Dark
Light

Dampak AI Pada Transformasi Bisnis di Indonesia: TELKOM, BUMA, dan DANA Berbagi Pengalaman

2 mins read
May 13, 2024

Di era dengan percepatan ekonomi yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) ini, Proyeksi Kearney menunjukkan ada potensi besar peningkatan produk domestik bruto (PDB) Indonesia hingga hampir US$366 miliar pada tahun 2030. 

Sadar akan potensi besar yang ada pada teknologi AI ini, TELKOM, BUMA, dan DANA mempercepat pengadopsian dan penerapannya pada operasi bisnisnya masing masing. Produk Copilot for Microsoft 365 dan GitHub Copilot merupakan produk yang telah terintegrasi pada proses bisnis perusahaan-perusahaan tersebut. TELKOM, BUMA, dan DANA berbagi pengalamannya pada Microsoft Build: AI Day Jakarta.

TELKOM: Peningkatan Kemampuan Coding Perusahaan

Sebagai perusahaan teknologi yang memprioritaskan kualitas pada pemrograman pada infrastruktur digital perusahaannya, Telkom telah mengadopsi GitHub Copilot, dan menyediakannya bagi 260 developer internal. Github Copilot adalah alat AI untuk developer yang paling banyak diadopsi di dunia sedari 2023.

“Dengan akurasi dan relevansi kontribusi Copilot, para engineer kami menjadi lebih efisien. Tugas yang dulu membutuhkan waktu berjam-jam kini selesai dalam waktu singkat, sehingga kami dapat menghadirkan perangkat lunak lebih cepat dan merespons permintaan pasar dengan sigap,” jelas Komang Aryasa, Executive Vice President Digital Business & Technology TELKOM.

GitHub Copilot meningkatkan produktivitas developer di TELKOM dengan memberikan saran pada kodingan, mengoreksi sintaks, serta memberikan solusi yang dapat mengoptimalkan kodingan. Developer di TELKOM kini dapat memberikan fokus lebih untuk memecahkan masalah logika yang lebih rumit. Ini juga sejalan dengan analisis GitHub pada lebih dari 900.000 pengguna Copilot, di mana 30% kode yang disarankan disetujui oleh para developer.

BUMA: Efisiensi dalam Bisnis Berkelanjutan

Produktivitas adalah salah satu hal terpenting pada perusahaan tambang seperti BUMA. Di sini, 100 karyawan yang dirasa memerlukan proses kolaboratif intensif diberikan akses pada Copilot for Microsoft 365. 

“Alat-alat ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga meningkatkan kualitas pekerjaan kami secara keseluruhan – mulai dari menyempurnakan rumus dalam spreadsheet hingga memastikan tata bahasa yang tepat dalam dokumen, serta meningkatkan koherensi estetika presentasi,” jelas Edwin Rene Asparsayogi, IT General Manager, BUMA.

“Menggunakan alat bantu yang didukung Copilot seperti melangkah ke era baru dalam bekerja di mana efisiensi dan akurasi ditingkatkan secara signifikan. Seperti halnya kebanyakan orang masa kini menggunakan pengolah kata, kita mungkin akan merasa sulit untuk bekerja tanpa bantuan alat cerdas seperti ini di masa depan,” tambah Edwin.

Setelah bereksperimen dengan Copilot for Microsoft 365, BUMA menjadikan Copilot sebagai mitra bagi tenaga kerjanya. BUMA juga percaya pada potensi yang ada di masa depan untuk Copilot for Microsoft 365, seperti penerapan operasi berbasis data yang dapat membantu perusahaan mengurangi jejak karbon dan berkontribusi pada praktik-praktik bisnis berkelanjutan.

DANA: Percepatan Pelayanan Keuangan dengan AI

Sebagai salah satu perusahaan finansial terdepan dalam negeri, DANA telah menerapkan AI dalam mempercepat pelayanan kepada lebih dari 180 juta peenggunanya. 

Merespon peningkatan adopsi pada Generative AI, Norman Sasono, Chief Technology Officer, DANA, mengatakan, “Kami percaya AI dapat memperluas kemampuan individu, meningkatkan produktivitas, dan pada akhirnya membantu mewujudkan pembayaran dan layanan digital yang inklusif.”

Sebagai salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan inisiatif ‘AI Everywhere’ di Indonesia, DANA bertujuan untuk mendongkrak produktivitas tenaga kerjanya serta menghadirkan produk dan layanan finansial digital yang terjangkau oleh semua kalangan. Dengan komitmen tersebut, DANA telah mengintegrasikan Copilot for Microsoft 365 untuk mengotomatisasi pembuatan konten dan menyederhanakan pengelolaan email.

Menurut Norman, “Copilot for Microsoft 365 telah meningkatkan efisiensi komunikasi di dalam perusahaan secara signifikan. Saya pribadi telah merasakan manfaatnya karena berkurangnya waktu yang dihabiskan untuk berurusan dengan email. Dengan efisiensi waktu yang tinggi ini, kami dapat lebih fokus pada perencanaan strategis, sehingga kami dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan berkontribusi pada kesuksesan kami.”

Baru baru ini juga DANA telah memanfaatkan Azure OpenAI Service untuk meningkatkan teknologi chatbot digitalnya, DIANA. Hasilnya, respons dan prediksi menjadi lebih akurat, terlihat dari meningkatnya interaksi dan kepuasan pelanggan. Integrasi ini juga telah memfasilitasi lebih banyak transaksi keuangan dan memberdayakan lebih banyak individu dalam berkontribusi pada ekonomi nasional.

TELKOM, BUMA, dan DANA hanyalah beberapa contoh dari perusahaan Indonesia yang memanfaatkan AI untuk mendorong transformasi bisnis. Penerapan AI pada aspek bisnis yang tepat tidak hanya dapat mempercepat proses bisnis dalam beroperasi, namun juga berpotensi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada jangka panjangnya. Dengan demikian, upaya efisiensi, produktivitas, serta inovasi, dapat terlihat lebih jelas dan signifikan, terutama pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Previous Story

Empat Produk Unggulan yang Diperkenalkan Huawei di Innovative Product Launch Dubai

Next Story

Review OPPO Reno11 F 5G, Unggulkan Performa dan Layar AMOLED HDR10+

Latest from Blog

Don't Miss

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Microsoft dan LinkedIn merilis laporan Work Trend Index 2024. Di

Western Digital Luncurkan Siklus Data AI: Optimalisasi Penyimpanan untuk Inovasi AI Masa Depan

Western Digital (NASDAQ: WDC) meluncurkan inovasi terbaru mereka, Siklus Data