15 November 2022

by Lukman Azis

MediaTek Umumkan Chipset Kompanio Untuk Chromebook Entry-level Dengan Kinerja Lebih Baik

Chipset Chromebook Kompanio 520 dan Kompanio 528 dari MediaTek menghadirkan pengalaman komputasi yang cepat dan masa pakai baterai awet

Bagi penggemar Chromebook atau laptop dengan Chrome OS, ada kabar baik dari MediaTek. Pabrikan chip asal Taiwan itu telah mengungkap chipset Kompanio baru untuk Chromebook entry-level, yaitu Kompanio 520 dan Kompanio 528.

Chromebook tersebut akan mulai hadir di pasaran pada kuartal pertama tahun 2023. Mereka akan menawarkan pengalaman komputasi yang lebih mulus dan masa pakai baterai lebih awet.

Untuk menghadirkan peningkatan kinerja, MediaTek memadukan dua inti premium berbasis Arm Cortex-A76 di dalam CPU octa-core. Inti tersebut memiliki kecepatan clock hingga 2 GHz pada Kompanio 520 dan hingga 2,2 GHz di Kompanio 528.

Bersama enam inti efisiensi berbasis Arm Cortex-A55 pada 2 GHz, yang mengoptimalkan daya tahan baterai di saat yang sama. CPU octa-core tersebut dikombinasikan dengan mesin grafis dual-core yang ditingkatkan, yakni Arm Mali G52 MC2 2EE.

Kinerjanya turut didukung opsi RAM LPDDR4x dengan frekuensi maksimum 3.733 Mbps. Serta teknologi penyimpanan eMMC 5.1 yang memberikan peningkatan kinerja throughput data sehingga aktivitas multitasking dapat berjalan lebih lancar.

Setiap chipset mengintegrasikan unit pemrosesan AI dual-core yang disebut APU atau AI Processing Unit untuk menangani aplikasi yang mengandalkan kecerdasan buatan, termasuk fitur kamera AI.

Para produsen juga dapat menggabungkan solusi Filogic WiFi 6 MediaTek dengan chipset Kompanio untuk menghadirkan konektivitas yang lebih cepat untuk kebutuhan streaming dan cloud gaming.

Hadir dengan prosesor pencitraan generasi terbaru, Chromebook yang ditenagai Kompanio 520 dan Kompanio 528 mendukung penggunaan kamera 32 MP dan sanggup merekam video Full HD hingga 60 fps. Dukungan hardware imaging engine dari MediaTek, chipset ini bekerja di belakang layar untuk meningkatkan pengalaman panggilan video di kondisi minim cahaya.

Mesin multimedia yang ditingkatkan mencakup decoding VP9 dan encoding H.265, serta HiFi-5 DSP khusus untuk pemrosesan mikrofon audio berdaya rendah. Kedua chipset mendukung resolusi layar Full HD+, pengguna dapat memanfaatkan monitor eksternal untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, bisa disambungkan ke smart TV untuk memutar film, atau menggunakan proyektor saat proses pembelajaran.