaman menulis dan menggambar yang semakin alami. Kehadiran S Pen sangat memudahkan pengeditan foto, pengeditan video menggunakan LumaFusion, serta dapat menggambar dan melukis memakai Clip Studio Paint.

5. Performa Gahar

Terakhir tetapi tak kalah penting, Galaxy Tab S8 Ultra 5G memiliki performa yang sangat gahar dengan Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan chipset paling powerful dari Qualcomm, berpadu RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB. SoC tersebut dibuat dengan fabrikasi 4 nm dan menghadirkan koneksi cepat 5G.

Selain sangat optimal untuk menunjang pekerjaan, Galaxy Tab S8 Ultra 5G juga sekaligus merupakan mesin gaming yang dapat menangani berbagai game dengan grafis intensif. Dan dukungan kapasitas baterai 11.200 mAh yang mampu menemani aktivitas pengguna seharian turut didukung pengisian cepat 45W Super Fast Charger.

Disclosure: Artikel ini didukung oleh Samsung.