Gadget News

Tipis dan Ringkas, Logitech G915 TKL Juga Siap Manjakan Gamer dengan Konektivitas Wireless

29 May 2020 | Glenn Kaonang
Tanpa numpad dan tombol makro, tapi masih dengan tombol multimedia dan kenop volume

Logitech G915 yang dirilis tahun lalu merupakan sebuah keyboard mekanis yang cukup unik. Unik karena semua tutsnya jauh lebih tipis dari biasanya, dan tebal perangkat secara keseluruhan hanya berkisar 22 mm saja.

Dipadukan dengan konektivitas wireless, G915 merupakan solusi portable yang sangat menarik bagi penggemar keyboard mekanis. Sayang sekali keberadaan deretan numpad di sebelah kanan mungkin membuat sejumlah konsumen jadi enggan membelinya, dan ini secara langsung juga berpengaruh pada portabilitasnya.

Buat mereka yang enggan, Logitech sudah punya jawabannya. Mereka baru saja menyingkap G915 TKL. TKL, bagi yang tidak tahu, merupakan singkatan dari istilah “tenkeyless“, dan semua keyboard yang mengusung embel-embel TKL di belakangnya sudah pasti tidak memiliki numpad.

Tebal dan lebar sasis aluminiumnya sama persis seperti G915 versi standar, akan tetapi panjangnya menyusut drastis menjadi 36,8 cm sehingga jauh lebih mudah dimasukkan ke dalam tas. Satu hal yang perlu dicatat, selain kehilangan numpad, G915 TKL juga tidak memiliki 5 tombol makro di bagian kiri seperti versi standarnya.

Logitech G915 TKL

Selebihnya, kedua keyboard cukup identik. G915 TKL tetap mengemas sederet tombol multimedia sekaligus kenop volume. Keunggulannya pun tetap dipertahankan, yakni switch mekanis jenis low profile yang menawarkan aktuasi 25% lebih cepat. Logitech lagi-lagi menghadirkan tiga pilihan switch dengan karakteristik yang berbeda: Clicky, Tactile, dan Linear.

Menariknya, daya tahan baterai G915 TKL justru lebih awet, sampai 40 jam pemakaian meski backlight RGB-nya menyala dengan tingkat kecerahan maksimum. G915 standar di sisi lain cuma bisa bertahan sampai 30 jam dengan skenario yang sama.

Di Amerika Serikat, Logitech G915 TKL saat ini telah dipasarkan seharga $230, alias $20 lebih murah daripada versi standarnya, dan $30 lebih mahal ketimbang G815, yang pada dasarnya merupakan G915 standar versi non-wireless.

Sumber: Logitech.