22 July 2022

by Lukman Azis

Menanti Samsung Galaxy Z Flip4 5G, Rilis 10 Agustus Mendatang

Pada acara Galaxy Unpacked berikut di tanggal 10 Agustus, Samsung akan memperkenalkan penerus Galaxy Z Flip3 5G

Sebagai pionir, Samsung juga memimpin pasar kategori smartphone foldable atau ponsel pintar berlayar lipat dengan Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu berhasil menjual smartphone foldable-nya secara luas dan sejauh ini terbukti tidak ada masalah yang serius.

Dari segi volume penjualan, pangsa pasar smartphone foldable pun telah meningkat dan semakin banyak orang yang ingin menggunakannya. Menurut TM Roh, President of Samsung Mobile mengungkapkan bahwa pengiriman smartphone foldable mencapai hampir 10 juta unit pada tahun 2021.

Angka tersebut naik sekitar 300% dari tahun 2020 dan TM Roh yakin tren ini akan berlanjut di tahun-tahun mendatang. Sebagai perbandingan, perusahaan riset IDC belum lama ini menerbitkan laporan yang memperkirakan total pengiriman smartphone foldable mencapai 7,1 juta unit untuk tahun 2021.

TM Roh menyebutkan bahwa 70% pengguna ponsel lipat Samsung tahun lalu memilih Galaxy Z Flip3 5G yang sejauh ini merupakan smartphone foldable paling populer dari Samsung. Perangkat ini punya layar yang dapat dilipat secara horizontal seperti ponsel clamshell zaman dulu, sedangkan untuk Galaxy Z Fold3 5G dilipat secara vertikal yang menawarkan layar seluas tablet saat terbuka.

Ke depannya TM Roh ingin berbagi bahwa Samsung membuat "kemajuan dalam setiap detail" dalam smartphone foldable yang akan datang yang akan debut pada 10 Agustus di acara Galaxy Unpacked berikutnya, Anda juga dapat mendaftar di tautan ini. Dalam acara ini Samsung dipastikan akan memperkenalkan penerus Galaxy Z Flip3 5G yang mungkin disebut Galaxy Z Flip 4 5G dan diharapkan dirilis bersama Galaxy Z Fold 4 5G.

Ketahanan fisik yang lebih baik dan harga yang lebih murah dari generasi sebelumnya menjadi beberapa faktor yang membuat Galaxy Z Flip3 5G begitu laris di Indonesia. Sebagai informasi, inovasi ponsel lipat ini masih bisa didapat dengan harga mulai dari Rp14.999.000 alias tidak terlalu mahal untuk kategori smartphone foldable yang futuristik.

Saya berharap Samsung dapat mempertahankan harga awal untuk Galaxy Z Flip4 5G yang sama seperti generasi sebelumnya. Di sisi performa, kemungkinan kita akan melihat chipset Snapdragon 8 atau 8+ Gen 1, sensor kamera belakang lebih besar, serta peningkatan kapasitas baterai dengan dukungan pengisian daya lebih cepat.

Sumber: GSMArena, TheVerge