Dark
Light

Lagi-lagi, Firefox Terpopuler!!

1 min read
December 22, 2009

statsMembaca statistik memang sangat perlu, apalagi untuk para pebisnis internet, statistik menjadi semacam teman setia yang selalu harus dikunjungi setiap saat, entah anda blogger yang menggunakan Sitemeter, Webstats, atau para pemilik startup yang menyerahkan pekerjaan statistik pada Google Analytics.

Beberapa hari kemarin DailySocial mempost sebuah tulisan tentang data statistik yang berkaitan dengan statistik browser pengguna internet Indonesia. Trend browser memang bisa menjadi data yang dibutuhkan selain untuk melihat bagaimana para perusahaan browser ini menjalankan strategi mereka di tanah lokal, tapi bagi para pengembang serta startup juga sangat berguna untuk melihat perilaku seperti apa yang dimiliki oleh user internet di sini.

Untuk melengkapi data dari tulisan terdahulu itu, berikut saya lampirkan trend pengguna browser global yang di dapat dari situs StatCounter (data tercatat dari tanggal 14-20 Desember 2009):

global

Data diatas meperlihatkan kepopuleran Internet Explorer secara global memang semakin menurun, dilain pihak, Firefox terus naik popularitasnya. Meski memang turunnya popularitas Internet Explorer 7 bisa jadi disebabkan user beralih ke Internet Explorer 8, sedangkan Firefox pertumbuhannya didukung oleh perbaikan kinerja serta aplikasi-aplikasi tambahan dan kini menunggu peluncuran Firefox 3,6.

Dan berikut data dari situs yang sama tentang pengguna browser di Indonesia (data tercatat dari tanggal 14-20 Desember 2009) :

indonesia

Lagi-lagi Firefox masih menempati urutan tertinggi yang paling banyak digunakan user, bahkan dua versi Firefox yang menempati posisi paling populer digunakan. Memang ada perbedaan dengan data yang ada di post kemarin, karena data statistik memang tergantung dari sumber data dan cara pengolahan data.

Tapi yang pasti data-data ini bisa jadi sumber bahan untuk para internet enthusiast yang bisa mem-brakedown lagi menjadi data-data yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, terutama bagi mereka yang bergerak di bidang terkait dengan perilaku penggunaan browser, seperti praktisi extension atau situs yang memang sangat bergantung para performa browser.

Oke, silahkan menikmati data-data ini, dan beritahu kami bagaimana pendapat anda. 😀

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. ketika pengguna IE kebanyakan orang yang *SANGAT* awam dengan IE terinstal di komputer bawaan, tentu udah kebayang hal ini akan terjadi 😀

    Membuktikan juga bahwa orang mulai teredukasi dan memahami bahwa IE itu jelek hahahah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Bing! Bing! Bing!

Next Story

Let’s Get More Social

Latest from Blog

Don't Miss

Integrasi AI pembuat gambar pada Microsoft Edge

Microsoft Edge Kini Dilengkapi Sistem AI Pembuat Gambar

Microsoft terus menyematkan kecanggihan AI ke berbagai produknya. Februari lalu,
Microsoft dan Intel buat alat upscaling video

Microsoft dan Intel Buat Alat Upscaling Videonya Sendiri

Perkembangan teknologi video online kini mulai memanas, terutama sejak Google