7 July 2022

by Glenn Kaonang

Marketplace NFT LimeWire Resmi Dibuka, Ada NFT dari Sederet Musisi Ternama

Dulunya software legendaris untuk mengunduh musik bajakan, LimeWire kini ingin dikenal sebagai gudangnya NFT bertema musik

Maret lalu, beredar kabar bahwa LimeWire bakal bereinkarnasi menjadi marketplace NFT. Kabar tersebut bukan cuma rumor belaka, sebab per tanggal 6 Juli kemarin, marketplace NFT LimeWire resmi dibuka untuk umum.

Kalau Anda punya pengalaman mengoleksi lagu bajakan di awal tahun 2000-an, nama LimeWire semestinya tidak akan terdengar asing di telinga Anda. Buat yang tidak tahu, LimeWire merupakan software peer-to-peer file sharing yang sempat populer di awal tahun 2000-an, sebelum akhirnya dipaksa tutup pada tahun 2010 sebagai buntut dari perkaranya di meja hijau.

LimeWire yang sekarang memang tidak ada afiliasinya sama sekali dengan perusahaan aslinya, namun fakta bahwa ada banyak aset NFT dari musisi ternama di marketplace NFT LimeWire tentu berpotensi memicu nostalgia buat sebagian orang. Tidak tanggung-tanggung, LimeWire berhasil menggandeng sejumlah sosok yang sangat tenar di industri musik pada peluncuran marketplace NFT-nya ini, mulai dari Nicky Jam, Brandy, sampai drummer Blink-182, Travis Barker.

Tidak semua NFT yang dijual di LimeWire bakal berwujud lagu. Terkadang, aset NFT-nya malah bisa merepresentasikan objek nyata. Salah satu contohnya adalah NFT dari Travis Barker, yang merupakan model 3D dari drum set pribadi Travis, sekaligus drum set fisiknya itu sendiri. LimeWire pun juga punya koleksi PFP NFT (foto profil) yang dijuluki "LimeWire Originals", yang sejatinya merangkap peran sebagai program membership bagi komunitas penggunanya, dengan benefit seperti akses event eksklusif maupun hadiah token crypto LMWR.

Marketplace NFT LimeWire dari awal sudah bersifat multi-chain, yang berarti mereka tidak hanya menjual NFT dari satu blockchain saja; koleksi NFT LimeWire Originals di-mint di Ethereum, sementara NFT besutan Brandy dan musisi-musisi lainnya bakal di-mint di Algorand. Juga menarik adalah usaha ekstra yang LimeWire hadirkan berkaitan dengan aksesibilitas pembayaran.

Seperti dijelaskan di situs bantuan LimeWire, Anda sama sekali tidak perlu memiliki mata uang crypto ataupun crypto wallet untuk bisa membeli NFT di LimeWire. Sebaliknya, LimeWire mempersilakan para penggunanya untuk membayar menggunakan kartu kredit biasa jika perlu.

Well, setidaknya kali ini semua pengguna bakal keluar uang untuk konten yang didapatkannya dari LimeWire.

Sumber: Mashable dan LimeWire.