Esports Ecosystem

Melon Minor Tournament, Kompetisi Perdana MOBA Besutan Pengembang Lokal

16 Jun 2020 | Akbar Priono
Diluncurkan 20 Mei 2020 kemarin, Lokapala hadirkan turnamen perdana, Melon Minor Tourament. Akankah kompetisi dapat menarik minat gamers terhadap Lokapala?

Tanggal 20 Mei 2020 kemarin, Lokapala akhirnya resmi diluncurkan secara terbuka kepada komunitas gamers di Indonesia. Walau demikian, game ini sendiri sebenarnya sudah dapat diakses oleh para pemain sejak Februari 2020 kemarin. Namun, ketika itu Lokapala masih memiliki banyak sekali keterbatasan, yang membuat game terbilang belum siap untuk digunakan berkompetisi.

Kini setelah peluncuran, dan berbagai perbaikan yang dilakukan, Lokapala segera menampilkan sebuah kompetisi untuk menarik antusiasme penggemar genre MOBA di Indonesia dalam kompetisi yang bertajuk Melon Minor Tournament. Memperebutkan total hadiah sebesar 25 juta Rupiah, Melon Minor Tournament akan diselenggarakan sebanyak dua musim selama bulan Juni dan Juli 2020 ini.

Untuk musim pertama, fase registrasi sudah dibuka sejak tanggal 8 Juni 2020 kemarin hingga 22 Juni 2020 mendatang, dengan jadwal pertandingan dilakukan pada 26 – 28 Juni 2020 mendatang. Sementara itu, pendaftaran musim kedua dimulai pada 6 – 20 Juli 2020 mendatang, dengan jadwal bertanding pada 24 – 26 Juli 2020 mendatang.

Pada saat perilisan, Anantarupa yang merupakan pengembang Lokapala memang cukup ambisius untuk dapat memenangkan pasar MOBA di Indonesia lewat game Lokapala. Diana Paskarina, Managing Director Anantarupa Studios pengembang Lokapala menceritakan, mereka butuh 2 tahun dan kolaborasi dengan berbagai insan kreatif lokal sampai Lokapala akhirnya bisa dimainkan seperti sekarang ini.

“Kerja keras kami selama dua tahun ditambah kolaborasi dengan komikus Ragasukma, studio animasi Kratoon, komposer Elwin Hendrijanto, dan rumah produksi audio INharmonic, kami persembahkan game esports lokal pertama di Indonesia, Lokapala.” Ucap Diana Paskarina dikutip dari Jakarta Post.

Kehadiran Lokapala juga menjadi ambis pemerintah untuk dapat menarik keuntungan dari pasar game, yang sebenarnya punya potensi besar. Mengutip dari Investor Daily, Jerry Sambuaga Wakil Menteri Perdagangan RI yang juga hadir saat peluncuran mengatakan. “Peluncuran Lokapala sebagai esportsgame Indonesia yang pertama merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk maju dan bersaing dengan negara lain. Indonesia juga harus bisa menjadikan industri game sebagai salah satu ekspor andalan nasional ke depan.”

Sumber: Lokapala Official
Beberapa turnamen yang direncanakan oleh Anantarupa Studios, yang dipublikasi saat peluncuran Lokala 20 Mei 2020 silam. Sumber: Lokapala Official

Jika mengutip dari apa yang yang diumumkan Anantarupa pada saat peluncuran Lokapala kemarin, Melon Minor Tournament merupakan awal dari skema esports yang direncanakan oleh sang pengembang. Dalam skema dan rencana tersebut, Lokapala juga nantinya akan menghadirkan Piala Menpora 2020, Weekly Online Amateur Championship, Melon Mini Tournament, dan Melon Major Tournament.

Untuk mendaftar, Anda bisa pergi ke tautan yang satu ini: bit.ly/lokapalaminor

Dengan skena kompetitif yang beragam, akankah para penggemar genre MOBA di Indonesia bisa tertarik terhadap game besutan Anantarupa?