Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Lewat LEAD by IndiHome, Telkom Ingin Bangun Mentalitas Atlet di Kalangan Player Esports

10 September 2021Glenn Kaonang

Limitless Esport Academy (LEAD) by IndiHome adalah program akademi esports yang mengedepankan konsep athlete enablement

Telkom hari ini (10 September 2021) secara resmi memperkenalkan Limitless Esport Academy (LEAD) by IndiHome. LEAD by IndiHome merupakan program akademi esports yang mengedepankan konsep athlete enablement, yaitu memberdayakan seorang gamer (player) yang semula bermain game sebatas hobi, menjadi professional player yang bermental atlet.

Henov Iqbal Assidiq, Head Coach LEAD by IndiHome, menjelaskan bahwa program ini didesain untuk mengisi kekosongan yang ada di bidang pengembangan esports di Indonesia. Ketimbang hanya berfokus melatih skill set pemain seperti kebanyakan akademi esports lain yang sudah ada di Indonesia, LEAD juga akan berfokus melatih mentalitas pemain.

“Jadi bukan hanya dia berlatih untuk menjadi jago, tapi juga berlatih untuk menjadi seorang atlet. Makanya prinsipnya yang dipakai itu adalah athlete enablement; bagaimana seorang player esports mampu berpikir, bertindak, dan mengambil keputusan layaknya seorang atlet,” tutur pria yang kerap disapa Coach Henov tersebut dalam acara virtual yang digelar via Zoom.

Buat IndiHome sendiri, program ini bisa dilihat sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap jutaan pelanggan yang setiap harinya menggunakan layanan IndiHome untuk bermain game. E. Kurniawan, Vice President Marketing Manager Telkom Indonesia, menjelaskan bahwa sebagai penyedia konektivitas, IndiHome juga ingin mencoba untuk mendidik mereka yang sudah punya passion di game, dan mengarahkannya menjadi profesional.

Untuk angkatan pertama, game yang dipilih adalah League of Legends: Wild Rift. Kenapa Wild Rift? Kalau menurut Coach Henov, karena Wild Rift sudah punya skena esports yang cukup matang meskipun game-nya sendiri masih tergolong baru.

Telkom saat ini sudah membuka pendaftaran untuk LEAD sampai tanggal 1 Oktober 2021. Setelahnya, mereka akan melakukan penyaringan melalui turnamen kualifikasi. Turnamennya sendiri dibagi menjadi dua, yakni Region Barat dan Region Timur.

Dari setiap region, LEAD akan mengambil 4 tim, yang berarti total bakal ada 8 tim terbaik, masing-masing beranggotakan lima orang. Dari situ 8 tim tersebut bakal masuk ke fase pembinaan yang pertama. Fase pertama ini melibatkan materi-materi basic dan akan berlangsung selama sekitar dua setengah minggu.

Setelahnya, semua peserta akan mengikuti ujian, dan dari ujian tersebut akan disaring lagi menjadi 14 awardee terbaik. Yang tidak lolos ujian masih akan tetap diakui sebagai alumni LEAD, sementara 14 awardee yang lolos akan dibagi menjadi dua tim dan lanjut ke fase pembinaan kedua.

Di fase kedua ini, barulah disampaikan materi-materi advanced, termasuk yang menyangkut keatletan itu tadi. Deretan mentor yang bakal dihadirkan juga banyak yang berasal dari cabang olahraga konvensional. Fase kedua ini berlangsung selama sekitar dua bulan sampai menjelang akhir tahun 2021.

Tahap yang terakhir adalah kelulusan, dan ini akan dikemas dalam bentuk turnamen yang bersifat invitational tertutup. Menurut Coach Henov, turnamen ini akan menjadi showcase dari hasil pelatihan yang dijalani masing-masing peserta, sekaligus sebagai ajang bagi tim-tim esport untuk scouting. Lebih lanjut, LEAD juga bakal merilis data progres para pemain dan menyebarkannya ke tim-tim esport, termasuk halnya tim esport internasional.

LEAD by IndiHome sejauh ini baru tersedia untuk para pemain Wild Rift / Riot Games

Apakah Telkom tidak berniat menciptakan tim sendiri yang berisikan para lulusan LEAD? Menurut E. Kurniawan, arahnya memang ke sana, tapi lulusan LEAD dibebaskan untuk membuat keputusan sendiri terkait karier esports profesionalnya.

Ia juga menambahkan bahwa seandainya program ini mendapat respon positif, Telkom tentu bakal terus melanjutkannya. Malahan, bukan tidak mungkin seandainya ke depannya bakal ada LEAD skala regional, yang berarti akan ada lebih banyak program akademi yang dijalankan secara bersamaan di tujuh region yang berbeda.

Selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan LEAD by IndiHome dapat langsung dilihat di situs resminya.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV