4 March 2022

by Glenn Kaonang

Lewat Fitur Live Games, GoPlay Pererat Interaksi Kreator dan Penonton di Platformnya

Fitur Live Games di GoPlay dirancang agar penonton dapat memengaruhi jalannya permainan yang dimainkan oleh kreator secara real-time

GoPlay, platform livestreaming interaktif dari Gojek, baru-baru ini meluncurkan fitur anyar yang cukup menarik bernama Live Games. Sesuai namanya, fitur ini dirancang agar para penonton dapat ikut berpartisipasi secara real-time dalam game yang tengah dimainkan oleh para kreator konten favorit mereka di platform GoPlay.

Dalam siaran persnya, GoPlay menjelaskan bahwa kehadiran fitur Live Games ini sejalan dengan hasil riset yang dilakukan oleh DFC Intelligence pada Oktober 2021 lalu, yang menunjukkan bahwa 62% penonton livestreaming secara global menyatakan kebutuhan bersosialisasi dan berinteraksi menjadi alasan utama mereka untuk menonton orang lain bermain video game.

CEO GoPlay, Edy Sulistyo, mengatakan, "Berdasarkan pengamatan kami sebagai content delivery platform, penonton lebih memilih konten yang memudahkan mereka berinteraksi dengan konten kreator daripada konten yang sifatnya pasif. Fitur Live Games di GoPlay secara interaktif ini menandai era baru hiburan yang memberi kesempatan bagi penonton dan kreator bersenang-senang bersama. Dari sisi pengguna GoPlay, mereka mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam gameplay dan lebih akrab dengan konten kreator, dan pada saat yang sama, fitur ini menjadi amunisi bagi para konten kreator untuk berkreasi dengan program live show yang memberikan pengalaman yang berbeda bagi penonton dan komunitas mereka."

Dalam mengembangkan fitur Live Games, GoPlay bekerja sama dengan Storms. Storms adalah sebuah startup gaming asal Singapura yang dikenal lewat sejumlah permainan hypercasual macam AZ Run. Per Februari kemarin, Storms juga telah resmi menjadi anak perusahaan dari iCandy Interactive.

AZ Run / Storms

AZ Run bakal menjadi game pertama yang ditawarkan pada katalog Live Games GoPlay. Tipikal game hypercasual, AZ Run memiliki mekanisme permainan yang sangat simpel tapi adiktif. Game ini tergolong cukup populer di kalangan pengguna perangkat Android dan iOS, dengan lebih dari 9,6 juta unduhan dan sekitar 3 juta pengguna aktif bulanan.

AZ Run akan hadir pertama kali melalui sebuah live show bertajuk "GoPlay Live Original JKT48 Mabar" yang dibawakan langsung oleh anggota idol group JKT48 maupun tim esport JKT48, Valkyrie48. Selama acaranya berlangsung, penonton dapat berinteraksi dan memengaruhi jalannya permainan secara real-time, entah dengan membantu atau malah mengerjai para pembawa acaranya.

Untuk bisa ikut dalam permainannya, setiap penonton perlu mengirimkan virtual gift selama menyaksikan live event yang dibawakan oleh kreator. Satu kali pengiriman virtual gift dapat berkontribusi menjadi satu button atau satu langkah yang memengaruhi hasil dalam AZ Run maupun permainan-permainan lain yang akan datang. Dalam sebulan mendatang, GoPlay sudah berencana meluncurkan lebih banyak live game dengan fitur direct player-versus-player (PvP).

Peluncuran fitur Live Games ini sejalan dengan tema yang diangkat GoPlay sejak akhir 2021, yakni "meet new people, find amazing content, discover your community," sehingga penonton tak hanya dimudahkan untuk menemukan konten, tetapi juga teman hingga komunitas baru sesuai preferensinya masing-masing. Kehadiran Live Games semakin melengkapi deretan fitur interaktif yang sudah GoPlay hadirkan sebelumnya, mulai dari Private/Group Chat, Shout Out/Question & Answer, Virtual Gift, Trivia, Polling, sampai Live Shopping.