Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Team Liquid Luncurkan Platform Canggih Liquid+ Khusus bagi Penggemarnya

12 August 2020Narendra Soejoedi

Team Liquid meluncurkan versi beta dari platform Liquid+ sebagai wadah interaksi penggemar dengan tim kebanggaan mereka.

Organisasi esports Team Liquid baru saja meluncurkan sebuah platform bagi penggemar mereka bernama Liquid+. Platform Liquid+ dikembangkan secara khusus siapa saja yang ingin menyatakan dukungan kepada Team Liquid. Tim yang berlambangkan kuda tersebut secara resmi meluncurkan platform Liquid+ di tanggal 11 Agustus 2020 yang lalu.

Bersamaan dengan diluncurkannya platform Liquid+, Team Liquid juga merayakan perjalanan mereka sebagai organisasi esports yang sudah berkiprah selama 20 tahun terakhir. Pada dasarnya platform Liquid+ yang bertujuan untuk merayakan setiap dukungan dan menjadi ruang yang mempertemukan dan menghubungkan antara sesama penggemar dengan deretan tim, pro player, streamers, dan terlebih organisasi esports Team Liquid secara luas.

via: Team Liquid
via: Team Liquid

Adapun platform Liquid+ didesain secara khusus dan memberikan sentuhan yang personal. Pada proses onboarding, pengguna yang mendaftar akan menjawab sejumlah pertanyaan tentang pengalaman dan perjalanan mereka mendukung Team Liquid.

Lebih jauh lagi, platform Liquid+ dapat dihubungkan dengan akun media sosial lainnya seperti Discord, Reddit, dan Twitch. Setiap bentuk dukungan yang dipost pada media sosial di atas dapat memberikan reward point yang nantinya dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan in game item, tiket event dan benefit lainnya yang hanya tersedia terbatas di platform Liquid+.

“Kami menginginkan platform Liquid+ menjadi tempat di mana penggemar merasa memiliki kebanggan akan Team Liquid dan mendapatkan hadiah menarik di waktu yang bersamaan,” ungkap Victor Goossens selaku Co-CEO dari Team Liquid.

Sampai berita ini diturunkan, platform Liquid+ masih beroperasi dalam versi beta. Untuk mendaftar, setiap penggemar nantinya akan dikirimkan tautan akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran dan dilanjutkan dengan proses onboarding di platform Liquid+. Rencananya dalam proses pengembangan yang berjalan secara paralel, platform Liquid+ dapat diakses di smartphone maupun website dan beroperasi secara penuh di awal tahun 2021.

Di dalam platform Liquid+ setiap penggemar akan mendapatkan achievement badge yang bisa dipamerkan pada laman profile mereka. Sistem quest akan memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah yang terus berganti dan berlangsung dalam waktu tertentu.

via: Team Liquid
via: Team Liquid

Jika berkaca dengan ekosisem esports di indonesia sistem membership penggemar belum banyak diterapkan oleh organisasi esports. Salah satu tim yang memiliki sistem membership dan beroperasi di Indonesia adalah EVOS Esports.

Sejauh ini organisasi esports di Indonesia terpantau masih mencoba untuk membuka peluang dari sisi produk merchandise. Tercatat sudah ada beberapa tim esports Indonesia yang mengeluarkan merhandise ekslusif dalam bentuk apparel.

Jika ditilik dari sisi bisnis, fanatisme dari penggemar adalah hal aset tidak terlihat yang dimiliki sebuah tim esports. Sama seperti fanatisme pada olahraga sepak bola misalnya, segala hal dapat dilakukan oleh penggemar sebuah tim demi mendukung tim yang disukainya. Hal yang sama juga sangat mungkin untuk dicapai di ranah esports Indoneseia dengan menerapkan strategi yang tepat dan didukung dengan raihan prestasi.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV