Dark
Light

Mangk.us: Satu Lagi Shortener URL Lokal

2 mins read
April 7, 2010

Satu lagi URL shortener buatan lokal muncul, perkenalkan namanya Mangk.us. Mangkus menurut pembuat aplikasi ini, Panggi, mempunyai arti efektif, menurut dia meski bukan langsung merujuk pada kata pendek, tapi bisa mewakili maksud dari aplikasi tersebut, membuat link menjadi efektif yang berarti juga pendek.

Kalau dilihat dari fitur yang ada diaplikasi ini, memang tidak banyak berbeda dengan aplikasi yang lain seperti Siteou.us, Pendek.in, keTKP.in, atau disingkat.com, serta beberapa aplikasi serupa lainnya. Tapi salah satu unsur yang cukup penting API, sudah dimiliki Mangk.us, meski fitur bookmarklet atau fitur untuk bookmark bar yang memudahkan dalam menggunakan shorten URL belum tersedia.

Halaman muka Mangk.us dari desain, cukup menarik, penggunaan warna coklat tua dan kombinasi biru serta background yang polos terkesan simple dan efektif, sesuai namanya. Anda juga bisa membuat nama URL pendek buatan anda sendiri atau menggunakan link pendek otomatis yang telah disediakan oleh Mangk.us.

Cara penggunaannya, copy link yang akan dipendekkan, klik tab shorten lalu klik tab hijau tanpa harus meng-copy link-nya lalu paste hasil link yang dipendekkan itu di tempat yang ada inginkan.

Satu hal penting yang belum ada di Mangk.us adalah fitur statistik. Perkembangan shorten URL cukup cepat, mengikuti perkembangan internet itu sendiri, lalu lintas informasi pun terus tumbuh, dan Twitter, yang merupakan konsumen paling besar untuk pemendek URL juga tumbuh sangat cepat, kebutuhan user bukan hanya lagi URL yang pendek, tetapi kini butuh berbagai tools lain untuk melakukan analisis data, demikian juga dengan URL.

Penggunaan link yang disebarkan di Twitter bisa di pantau dengan statistik, karenanya menjadi penting, dan Panggi sebagai kreator menyadari itu. Awalnya ia hanya membuat ini untuk digunakan pribadi atau sebagai sarana pembuktian bahwa ia bisa membuat aplikasi tersebut, yang saya pikir menjadi lumrah untuk startup, berawal dari ambisi pribadi berujung ke penggunaan massal. Dan dalam perkembangannya nanti Mangk.us juga akan dilengkapi dengan fitur statistik.

Selain itu, telisik punya telisik, ternyata aplikasi ini merupakan aplikasi awal yang sedang dikembangkan oleh Panggi untuk aplikasi yang lebih ‘besar’ lagi, apa itu, dia hanya menjelaskan bahwa aplikasi itu berhubungan dengan Twitter. Jadi nantinya Mangk.us ini akan digunakan sebagai default shorten URL dari Twitter client buatannya.

Meskipun masih menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar di home Mangk.us, Panggi bercerita tentang harapan dia Mangk.us bisa digunakan oleh banyak orang khususnya Indonesia, jadi meskipun kini bahasa pengantar yang digunakan di halaman home-nya masih bahasa Inggris, tetapi jika feedback dari user bagus ia juga berencana akan membuat full Indonesia untuk halaman antar muka.

Kelebihan yang dimiliki Mangk.us untuk saat ini selain API, anti Phising, dan bisa preview media (flv, mp3, image) dan fitur yang akan dikembangkan statistik dan berbagai fitur lain.

Satu kekurangan kecil, yang bagi saya cukup mengganggu adalah, logo Mangk.us ternyata tidak bisa di klik, biasanya kalau ingin kembali ke halaman home, kita tinggal meng-klik logo aplikasi yang sedang kita buka, Mangk.us tidak menyediakan itu. Jadi jika anda ingin kembali ke halaman home, tidak ada pilihan lain, anda harus meng-klik tab home.

Sebagai permulaan, seperti juga yang disebutkan Panggi, bahwa responnya cukup baik, terus terang saya sendiri lebih penasaran dengan aplikasi selanjutnya yang akan terintegrasi dengan Mangk.us ini, sayang Panggi belum mau membocorkan apa itu dan hanya menyebutkan berhubungan dengan Twitter.

Sudah mencoba Mangk.us, jika belum anda bisa mencobanya di sini.

Bagaimana pendapat anda tentang aplikasi ini? Apakah Mangk.us sudah cukup pendek untuk shorten URL, atau masih terlalu panjang? Dan bagaimana dengan fitur yang ada di Mangk.us, kira-kira fitur apa saja yang ingin anda sarankan untuk ditambah? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.


Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Setting Privacy dari Google Buzz

Next Story

Kaskus Anthem : The Video

Latest from Blog

Don't Miss

Startup Studio Indonesia Genjot Kompetensi Startup Lokal Lewat Pendekatan “Product Market Fit”

Startup Studio Indonesia Genjot Kompetensi Startup Lokal Lewat Pendekatan “Product Market Fit”

Prediksi nilai ekonomi digital Indonesia yang bakal terus bertumbuh pesat

Tak Sanggup Bersaing, Startup On-Demand Lokal di Pontianak Tumbang

Sejak Go-Jek merambah ke Pontianak sekitar Mei 2017 lalu, diikuti