Dark
Light

Lihat Ford Focus 2012 Melakukan Parkir Paralel Secara Otomatis

1 min read
September 6, 2012

Ford Focus 2012 baru saja diluncurkan di berbagai belahan dunia. Hari ini diadakan pameran Ford Focus seri terbaru di Jakarta. Tentu saja kami tidak akan membahas detil soal mobil ini karena kita bukan blog otomatif. Yang menarik perhatian kami dari sisi teknologi adalah kemampuan mobil ini melakukan parkir secara otomatis menggunakan fitur assisted parking. Memang ini bukan mobile self-driving Google yang bisa otomatis berjalan sendiri ke mana-mana, tapi Ford Focus 2012 ini sudah merupakan produk massal dan tidak sekedar prototipe.

Di video tersebut, kru TFLCar mencoba kehandalan fitur assisted parking ini. Mereka membiarkan Ford Focus ini menemukan slot parkir kosong dan melakukan manuver secara otomatis supaya mobil bisa diparkir secara paralel (side parking). Lihat saja ketika pengemudi melepas tangannya dari setir dan setirnya bergerak secara otomatis hingga akhirnya melakukan parkir dengan sempurna.

Kegiatan parkir paralel memang merepotkan, bahkan untuk pengemudi berpengalaman sekalipun. Tentunya fitur bantuan ini bakal menghemat waktu kita untuk menemukan dan melakukan parkir, apalagi jika dalam kondisi terburu-buru.

Belum saya temukan demo untuk melakukan parkir mundur (istilah di sini biasa disebut sebagai atret). Berbeda dengan kebiasaan orang Asia, orang-orang Kaukasia (Bule) cenderung melakukan parkir dengan moncong depan masuk terlebih dahulu.

Silakan nikmati video demonya berikut ini:

[gambar via JSC Speed]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Rumor: Amazon Bakal Keluarkan Smartphone Android

Next Story

Apakah Ini Bentuk Asli iPhone Generasi Terbaru? (VIDEO)

Latest from Blog