Esports Ecosystem

Masih Beta, Valorant Pecahkan Rekor Jumlah Penonton Twitch

08 Apr 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Ada 1,7 juta concurrent viewers di Twitch yang menonton Valorant

Game terbaru dari Riot Games, Valorant, telah diluncurkan, walau baru masih dalam tahap beta. Menariknya, game tersebut berhasil mendapatkan 1,7 juta concurrent viewers di Twitch. Sejauh ini, hanya dua game yang berhasil mencapai rekor 1,7 juta concurrent viewers, yaitu League of Legends pada World Championship tahun lalu dan Fortnite pada akhir Season 10.

Salah satu rahasia di balik kesuksesan Valorant untuk menarik begitu banyak penonton adalah cara Riot Games membagikan beta keys. Mereka tidak membagikan beta keys secara random begitu saja. Mereka memberikan beta keys secara random pada orang-orang yang menonton konten streaming Valorant. Tentu saja, hal ini akan membuat banyak orang tertarik untuk menonton konten Valorant, menurut PC Gamer. Namun, tidak sedikit juga orang yang berusaha berbuat curang dengan menggunakan lebih dari satu akun Twitch saat menonton konten Valorant, lapor Dot Esports.

valorant twitch
Riot menggaet sejumlah streamer ternama untuk menyiarkan konten Valorant. | Sumber: PC Gamer

Alasan lain mengapa konten Valorant begitu diminati adalah karena Riot menggandeng sejumlah streamer ternama, seperti TimTheTatman, xQc, Summit1g, DrLupo, Myth, dan Pokimane, untuk menyiarkan konten game barunya. Menariknya, Riot mengatakan bahwa mereka tidak membayar para streamer tersebut untuk membuat konten Valorant, seperti yang disebutkan oleh Kotaku. Mereka hanya mengundang streamer ke acara online dan mengadakan wawancara dengan streamer yang menunjukkan ketertarikan pada game tactical shooter terbaru mereka.

Memanfaatkan momentum ini, Game Director, Riot Games, Joseph Ziegler mengungkap bahwa mereka masih akan memberikan beta keys setelah peluncuran versi beta dari Valorant pada 7 April 2020.

“Untuk menjawab pertanyaan banyak orang, kami masih akan membagikan beta keys sepanjang minggu ini, dan kemungkinan, pada minggu-minggu berikutnya,” kata Ziegler melalui akun Twitter resminya. “Jumlah beta keys yang kami bagikan tidak pasti. Kami menentukan jumlah beta keys berdasarkan berapa banyak orang yang sedang bermain dibandingkan dengan kapasitas maksimal game. Dengan kata lain, jika Anda belum bisa mencoba Valorant, Anda masih memiliki kesempatan besar untuk memainkannya.”

Salah satu streamer yang sempat mencoba Valorant adalah Michael “Shroud” Grzesiek, mantan pemain Counter-Strike: Global Offensive profseional. Dia mengatakan, Valorant adalah game yang luar biasa. Faktanya, saat ini, organisasi esports seperti T1 telah mulai merekrut pemain CS:GO untuk membuat tim Valorant.