20 July 2022

by Glenn Kaonang

Bagaimana Web3 Dapat Berkembang Melampaui Musim Dingin Crypto? (Bagian 2 dari 3)

Apa yang dimaksud dengan musim dingin pendanaan 2022 bagi pendiri startup yang membangun untuk Web3? Cari tahu lebih lanjut dari 3 pemimpin ekosistem di Asia: Klaytn, 500 Global, dan NUS Asian Institute of Digital Finance

Artikel ini merupakan artikel hasil kerja sama antara Hybrid.co.id dan Block71. Artikel diterjemahkan dari artikel asli yang bisa dibaca lewat tautan ini.

--

Sebagai bagian dari sebuah panel di Innovfest x Elevating Founders di Singapura pada bulan Juni, tiga pemimpin ekosistem di Asia berkumpul bersama untuk menyingkap revolusi Web3 yang tengah menjamur.

 

Pembicara kami adalah:

Emir Hrnjic: Direktur Akademis, UCLA-NUA EMBA | Kepala Pelatihan Fintech, NUS Business School | Asian Institute of Digital Finance, National University of Singapore

Aaron Koh: Kepala Bagian Pemasaran, Klaytn Foundation

Ee Ling: Direktur Eksekutif Global Programs, 500 Global

 

Dibawakan oleh Hussein Sulaiman, Kepala Program di BLOCK71 Indonesia, para panelis membahas tentang: apa itu Web3, 'musim dingin' pendanaan (lanjut ke bawah), dan potensi pengembangan masa depan di Web3.

Silakan lanjut membaca untuk mendapatkan intisarinya – atau tonton langsung percakapannya secara penuh pada video di bawah!

 

Awasi wajah-wajah baru, para pengubah permainan

Ee Ling: Saya pikir itu pasti merupakan ruang yang menarik. Dari sudut pandang seorang pendiri, kami tidak pernah merasakan aliran uang yang masuk ke ekosistem sebanyak ini — baik dari segi teknologi maupun geografi. Kami mendapati uang datang dari Amerika Serikat dan Tiongkok menuju ke Asia Tenggara. Jadi saya pikir ini adalah momen yang fantastis.

Penting untuk dicatat bahwa VC pada umumnya tidak selalu bisa berinvestasi dalam bentuk crypto dan token — begitulah cara kerja struktur kemitraan terbatas kami, itu tidak akan memungkinkan kami untuk berinvestasi dalam persentase tertentu dari aset alternatif crypto, tetapi kami melihat peluangnya.

Jadi itulah kenapa Anda melihat pendanaan crypto baru yang datang berinvestasi hanya dalam hal ini. Menurut saya hal utama yang perlu diperhatikan, dan yang menarik bagi para pendiri adalah sekarang mereka menyadari bahwa — saya dapat memperoleh uang tidak hanya melalui bootstrapping dan pemodal ventura (VC), tetapi juga individu-individu yang menjadi kaya raya berkat investasinya di masa-masa awal crypto.

Saya juga bisa mendapatkan uang dari DAO investasi — ini merupakan ruang menarik lain yang akan datang.

 

Prioritaskan kekuatan koneksi & komunitas

Aaron: Saya pikir dalam konteks VC itu sendiri, sekarang ini, dalam Web3, ini bukan lagi tentang siapa yang punya uang paling banyak — tetapi siapa yang memiliki koneksi paling banyak dan apakah Anda bisa memahami teknologi di baliknya?

Punya uang saja tidak cukup. Punya ilmu dan koneksi untuk dapat menginvestasikan uang ke proyek-proyek yang akan memiliki utilitas nyata dan umur panjang.

Di Klaytn, kami punya dua divisi khusus — satu adalah yayasan, organisasi nirlaba yang memberikan hibah, dan juga VC yang bernama Krust Universe. Keduanya akan berkolaborasi demi memperluas ekosistem.

Salah satu mitra kami, Netmarble, adalah perusahaan game AAA (penerbit game blockbuster dengan anggaran tinggi). Mereka memiliki merek dan IP dari semua game mereka — tetapi mereka butuh mitra [agar bisa] masuk ke ranah Web3. Apa yang kami lakukan adalah menyuguhkan teknologi dan pengetahuan untuk menyusun tokenomics dan struktur tata kelolanya (governance).

Ini adalah [contoh] nilai intrinsik nyata yang dicari dan dituntut oleh pengguna. Namun, tahukah Anda di mana nilai ini bisa ditemukan? Saya kira ini akan menjadi pertanyaan terbuka untuk semua.

 

Kita semua masih awal. Proyek mana — dan pendiri — yang layak mendapat investasi?

Ee Ling: Apa saja yang akan saya katakan adalah pendapat pribadi saya saja, dan tidak mewakili pandangan 500 Global, dan tolong lakukan riset Anda sendiri.

Ke siapa kami berinvestasi? Kami berinvestasi pada kebutuhan pasar potensial — bahwa ada kebutuhan yang perlu diselesaikan dengan teknologi ini. Jadi validasi pasar itu penting, jadi Anda tidak membangun dan berharap mereka akan datang — alih-alih, Anda mengidentifikasi apa yang pengguna dan pelanggan butuhkan sebelum Anda membangunnya. Itu yang paling penting.

Selanjutnya, kami berinvestasi ke tim. Apakah ini tim yang tepat untuk benar-benar membangun dan menjalankan ini? Sampai batas tertentu, saya pikir proyek Web3 adalah hal yang sama [seperti Web2]:

  • Nomor satu — apakah ini sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna Anda, komunitas Anda?
  • Nomor dua — nilai seperti apa yang Anda berikan kepada komunitas Anda?
  • Dan hal yang ketiga adalah, apakah ini tim yang tepat untuk benar-benar membangun ini? Bisakah Anda memastikan bahwa apa yang Anda katakan itu akan benar-benar Anda hasilkan?

Jadi secara keseluruhan, saya akan berhenti di situ — yang benar-benar kembali ke dasar: jangan mengejar hype, semuanya kembali ke pelanggan, pengguna, konsumen sebagai inti dari semuanya.


Tentang Block71

We care a lot about the why and what behind our startups, and how BLOCK71 can support communities to sustain long-term impact. This panel was held in line with the BLOCK71 Global Startup Runway programme — and our efforts to shine the spotlight on our ecosystem partners and Founders.

BLOCK71's Global Startup Runway is a year-long intensive equity-free incubation programme designed to help the most promising Founders leverage BLOCK71 and our partners' global network and expertise to take on uniquely Asian markets, and scale high-impact solutions to create value for society and industry.

Learn more at bit.ly/block71-seasia4

Applications for Cohort 4 are now open: bit.ly/block71gsr-seaapply