Dark
Light

Lagi-lagi Ide Sinting Google: Mengganti HTTP

1 min read
November 13, 2009

turtle-rabbitGoogle emang kebangetan deh. Gak puas dengan bikin bahasa pemrograman sendiri, mereka pun punya rencana mengubah inti dari protokol transfer data di internet. Selama ini kita mengenal HTTP (HyperText Transfer Protocol) sebagai “cara ngobrol” antara web server dengan klien-kliennya. Google sepertinya merasa HTTP sudah ketinggalan jaman dan seharusnya komunikasi antar elemen di internet bisa lebih efisien dan cepat. Sebagai solusinya, mereka mengembangkan SPDY, protokol baru yang mereka percaya bisa bikin internet 2x lebih cepat.

Proyek ini lagi-lagi dikembangkan dengan cara open source, yang gape programming bisa bantu-bantu lihat dan kembangkan code-nya. Dan tampaknya code-nya masih dibikin pake C, bukan pake Go-nya mereka sendiri tuh.

Berhubung skill programming gue udah keropos, jadi ngga ngerti juga di bagian mana inovasi mereka bisa bikin protokol yang lebih cepat. Yang bisa jelasin, monggo ditulis di bagian komentar ya..

OOT: Tadi pas gue ngobrol dengan Rama, dia agak skeptis dengan produk yang satu ini, karena dikasih nama SPDY – yang dibaca “speedy” – karena mirip dengan nama produk lokal yang menjanjikan hal yang jadi namanya, tapi nyatanya jauuuh 😛

14 Comments

  1. Iya menurut gwe protokol http yang sekarang super tidak efisien, especially headernya. So am not surprised kalau header sekarang di compress (krn kemampuan cpu yang lebih kuat). Ya pemikiran tahun '90an ya pasti berbeda dengan sekarang.

    Tapi kalau transport layernya ngga dibenerin juga ya ngga ngefek juga si.

  2. gila memang googlers.. kalo masalah spdy gwe juga aga gimana gitu, mengingat merasa speedy seharusnya bisa murah lagi demi mendukung kemajuan bangsa…

  3. mengingat fakta bahwa Google sendiri bertumbuh di platform HTTP, gw rasa mereka cukup kredible untuk come-up dengan sesuatu yang improving HTTP atau create something new sebagai option lain dari HTTP. I believe in options, jadi kita tunggu kedatangan INTERNET OPEN SOURCE!

  4. Sepertinya saudara Topique ini lupa memberikan hashtag #korbanpln di bagian akhir dari komentarnya :p

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Go

Next Story

Air Guitar Competition to Win Windows 7

Latest from Blog