1. Startup

LangitMusik dan MelOn Indonesia Hadirkan Aplikasi di Platform iOS

Setelah hadir di sejumlah platform smartphone lain, aplikasi LangitMusik dan MelOn Indonesia hadir untuk platform iOS dan bisa diunduh secara bebas di iTunes. Saat ini disebutkan melalui IndoTelko bahwa kedua aplikasi tersebut menyediakan sekitar satu juta lagu yang bisa diunduh secara legal. Bedanya LangitMusik hanya bisa digunakan oleh pengguna Telkomsel, sementara MelOn Indonesia yang juga merupakan anak perusahaan Grup Telkom bisa dimanfaatkan oleh konsumen umum.

Secara tampilan sesungguhnya keduanya cukup menarik. Tanpa sign up ke akun, setiap pengguna bisa mendengarkan potongan lagu yang diinginkan untuk memastikan bahwa kualitas lagu yang diinginkan memang sudah sesuai dengan harapan. Kualitasnya kami pikir masih bisa diterima untuk didengarkan secara privat menggunakan earphone di ponsel. Kebanyakan lagu-lagu yang ada di basisdata kedua aplikasi ini memang berasal dari penyanyi Indonesia, tetapi kita juga bisa mengunduh dan mendengarkan lagu-lagu dari sejumlah musisi asing, baik dari India, Korea maupun Amerika Serikat.

Untuk akun MelOn, kita bisa secara langsung mengaitkan akun Facebook kita ke aplikasi ini. Meskipun demikian, untuk pembelian lagu kita harus membeli dulu paket-paket yang tersedia di situsnya. Sesungguhnya harga yang ditawarkan tidaklah terlalu mahal. Untuk paket lengkap, biaya per bulannya hanya Rp 10 ribu -- bahkan lebih murah lagi bisa mencapai Rp 100 ribu jika berlangganan langsung 12 bulan. Sebagai perbandingan, layanan unduh dan streaming lain dari luar negeri biasanya paling murah menawarkan harga $4.99 per bulannya. Tentu saja fokus koleksi lagu-lagunya berbeda.

Untuk mendorong penetrasi yang lebih baik di platform iOS, MelOn bisa memberikan insentif pembelian langsung paket berlangganan dari aplikasi. Memang langkah ini berarti harus memberikan komisi kepada Apple sebagai pemilik platform. Walaupun begitu kemudahan seperti ini kami rasa bakal mendorong konsumen untuk mempertimbangkan pengklikan tombol membeli, ketimbang harus bolak-balik membuka situsnya di komputer. Alur yang yang sulit/ribet bakal menjauhkan konsumen dari kesempatan membelanjakan uangnya.

Terlepas dari skema pembayaran, salah satu hal yang menjadi perhatian saya adalah fitur pencarian. Menurut saya hasil pencarian yang ditampilkan oleh aplikasi ini belum cukup akurat. Mungkin karena parsing kata kunci dilakukan saat konsumen sedang mengetikkan kata kuncinya tersebut, seringkali hasil pencarian yang tidak relevan malah muncul. Semoga diberikan perbaikan untuk update versi berikutnya.

Secara umum, usaha LangitMusik dan MelOn Indonesia dari Grup Telkom untuk berusaha memberikan kemudahan bagi pecinta musik Indonesia untuk menikmati lagu-lagu Indonesia secara legal patut mendapat apresiasi. Semoga semakin banyak label rekaman yang menjalin kerja sama untuk memasukkan lagu-lagu artis yang dibinanya ke dalam layanan ini. Selain LangitMusik dan MelOn Indonesia, ada pula Ohdio yang lebih fokus ke layanan live streaming berbasiskan playlist.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again