31 July 2022

by Hans Thio

Guide Melissa Mobile Legends: Skill, Item Build, Tips, Laning Phase, dan Counter-nya

"My needle is more than a doll sewing tool."

Melissa Mobile Legends adalah marksman yang mempunyai skill yang unik dan rumit dibandingkan hero marksman lainnya. Namun demikian, Melissa tidak memasuki hero META karena ia mudah di-counter. Meskipun begitu, Melissa sangat efektif saat melawan hero yang mengandalkan serangan jarak dekat (melee). Oleh karena itu, Melissa merupakan marksman yang cocok untuk meng-counter sebagian besar hero assassin dan fighter.

Dalam guide ini, kita akan mengulas skill, emblem, battlespell, serta item terbaik Melissa. Selain itu, kita juga akan membahas tips laningphase dan counter Melissa. Tanpa basa-basi lebih lanjut, mari kita simak guide Melissa Mobile Legends.

Guide Melissa Mobile Legends

Overview Gameplay Melissa Mobile Legends

Melissa merupakan marksman yang menggunakan jarum terkutuk untuk menyerang. Melissa juga memiliki tiga boneka (Muddles, Giggles, dan Cuddles) yang bisa meningkatkan daya serang ataupun jarak basicattack-nya.

Karena Melissa mengandalkan basicattack-nya untuk memberikan damage, ia membutuhkan item attackspeed dan critical untuk memberikan damage yang tinggi. Oleh sebab itu, marksman ini harus menempati Gold Lane agar item-nya bisa di-build lebih cepat.

Penjelasan Skill Melissa

Image Credit: Moonton

Pasif: Doll Buster

Melissa memberikan 125% damage kepada minion, creep, dan unit yang dipanggil (skill 1 Zhask, Kupa, ultimate Vexana, dan sebagainya).

Skill 1: Falling!

Melissa melakukan dash dan memperoleh attackspeed tambahan selama 3 detik. Selain itu, skill ini juga membuat Muddles bergerak dengan arah dash Melissa.

Cooldown skill ini akan dikurangi 1,2 detik setiap kali Melissa memberikan damage kepada lawan dengan menyerang Muddles.

Skill 2: Eyes on You!

Melissa melemparkan Muddles, memberikan damage dan menyebabkan efek Slow sambil menghubungkan hero lawan di sekitar hingga 6 detik. Musuh yang terhubung akan terkena efek Slow sebesar 60% yang akan berkurang dengan cepat selama 1,5 detik. Hero lawan dapat memutuskan hubungan dengan bergerak keluar dari jangkauan. Ketika Melissa menyerang dengan basic attack, Giggles akan menyerang semua lawan yang terhubung dengan Muddles.

Muddles akan kembali ke Melissa lebih awal ketika dia terlalu jauh. Ketika ada lawan yang terhubung dengan Muddles, Anda dapat menekan tombol attack minion untuk membuat Melissa menyerang Muddles.

Ultimate: Go Away!

Cuddles membuat area yang menyebabkan efek Knockback kepada lawan yang berada di area dan memberikan magicdamage. Area tersebut akan menyebabkan efek Knockback secara terus-menerus kepada lawan yang mencoba memasuki area, memberikan magicdamage dan menyebabkan efek Slow kepada mereka sementara. Area tersebut juga akan mengganggu skilldash lawan kecuali mereka immune terhadap efek Crowd Control.

Ketika Melissa keluar dari batas area, area akan berpindah dengannya. Namun, efek tersebut hanya bisa dilakukan sekali. Selain itu, skillFalling! juga bisa memindahkan area.

Pasif: Mempelajari skill ini meningkatkan physical dan magicdefense Melissa secara permanen. Efek ini akan meningkat sampai 3 kali ketika ultimate sedang aktif.

Prioritas UpgradeSkill: Go Away! -> Falling! -> Eyes on You!

Untuk penjelasan skill yang lebih terperinci, bisa Anda cek di game atau laman resmi MLBB.

Emblem Melissa Mobile Legends

Marksman Emblem — Electro Flash/Weakness Finder

Image Credit: Moonton

Memiliki atribut critical dan attackspeed yang tinggi, emblem marksman menjadi emblem terbaik untuk Melissa. Tidak hanya itu, emblem ini juga mempunyai talent yang meningkatkan kemampuan basicattack, WeaknessFinder.

Battle Spell Melissa Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Karena Melissa memiliki skilldash dan ultimate yang bersifat defensif, ia tidak terlalu membutuhkan battlespell yang menambah mobilitas. Oleh sebab itu, Melissa dapat menggunakan Inspire untuk meningkatkan attackspeed-nya.

Akan tetapi, Melissa juga bisa menggunakan Flicker atau Sprint jika Anda ingin mobilitas yang lebih.

Item Build Melissa Mobile Legends

Image Credit: Moonton

1. Swift Boots

Memiliki atribut attackspeed, SwiftBoots merupakan sepatu andalan bagi marksman yang mengandalkan attackspeed. Meskipun hanya sedikit, atribut attackspeed yang diberikan SwiftBoots sangat berdampak di earlygame.

2. Windtalker

Windtalker merupakan itemattackspeed yang cocok di-build pertama karena tiga atribut dasarnya yang serbaguna. Tiga atribut dasar tersebut adalah attackspeed, critical chance, dan movementspeed. Tidak hanya itu, Windtalker juga memiliki pasif unik yang membuat clearwave minion lebih mudah.

3. Berserker Fury

BerserkerFury merupakan itemcritical terkuat di Mobile Legends. BerserkerFury memiliki atribut unik yang meningkatkan criticaldamage dan pasif unik yang bisa menambah physicalattack yaitu Doom: Critical hit akan meningkatkan physicalattack sebesar 5% selama 2 detik.

Selain itu, BerserkerFury juga memiliki atribut physicalattack serta criticalchance yang tinggi.

4. Scarlet Phantom

ScarletPhantom merupakan salah satu item terbaik untuk meningkatkan attackspeed. Item ini memiliki atribut attackspeed dan criticalchance yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, pasif uniknya bisa meningkatkan attackspeed secara besar-besaran.

Pasif Unik — Frenzy: Criticalhit akan meningkatkan attackspeed hero sebesar 30% dan criticalchance sebesar 5%. Efek ini berlangsung selama 2 detik.

5. Malefic Roar/Demon Hunter Sword

MaleficRoar merupakan item terbaik untuk menembus physicaldefense musuh. Ini karena atribut unik serta pasif uniknya yang bisa meningkatkan physical PEN secara besar-besaran. MaleficRoar sangat penting karena atribut defense musuh akan semakin tinggi di lategame.

Namun, Anda bisa menggunakan DemonHunterSword sebagai alternatif. Item ini dijuluki sebagai pembunuh tank karena pasif uniknya yaitu Devour: Basicattack akan memberikan 9% dari HP target yang tersisa sebagai physicaldamage tambahan. Setiap basicattack akan memberikan 3% physicallifesteal selama 3 detik. Efek ini dapat di-stack hingga 5 kali.

6. Immortality/Wind of Nature

Immortality merupakan item wajib untuk semua hero karena pasif uniknya yang memberikan hidup ekstra, Immortal. Namun, pasif unik ini memiliki cooldown selama 210 detik.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan Wind of Nature item yang bisa membuat hero Anda kebal terhadap seluruh physicaldamage selama 2 detik (durasi berkurang menjadi 1 detik ketika digunakan oleh hero non-marksman). Efek ini memiliki cooldown selama 70 detik.

Tips Laning Phase Melissa Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Melissa merupakan salah satu marksman terkuat di laningphase. Dengan skill keduanya yaitu Eyes on You!, Melissa dapat memberikan damage kepada hero lawan melalui Muddles. Hal ini memungkinkan Melissa untuk memberikan damage dari jarak yang aman.

Selain itu, Eyes on You! juga bisa mencegah gank lawan. Saat Muddles diletakkan dalam bush, ia dapat mengungkap lawan yang bersembunyi di bush tersebut.

Counter Melissa Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Tidak seperti marksman pada umumnya, Melissa bisa meng-counter kebanyakan hero melee (serangan jarak dekat) dengan ultimate-nya, Go Away!. Namun, ia tidak memiliki skill pertahanan untuk serangan jarak jauh.

Selain itu, Melissa memiliki atribut HP dan defense-nya yang rendah. Karenanya, Melissa dapat di-burst dengan mudah jika ia tidak mempunyai Immortality.

--

Itu tadi guide untuk Melissa Mobile Legends. Jika Anda ingin Marksman yang lebih simpel, Anda bisa membaca guide saya untuk Irithel Mobile Legends. Atau, jika Anda lebih tertarik untuk bermain sebagai assassin, Karina mungkin cocok untuk Anda.