25 July 2022

by Glenn Kaonang

Memprediksi Masa Depan Web3 (Bagian 3 dari 3}

Tiga wawasan tentang tren Web3 yang membentuk masa depan dari para pemimpin ekosistem Asia: Klaytn, 500 Global dan NUS Asian Institute of Digital Finance

Artikel ini merupakan artikel hasil kerja sama antara Hybrid.co.id dan Block71. Artikel diterjemahkan dari artikel asli yang bisa dibaca lewat tautan ini.

--

Sebagai bagian dari sebuah panel di Innovfest x Elevating Founders di Singapura pada bulan Juni, tiga pemimpin ekosistem di Asia berkumpul bersama untuk menyingkap revolusi Web3 yang tengah menjamur.

 

Pembicara kami adalah:

Emir Hrnjic: Direktur Akademis, UCLA-NUA EMBA | Kepala Pelatihan Fintech, NUS Business School | Asian Institute of Digital Finance, National University of Singapore

Aaron Koh: Kepala Bagian Pemasaran, Klaytn Foundation

Ee Ling: Direktur Eksekutif Global Programs, 500 Global

 

Dibawakan oleh Hussein Sulaiman, Kepala Program di BLOCK71 Indonesia, para panelis membahas tentang: apa itu Web3, 'musim dingin' pendanaan, dan potensi pengembangan masa depan di Web3 (lanjut ke bawah).

Silakan lanjut membaca untuk mendapatkan intisarinya – atau tonton langsung percakapannya secara penuh pada video di bawah!

 

 

Ee Ling, mengenai DAO berbasis tujuan dan komunitas

Proyek-proyek sebelumnya yang saya danai dan investasikan adalah proyek-proyek yang memiliki komunitas kuat yang selaras dengan saya, dan juga yang memiliki tujuan sosial.

Bagi para 'Web3 native' yang tradisional, yang hanya melihat NFT dan DAO sebagai peluang perdagangan atau aset investasi alternatif — secara umum mereka akan kurang suka dengan proyek yang bertujuan untuk amal dan kebaikan sosial.

Namun saya pikir di periode musim dingin ini, komunitas-komunitas yang tetap bersatu inilah yang masih berkembang. Jadi pada saat inilah kita mungkin melihat lebih banyak proyek dengan pertimbangan ini: apa tujuannya?

Tujuannya bisa untuk mendukung solusi-solusi yang berkaitan dengan keberlanjutan (sustainability), bisa juga untuk mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan. Ini adalah proyek yang dapat saya dukung, bahkan di musim dingin sekalipun. Karena bukan hanya saya belajar, saya tahu bahwa itu dimanfaatkan dengan baik di ruang tersebut.

Saya juga meluncurkan NFT dan DAO saya sendiri. Namanya MAD Angels — dan MAD adalah singkatan dari Make A Difference. Ini adalah akselerator milik komunitas yang memberikan bimbingan dan pendanaan kepada Gen Z, wirausahawan muda yang membangun solusi teknologi berkelanjutan. Kami melihat DAO sebagai cara untuk menyatukan komunitas ini karena secara kolektif — inilah hal utama mengenai DAO — kekuatan kolektif benar-benar dapat mendorong perbedaan yang lebih besar.

 

 

Aaron, tentang matinya hype marketing, munculnya utilitas inti

Di Klaytn, kami percaya pada nilai intrinsik dan kasus penggunaan nyata. Dan itulah mengapa kami tidak terlibat dalam hype marketing selama periode ini. Sejujurnya, saya pikir hype marketing dapat dengan mudah dicapai — baru-baru ini, ada juga semacam paparan tentang biaya dari para influencer ini.

Di luar hype, apa yang kami percayai adalah bahwa blockchain ada di sini untuk mengubah dunia. Dan bagaimana kami berencana untuk mengubah dunia adalah dengan menciptakan aksesibilitas.

Jadi — hadirin sekalian, kita berada di garis depan, puncak revolusi baru. Kapitalisasi pasar crypto sekarang hanya mencapai satu triliun dolar, dibandingkan dengan kapitalisasi pasar tradisional sebesar 100 triliun.

[Kepada para audiens], Anda telah mengambil langkah pertama untuk menjadi tertarik dan memahami lebih banyak tentang teknologi itu sendiri dan tidak hanya terlibat dalam hype marketing.

Bagi kami, kami melihat diri kami sebagai jembatan antara Web2 dan Web3 — untuk menciptakan koridor melalui perjalanan pengguna, aksesibilitas pengguna, dan kemudahan untuk masuk ke ranah Web3.

Dan saya percaya bahwa pada akhirnya, kita dapat melihat kenaikan nilai harga setelah nilai intrinsik terwujud — baik dalam ID digital atau dalam manajemen rantai pasokan, atau sesederhana ekonomi kreator bagi semua orang untuk berkreasi dan mencari nafkah.

 

 

Emir, tentang adopsi di tingkat kelembagaan

Saya berbicara tentang bagaimana Web3 itu ibarat 'Wild West', dan bagaimana hal-hal terjadi begitu cepat, dan kita tidak tahu ke mana kita akan pergi — dan kita tidak tahu apa yang tidak kita ketahui. Sekarang saya akan menyingkir sedikit dari Web3, dan kita akan berbicara tentang sesuatu yang disebabkan atau diprakarsai atau dibantu oleh Web3 — mata uang digital bank sentral.

Jadi bank sentral adalah penentang terbesar Bitcoin pada tahun 2009, dan mereka, mungkin, bahkan menentangnya dengan keras.

Dan sekarang kita telah melihat kondisinya berputar 180°, ketika 80% bank sentral dunia yang secara umum, dikenal sebagai organisasi yang sangat konservatif, sekarang justru mempertimbangkan mata uang digital bank sentral. Beberapa dari mereka telah meluncurkan proyek contoh, dan beberapa dari mereka bahkan sangat totalitas dan meluncurkan mata uang digital bank sentral mereka.

Saya cukup beruntung untuk terlibat di dua negara sebagai konsultan untuk mengerjakan hal ini, dan ini adalah penggabungan yang luar biasa dari keuangan baru, crypto, dan keuangan tradisional — dalam konteks ini, bank sentral dan kebijakan moneter.

Saya juga menjabat sebagai direktur akademic UCLA x NUS Executive MBA di NUS Business School. Dan di sana, saya banyak berbicara tentang menggabungkan keuangan tradisional dan baru. Dari perspektif tersebut, saya katakan bahwa kita semua adalah orang yang percaya — sebagian dari kita idealis, dan sebagian lain pragmatis. Saya jauh lebih condong ke sisi pragmatis.

Bank-bank ini, lembaga-lembaga keuangan ini — perusahaan-perusahaan yang ada di sana dan telah ada di sana selama beberapa dekade — beberapa di antaranya mungkin akan hilang. Namun saya pikir sebagian besar dari mereka akan bertahan dan berubah dan menemukan kembali jati diri mereka sendiri.

Jadi itu adalah sesuatu yang saya sangat-sangat nantikan pada penggabungan keuangan tradisional dan keuangan terdesentralisasi ini.


Tentang Block71

We care a lot about the why and what behind our startups, and how BLOCK71 can support communities to sustain long-term impact. This panel was held in line with the BLOCK71 Global Startup Runway programme — and our efforts to shine the spotlight on our ecosystem partners and Founders.

BLOCK71's Global Startup Runway is a year-long intensive equity-free incubation programme designed to help the most promising Founders leverage BLOCK71 and our partners' global network and expertise to take on uniquely Asian markets, and scale high-impact solutions to create value for society and industry.

Learn more at bit.ly/block71-seasia4

Applications for Cohort 4 are now open: bit.ly/block71gsr-seaapply