8 December 2022

by Dimas Galih W.

Leica 3D Scanner BLK360 Sudah Tersedia di Indonesia, Gandeng DataScrip untuk Distribusi

Sebuah 3D Scanner berteknologikan laser dari Leica dengan dimensi ramping dan harga yang lebih terjangkau sudah tersedia di Indonesia

Untuk keperluan memindai ruang dalam bentuk 3D secara profesional, sebuah kamera yang mampu menangkap 360° tentu saja tidak cukup. Keperluan pemindaian ini memang banyak dipakai untuk arsitektur, perfilman, dokumentasi interior, dan lain sebagainya. Untungnya, di Indonesia alat seperti ini sudah ada semenjak dulu walaupun bentuknya cukup besar. Dan sekarang, pemindai 3D dengan bentuk yang lebih mungil sudah hadir di Indonesia dari Leica.

Leica mengeluarkan 3D Scanner bernama BLK360. 3D Laser Scanner terbaru ini memiliki desain ringkas dan ringan yang mampu memindal suatu struktur bangunan atau ruang secara penuh hanya dalam waktu 20 detik. Hal tersebut lebih cepat dari generasi sebelumnya, Leica BLK360 G1, yang bisa mencapai 100 detik dalam memindai. BLK360 dilengkapi 4 kamera beresolusi 13 megapiksel dan 5 bracket HDR sehingga menghadirkan hasil tangkapan gambar yang detil dan jelas.

Busroni Arif Yanto - Presiden Direktur Leica Geosystems Indonesia mengatakan bahwa hadirnya generasi terbaru dari BLK360 ini membuat pengguna semakin mudah dan cepat untuk mendapatkan dokumentasi 30 yang akurat. Untuk distribusinya di Indonesia, Leica menggandeng Datascrip yang memiliki cukup banyak cabang di seluruh Indonesia. Datascrip akan menangani mulai dari penjualan hingga membantu dalam melakukan servis perangkat pada saat terjadi kerusakan.

Leica BLK360 mampu menangkap pengukuran dengan radius hingga 45 meter. Perangkat ini juga memiliki tingkat pengukuran tinggi hingga 4 mm pada jarak 10 meter. Hasil dari pemindaian ini akan menghasilkan sebuah gambar 3D yang bisa diukur dengan akurat dan dilihat secara virtual serta menyerupai bentuk aslinya. Tentunya hasilnya bisa dipakai untuk proses produksi VFX perfilman serta untuk pemetaan lapangan pada berbagai kebutuhan.

Pada model terbarunya ini sudah dilengkapi dengan USB-C untuk keperluan transfer data yang lebih cepat. Selain itu, perangkat 3D laser scanner ini dapat terhubung langsung dengan smartphone dan tablet melalui aplikasi yang sudah disediakan pada Android serta iOS. Nantinya vmenggabungkan hasil pemindaian pada tiap ruang di seluruh bangunanisual yang ada akan secara otomatis.

Leica BLK360 dijual dengan harga Rp. 500 juta, lebih terjangkau jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya yang diklaim bisa mencapai nilai milyaran rupiah. Selain penjualan dan servis, DataScrip juga bakal memberikan training untuk pihak-pihak yang membutuhkan. Perangkat ini juga bisa dipesan langsung pada kantor-kantor DataScrip di seluruh Indonesia.