Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Logitech G923 Siap Sajikan Pengalaman Sim Racing yang Lebih Realistis dari Sebelumnya

10 August 2020Glenn Kaonang

Berbekal sistem force feedback generasi baru yang dijuluki TrueForce

Penggemar sejati game balap tentu paham mengapa gamepad saja tidak cukup untuk memenuhi hasrat kebut-kebutan virtual mereka. Dalam menekuni hobi sim racing, mereka biasanya memulai dengan membeli racing wheel beserta pedalnya, dan sering kali pilihannya jatuh pada bikinan Logitech (atau Thrustmaster).

Logitech sendiri baru saja meluncurkan racing wheel dan pedal baru, yakni G923. Secara fisik, bagian setir maupun pedalnya kelihatan identik dengan Logitech G29 maupun G920 dari beberapa tahun sebelumnya. Tentu saja G923 hadir dalam dua versi yang berbeda; satu untuk Xbox, satu untuk PlayStation, tapi keduanya sama-sama bisa digunakan di PC.

Yang baru dari G923 justru tersembunyi di dalam, yakni sistem force feedback generasi anyar yang Logitech juluki dengan istilah “TrueForce”. Secara garis besar, TrueForce dirancang untuk menyajikan sensasi yang lebih realistis sekaligus pengalaman keseluruhan yang lebih immersive.

Dibandingkan dengan sistem generasi sebelumnya, yang Logitech bilang tidak bisa berbuat banyak karena harus terbatasi oleh kapabilitas USB generasi lawas beserta prosesor single-core, TrueForce membawa banyak perubahan. Yang paling utama adalah kemampuannya untuk mengakses langsung physics engine sekaligus audio engine milik masing-masing game balap, melakukan kalkulasi secara real-time hingga sebanyak 4.000 kali per detik, sebelum akhirnya diterjemahkan menjadi feedback yang realistis.

Singkat cerita, G923 bukan sekadar bergetar atau diam begitu saja. Dari getaran halus yang ditimbulkan oleh mesin, sampai sensasi ban mobil yang kehilangan cengkeramannya, semuanya bisa dirasakan oleh para pengguna G923. Logitech bahkan tidak segan menyamakan perpindahan dari teknologi force feedback lama ke TrueForce seperti beralih dari TV lawas ke TV beresolusi HD.

Berhubung TrueForce berhubungan langsung dengan engine game, itu berarti setiap game harus di-update terlebih dulu oleh masing-masing pengembangnya agar kompatibel. Sejauh ini, game yang sudah siap memanfaatkan TrueForce adalah GRID, Assetto Corsa Competizione, dan Gran Turismo Sport. Judul lain seperti iRacing, F1 2020, dan Dirt Rally 2.0 baru akan menyusul pada bulan September.

Di Amerika Serikat, Logitech G923 saat ini telah dipasarkan seharga $400, cukup terjangkau bila dibandingkan dengan racing wheel bikinan brand seperti Fanatec atau AccuForce.

Sumber: Logitech dan The Verge.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV