17 February 2023

by Dimas Galih W.

MARQ Collection Second Generation dari Garmin Resmi Mendarat di Indonesia

Garmin kembali meluncurkan jam tangan pintar mewah di Indonesia. Ternyata semua yang dikeluarkan memang ditujukan untuk pangsa pasar berbeda

Pada tanggal 16 Februari 2023 yang lalu, Garmin mengundang saya ke sebuah acara peluncuran yang bertempat di Glass House Pacific Place. Dari undangan yang saya baca, ternyata Garmin meluncurkan generasi ke 2 dari lini koleksi MARQ mereka. Sepengetahuan saya, seri MARQ merupakan lini teratas yang memiliki desain mewah yang juga memiliki harga mewah.

Pada generasi ke 2 ini, Garmin ternyata mengeluarkan 5 model berbeda untuk MARQ Collections. Kelimanya adalah MARQ Athlete, MARQ Adventurer, MARQ Golfer, MARQ Captain dan MARQ Aviator. Jam tangan pintar mewah ini dibuat dengan peruntukan yang berbeda, mulai dari berolah raga hingga berpetualang. Jam tangan ini juga kokoh karena terbuat dari material titanium dengan grade 5. 

Titanium Grade 5 sendiri diklaim memiliki kekuatan yang sangat tinggi, tahan terhadap korosi, serta tidak memiliki bobot yang terlalu berat. Jam tangan ini juga menggunakan AMOLED yang dilapisi dengan layar sapphire yang juga cukup keras. Baterai yang dipakai memiliki masa pakai hingga 16 hari sehingga tidak perlu setiap hari mengisi baterai.

MARQ Athlete memiliki tali karet silikon seperti sebuah jam tangan olah raga. Jam tangan pintar ini bisa melacak semua aspek performa, latihan dan pemulihan dengan memanfaatkan metrik lanjutan yang disebut Training Readiness. MARQ Athlete dilengkapi dengan aplikasi olahraga yang mendukung berbagai jenis kegiatan atletik seperti berlari, bersepeda, berenang, ski, golf, tenis, gym berselancar, yoga hingga pilates. Misalnya saja untuk pelari, jam tangan ini punya fitur PacePro untuk memandu.

MARQ Adventurer hadir dengan desain strap hybrid, dimana bagian luar merupakan kulit sementara bagian dalam berbahan karet FKM. Di bagian bezelnya terdapat kompas yang menunjukkan arah mata angin 360 derajat. Dengan preloaded peta TopoActive, pengguna dapat dengan mudah mengakses dan menavigasi berbagai tempat, profil ketinggian dan lainnya. Hadirnya fitur NextFork memberikan informasi mengenai jarak ke persimpangan jalur berikutnya, hingga jalur yang akan datang.

MARQ Golfer memiliki skema warna yang terinspirasi dari lapangan golf, pahatan keramik hijau, bezel anti-gores khusus dan strap nylon tritone green jacquard-weave. Jam tangan pintar dapat secara otomatis mendeteksi pengguna bermain di lapangan mana berkat pre-loaded 42.000 lapangan golf di seluruh dunia.  Garmin juga menyediakan beberapa fitur seperti Virtual Caddy, Hazard View, Wind Data, PinPointer dan termasuk tiga unit Approach CT10 golf club sensor untuk club tracking otomatis.

MARQ Captain memiliki bingkai berwarna navy ceramic, Regatta Timer, dan strap jacquard weave nylon bergaris layaknya lintasan balapan. Regatta Timer membantu pengguna memanfaatkan GPS time untuk menghitung posisi ideal dan penghitung waktu mundur. MARQ Captain juga dilengkapi dengan profile untuk aktivitas di air seperti kayak, stand up paddleboarding, windsurfing, kitesurfing dan kiteboarding. Selain itu ada pula fitur pasang surut air serta akses auto pilot untuk para pembalap.

MARQ Aviator memiliki strap berbahan titanium, jepitan pengunci di bagian strap, dan bezel keramik dengan tampilan waktu 24-jam GMT. Jam tangan pintar ini bisa digunakan untuk membantu penggunanya bernavigasi ke lokasi dari database aeronautika dunia. Selain itu, terdapat pula fitur peringatan penerbangan, kondisi penerbangan, serta informasi waktu untuk pilot agar bisa menerbangkan pesawatnya. Pilot dapat menggeser peta dengan satu sentuhan, melihat radar NEXRAD sepanjang penerbangan dan mengakses cuaca penerbangan, termasuk METAR, TAF dan MOS1.

MARQ Aviator dijual dengan harga Rp. 41.299.000, sementara MARQ Golfer ada pada harga Rp. 39.599.000. MARQ Captain memiliki harga Rp. 37.799.000, serta MARQ Adventurer dijual pada harga Rp. 35.999.000. Terakhir yang memiliki harga paling bawah adalah MARQ Athlete dengan harga Rp. 32.699.000. Semuanya memiliki garansi internasional.

Saya sempat menanyakan kepada Chandrawidhi Desideriani selaku Garmin Indonesia Marketing Communication Manager mengenai seberapa yakin Garmin bisa menjual semua perangkat mewah tersebut. Beliau mengatakan bahwa Garmin sangat yakin bahwa kelima perangkat ini bakal laku di Indonesia. Hal tersebut didasari oleh pengalaman maraknya penjualan MARQ Collections generasi pertama mereka di Indonesia beberapa waktu yang lalu.