Legenda F1 Rubens Barrichello dan Juan Pablo Montoya Mulai Investasi di Esports

Barrichello dan Montoya kini menduduki posisi dewan penasihat khusus di Millennial Esports.

Para penggemar balap Formula 1 (F1) tentunya sudah tak asing lagi dengan nama Rubens Barrichello dan Juan Pablo Montoya. Sempat bermain untuk tim Ferrari selama enam tahun, Barrichello adalah partner pembalap legendaris Michael Schumacher yang terkenal cepat di sirkuit. Begitu pula Montoya, meski banting setir ke NASCAR sejak tahun 2006 namun ia tetap diakui sebagai salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang masa.

Di usia mereka yang sama-sama sudah kepala empat, Barrichello dan Montoya kini sudah tidak lagi aktif sebagai pembalap F1. Tapi mereka masih terlibat dalam dunia balap mobil. Yang mengejutkan, baru-baru ini keduanya ternyata terjun sebagai investor perusahaan Millennial Esports.

Millennial Esports merupakan perusahaan di baik kompetisi esportsWorld’s Fastest Gamer (WFG). Sesuai judulnya, WFG bertujuan mencari gamer dengan potensi sebagai pembalap tercepat untuk dijadikan seorang simulator driver. Mengusung gamerFactor 2 yang terkenal realistis, season pertama kompetisi ini telah dimenangkan oleh Rudy Van Buren dari Belanda. Kini Rudy Van Buren menjadi simulator driver untuk tim Formula 1 McLaren.

Season 2 WFG kini telah diluncurkan, dan bersamanya terjadi beberapa perubahan. Millennial Esports sekarang dipimpin oleh Presiden dan CEO baru, yaitu Darren Cox. WFG Season 2 nantinya juga menyediakan kesempatan pada sang juara untuk mengikuti balap sungguhan di tahun 2020.

Pada tanggal 9 Agustus 2019, Millennial Esports mengumumkan pendanaan sebesar US$15.000.000 (sekitar Rp213,9 miliar) yang terdiri dari tiga tahapan. Grup Montoya/Barrichello mengucurkan investasi senilai US$5.342.000 di tahap kedua yang ditutup pada tanggal 25 Juli 2019.

“Kami memfokuskan kembali Millennial Esports menjadi bisnis yang berkonsentrasi pada dua oportunitas besar yang tak tersentuh dalam esportsmotorsport dan penyediaan data,” kata Cox, “Keterlibatan Juan Pablo dan Rubens di bisnis ini akan membawa lebih banyak wawasan dan kredibilitas kepada grup dan tim kami.” Darren Cox sendiri dulunya memegang posisi Global Motorsport Director di Nissan.

Rudy Van Buren, juara WFG | Sumber: Rudy Van Buren

Barrichello dan Montoya di Millennial Esports akan menduduki posisi dewan penasihat khusus yang berada di bawah arahan Darren Cox. Menurut pengumuman resmi di situs WFG, ini merupakan bagian dari strategi bisnis baru yang diluncurkan oleh Cox.

“Saya telah balapan online selama bertahun-tahun dan baru-baru ini mengambil peran juri untuk kompetisi World’s Fastest Gamer milik Millennial Esports,” papar Montoya, “Saya melihat kekuatan tim di belakangnya dan memutuskan bahwa saya harus lebih terlibat. Esports racing sedang mengalami pertumbuhan minat yang besar lewat program-program seperti World’s Fastest Gamer, F1 Espots, dan kompetisi esports NASCAR. Sampai saat ini belum ada cara yang simpel untuk berinvestasi di dalamnya; Millennial Esports telah membuka kesempatan tersebut.”

Sumber: World's Fastest Gamer