Dark
Light

Membaca Website Tanpa Feeds Di Google Reader

2 mins read
January 27, 2010

googlereaderGoogle Reader, sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membaca feeds dari berbagai situs yang ada sukai, seperti blog atau webpages lain, meluncurkan fitur baru.

Jika anda menjadi pengguna setia Google Reader, tentu merasakan kegunaan aplikasi ini, setidaknya untuk melihat update apa saja yang terjadi dari berbagai blog atau webpages yang anda ikuti perkembangannya. Bagi saya sendiri, dan mungkin juga anda, Google reader sangat berguna untuk melihat up date yang terjadi di blog dan webpages yang berhubungan dengan konten news. Jika blog atau webpages yang anda ikuti cukup banyak tentu akan kerepotan jika harus membuka dan menutup satu persatu, Google reader memudahkan proses itu dan mengeliminasi beberapa tahap, sehingga membaca feeds menjadi lebih cepat.

Tapi, seperti juga yang dijelaskan di Blog resmi Google reader, tidak semua web memiliki fitur feeds, sehingga untuk situs seperti ini user tidak bisa mendapatkan update, tapi fitur baru dari Google reader kini memungkinkan itu semua. New custom feeds dari Google reader yang baru ini memungkinkan user untuk mendapatkan updates dari berbagai web, meskipun web itu tidak mempunyai fitur RSS feeds.

Jika anda menambahkan sebuah situs yang tidak memiliki fitur feeds pada Google reader anda, maka Google reader akan mendeteksi jika ada perubahan dari situs tersebut, dengan memberikan custom feeds yang bisa anda subscripton.

Seperti yang dijelaskan di blog resmi mereka, Google reader akan mengecek secara periodik update dari berbagai situs yang tidak memiliki feeds tapi anda ingin mendapatkan update dari situs tersebut. Tidak disebutkan waktu periodik seperti apa yang dilakukan oleh Google untuk mengeceknya, tapi sepertinya Google reader akan melakukan cek setiap kali ada update, yang masuk akal, karena anda hanya membutuhkan berita dari web itu ketika ada update bukan?

Salah satu contoh dari fitur baru ini, yang saya ambil dari blog Google reader, misalnya anda ingin mendapatkan info terbaru dari Google.org, maka anda cukup mengetikkan http://www.google.org/products.html di kolom add subscrition pada Google reader anda, letaknyadi pojok kiri atas, kemudian klik create feed, maka nantinya Google reader akan secara periodik mengecek situs itu untuk melihat apakah ada update terbaru atau tidak.

googlereader

Anda bisa melihat keteragan lengkap tentang fitur ini termasuk jika anda adalah pemilik situs dan tidak ingin Google reader membaca feed dari situs anda di sini.

Seperti yang di tulis oleh ReadWriteWeb, fitur ini sebenarnya bukan hal baru, situs seperti ChangeDetection.com juga mempunyai fitur sejenis yang memungkinkan user untuk mendapatkan alert jika ada perubahan tertentu dari sebuah situs yang dilengkapi dengan detailed preview tentang perubahan apa yang terjadi di situs tersebut.

Meski, sejauh ini saya menggunakan Google reader hanya untuk membaca konten, yang saya dapat dari blog atau web yang memang menyediakan fasilitas feed, tapi untuk beberapa situs, seperti situs produk tertentu, fitur ini akan sangat berguna, terutama jika situs itu tidak memiliki feed dan user memerlukan update kabar untuk mendapatkan informasi tertentu, misalnya promo produk.

Apakah anda sudah mencoba aplikasi ini? Bagaimana pendapat anda? Apakah fitur ini akan membuka jalan baru bagi teknologi feeds, atau anda punya pendapat lain, jangan lupa untuk share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

6 Comments

  1. Feature yang menarik. Saat ini saya lebih banyak menggunakan desktop app untuk feed reader, seperti Liferea atau KAggregator. Feature ini mestinya banyak membantu kalau diimplementasikan untuk desktop app, soalnya saya bukan pengguna Google Reader 🙂

  2. link dan keterangannya udah ada di bawah images screenshot contoh bro 😀
    tapi thanks untuk informasi tambahannya dan yup, saya setuju, bukan Google namanya kalo gak ngasih pilihan lengkap untuk penggunannya 😀

  3. Di satu sisi: NOISE! Kalau subscribe ke halaman yang sering diutak-atik bagaimana? Biasanya hanya update yang penting (big design change, konten) dan relevan dengan kita saja yang ingin kita tahu.

    Di sisi yang lain: ini hal yang seharusnya dimanfaatkan untuk “memonitor” *cough*spy*cough* competitor akan halaman-halaman yang crucial…… (mungkin seharusnya saya tidak membocorkan hal ini D; )

    @Yoga
    Opt out dari Google? Fishy 🙁 http://searchengineland.com/disabling-the-google-toolbar-doesnt-stop-google-from-tracking-you-34438

  4. fitur feed sangat berguna dan inovasi dari google reader yg bisa mengambil feed tanpa rss adalah langkah yg sangat bagus.jadi kita ga usah lagi mengecek website satu-persatu.ya aq harap ajah website tersebut tidak membatasi google reader utk melakukan feed seperti yg di lakukan new york times pada google reader.

    my_blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

MusicDNA: Generasi Baru Pengganti MP3

Next Story

TweetDeck Bersahabat Dengan Para Pencari Kerja

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan