Esports Ecosystem

Mantan Supervisor Esports Hearthstone, Che Chou, Pindah ke Ubisoft

09 Jan 2019 | Ayyub Mustofa
Mungkinkah ini dampak dari restrukturisasi departemen esports di dalam Activision Blizzard?

Bila Anda penggemar berat Hearthstone, mungkin Anda sudah familier dengan nama Che Chou. Ia adalah karyawan Blizzard yang memegang jabatan sebagai Senior Global Franchise Lead for Hearthstone Esports, atau versi pendeknya, Esports Team Lead. Bersama dengan Sam Braithwaite, Che Chou adalah orang yang menangani dan merancang ekosistem esports di sekitar Hearthstone sejak 2016, dan turut berkontribusi menggelar kompetisi-kompetisi Hearthstone berhadiah lebih dari US$2,8 juta sepanjang tahun 2018.

Jasa Che Chou cukup besar di dunia Hearthstone, dan belum lama ini ia jugalah yang mengumumkan sistem kompetisi baru untuk Hearthstone di tahun 2019. Karena itu, cukup mengejutkan ketika tiba-tiba muncul kabar bahwa Chou telah meninggalkan Blizzard. Tanggal 5 Januari 2019 adalah hari terakhirnya di perusahaan tersebut. Chou tidak menjelaskan apa alasan ia berpisah dengan Blizzard, tapi dalam cuitannya di Twitter, ia mengaku memiliki perasaan yang campur aduk.

Che Chou and Sam Braithwaite
Che Chou dan Sam Braithwaite | Sumber: Hearthstone Esports

Salah satu kemungkinan yang bisa terjadi adalah adanya restrukturisasi secara menyeluruh di departemen-departemen esports Blizzard. Bulan Desember lalu Blizzard baru saja menutup esports resmi Heroes of the Storm, dan mereka juga menarik sebagian developer Heroes of the Storm untuk bekerja di proyek lain. Pada vlog terakhirnya di Blizzard, Chou berkata bahwa esports Hearthstone masih tumbuh sehat. Tapi bukan tidak mungkin perubahan besar di Heroes of the Storm juga berdampak pada departemen lainnya.

Untungnya tidak butuh waktu lama bagi Chou untuk menemukan “rumah” baru. Hanya tiga hari setelah berpisah dengan Blizzard, Chou mengabarkan bahwa ia telah menerima tawaran dari Ubisoft San Fransisco untuk masuk sebagai Senior Director of Esports. Belum jelas proyek apa yang akan ia tangani, apakah Rainbow Six: Siege yang sekarang sudah berjalan atau proyek esports baru. Tapi yang pasti pengalaman Chou di Blizzard bisa jadi masukan berharga bagi Ubisoft.

Sementara itu, posisi Senior Global Franchise Lead for Hearthstone Esports kini dipegang oleh Sam Braithwaite. Ia tidak hanya berpengalaman mengurus Hearthstone, tapi dulunya juga menangani esports Heroes of the Storm serta StarCraft. Kemungkinan Blizzard saat ini tengah menyiapkan rencana esports yang lebih terfokus, sementara beberapa game yang memang terlihat kurang populer akan ditinggalkan.

Braithwaite sendiri pernah mengatakan bahwa datang dan perginya suatu game adalah hal yang wajar. Dunia esports sangat dipengaruhi oleh tren, dan menurutnya, saat ini tren sedang ada di dunia battle royale. “Kenyataan situasinya adalah Fortnite, PUBG, dan seluruh fenomena battle royale sekarang mendominasi bandwidth banyak orang sebagai hiburan, dan apa yang mereka tonton di Twitch, dan apa yang mereka mainkan,” ujar Braithwaite pada Inven Global.

Selama sebuah game masih bisa menghasilkan pemasukan yang baik, penerbit tentu tidak akan meninggalkannya begitu saja. Tapi sama seperti Heroes of the Storm, Hearthstone pun suatu saat pasti tenggelam oleh tren esports baru. Kita hanya bisa menebak-nebak, kira-kira tren apa yang akan menggantikannya.

Sumber: Inven Global