Esports Ecosystem

Mars Media Luncurkan MDL Disneyland Paris Sebagai Major Berikutnya.

08 Mar 2019 | Akbar Priono
Kembali perebutkan total hadiah US$1 Juta dan 15.000 poin DPC Musim 2018-2019

Mars Media, salah satu tournament organizer ternama asal Tiongkok, mengonfirmasi bahwa Major berikutnya akan diselenggarakan di Disneyland Paris. Dengan Mars Media selaku penyelenggara, kompetisi Major tersebut tentu hadir membawa brand Mars Dota 2 League atau biasa disingkat MDL.

Kompetisi Major MDL Disneyland Paris ini menorehkan setidaknya dua catatan sejarah. Pertama, ia hadir sebagai eventesports Dota pertama yang hadir di Perancis. Kedua, inilah event esports pertama yang hadir di venue seunik juga seikonik taman bermain Disneyland.

Kendati demikian, turnamen ini sebenarnya bukan kali pertama Disney melakukan pendekatan terhadap ekosistem esports. Mengutip Esports Insider, Disney sudah beberapa kali mencoba terjun ke dunia esports, contohnya seperti: menayangkan Overwatch League serta Grand Final Injustice 2 Pro Series di kanal televisi berbayar Disney XD, dan menjalankan kompetisi bertajuk League of Legends Open Tour France pada bulan Desember lalu.

Overwatch League, salah satu kompetisi esports yang pernah ditayangkan oleh Disney. Sumber: Blizzard Press Center
Overwatch League, salah satu kompetisi esports yang pernah ditayangkan oleh Disney. Sumber: Blizzard Press Center

Mars Media sendiri dengan branding kompetisi MDL sebenarnya adalah rekan yang cocok Disneyland Paris, karena kreativitas Mars Media dalam menyelenggarakan MDL. Salah satu bentuk kreativitas Mars Media adalah, lokasi tempat penyelenggarakan MDL yang selalu bisa bikin penikmat esports Dota jadi terbelalak.

Sebelum ini mereka juga baru saja selesai menyelenggarakan MDL Macau 2019, yang dimenangkan oleh Team Liquid setelah menahan gempuran dari tim-tim Asia. Seperti MDL Paris ini, kompetisi tersebut juga diselenggarakan di kota yang unik, yaitu di Macau, Hong Kong, kota yang terkenal sebagai salah satu pusat hiburan di-Asia.

Namun secara historis, MDL sebenarnya belum pernah mengadakan event esports di luar Tiongkok. Selain MDL Macau, event garapan MDL sebelumnya lagi juga berpusat di sekitar Tiongkok; yaitu event MDL Changsa yang diselenggarakan di kota Changsa, ibukota provinsi Hunan, Tiongkok. Jadi, MDL Paris ini sebenarnya percobaan pertama Mars Media menyelenggarakan kompetisi Dota 2 di luar Tiongkok.

Sumber: Twitter @MarsMedia
Selain venue unik, trofi berbentuk Battle Fury jadi keunikan lain dari kompetisi MDL. Sumber: Twitter @MarsMedia

Mengutip Gosugamers, Zhang Yu selaku CEO dari Mars Media menyampaikan sedikit komentarnya terkait kolaborasi ini.

“Kami sangat bangga bisa membawa MDL ke Perancis. Tetapi sebelumnya terima kasih kepada Aymeric Magne beserta jajaran tim Disneyland Paris yang telah membuat kolaborasi ini menjadi nyata. Menurut kami (Mars Media), Disneyland adalah tempat terbaik untuk menjadi venue MDL pertama yang diadakan di luar Tiongkok. Kami tak sabar menantikan kolaborasi seru berikutnya dengan Disneyland Paris, untuk lanjutan ekspansi kami ke pasar esports di barat”

Sementar Aymeric Magne Direktur Disneyland Paris Event Group juga menyampaikan sedikit komentarnya.

“Kami amat sangat bangga bisa menyelenggarakan Dota 2 Major untuk pertama kalinya di Paris, bersama dengan Mars Media. Selama sembilan hari, Disneyland Paris akan menjamu para tim Dota 2 terbaik dari penjuru dunia, dan memberikan para tamu kita pengalaman spektakuler yang hanya bisa dialami di sini. Lebih jauh, event ini adalah bentuk konsolidasi posisi Disneyland Paris sebagai tujuan wisata event, juga tujuan wisata esports utama di Eropa”.

Sumber: Skift
Disneyland tentu akan jadi tempat yang sangat menarik untuk event esports, dan tentunya untuk berlibur setelahnya. Sumber: Skift

Lagi-lagi event esports dengan venue unik yang sebelumnya mungkin tak pernah terbayangkan oleh kita. Sudah sepatutnya hal ini dijadikan contoh bagi para penyelenggara event esports di Indonesia. Sejauh ini salah satu kerjasama yang menarik terkait venue acara, adalah antara liga kasta utama Mobile Legends, MPL, serta Piala Presiden dengan studio televisi Metro TV yang menjadi tempat penyelenggaraan.

Tetapi ke depannya siapa yang tahu? Mungkin bisa saja PUBG Mobile bekerja sama dengan salah satu resort di Bali untuk penyelenggaraan kompetisi tingkat nasional? Kalau benar, hal tersebut tentu akan meningkatkan kualitas produksi eventesports, yang tentunya akan semakin menarik minat para sponsor.

MDL Paris Major ini merupakan kompetisi Major ke-4 dari 5 rangkaian kompetisi Major di Dota Pro Circuit musim 2018-2019. Seperti kompetisi Major lainnya, MDL Paris Major akan memperebutkan total hadiah sebesar US$1 juta (sekitar Rp14 milyar) dan juga 15.000 poin Pro Circuit.